Picu Kolesterol! Hindari Makanan dan Minuman Ini saat Pesta Malam Tahun Baru

Picu Kolesterol! Hindari Makanan dan Minuman Ini saat Pesta Malam Tahun Baru

Pencegahan Kolesterol Tinggi-(Ilustrasi: Piqserver)-Piqserver

JAKARTA, DISWAY.ID - Momen malam Perayaan Tahun Baru kerap dimeriahkan dengan cara berpesta dengan kerabat dan keluarga.

Tak pelak, makanan dan minuman selalu menjadi teman pelengkap saat merayakan malam pergantian tahun.

Namun perlu di ingat, makanan dan minuman yang anda konsumsi saat pesta perayaan malam tahun baru biasnya banyak yang menjadi kolesterol tinggi.

Kolesterol merupakan salah satu lemak yang ditemukan dalam sel-sel tubuh kita. 

BACA JUGA:Jelang Perayaan Tahun Baru 2023, Petugas Badan Air Jakarta Siap Antisipasi Tumpukan Sampah

Ada dua jenis kolesterol: kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang disebut juga "kolesterol jahat" karena dapat menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung

Kemudian kolesterol HDL (high-density lipoprotein) yang disebut juga "kolesterol baik" karena dapat mengangkut kolesterol ke hati untuk diproses dan dihapus dari tubuh.

Makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh, seperti daging merah, produk olahan daging, minyak kelapa, keju, dan mentega, dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. 

Sementara itu, makanan yang kaya akan karbohidrat, seperti nasi, roti, dan makanan yang diproses, dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol LDL juga.

BACA JUGA:PPKM Dicabut, Jokowi Tetap Wajibkan 5 Prokes Ini Harus Dipatuhi, Simak!

Untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi, sebaiknya hindari makan makanan yang tinggi lemak jenuh dan karbohidrat sebelum tidur. 

Berikut beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah kolesterol saat pesta perayaan malam Tahun Baru: 

1. Daging merah: 

Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan babi mengandung tinggi lemak jenuh dan kolesterol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: