Harga BBM Hari Ini: Pertamax Ternyata Lebih Mahal dari Shell, Vivo dan BP

Harga BBM Hari Ini: Pertamax Ternyata Lebih Mahal dari Shell, Vivo dan BP

Antrean panjang di salah satu SPBU di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Seorang warga protes mendengar kenaikan harga BBM naik-Bambang Dwi Atmodjo-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Tercatat harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina hingga hari ini, Selasa 3 Januari 2023, belum melakukan penyesuaian harga sejak per 1 Desember 2022 lalu.

Mulai dari BBM Pertamina bersubsidi, Pertalite dan Bio Solar. Kedua jenis BBM murah ini belum ada penurunan maupun kenaikan harga.

Catatan kami, harga Pertalite dan Bio Solar terakhir kali mengalami penyesuaian terjadi pada 3 September 2022 hingga sekarang.

BACA JUGA:Potongan Harga BBM Pertamina Awal Tahun 2023 Dengan Gunakan Aplikasi MyPertamina, Bisa Buat Beli Pelumas

Sementara untuk harga BBM non subsidi Pertamina seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex hingga Dex Lite, juga belum alami penyesuaian.

Menurut Direktur ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro, ada pemicu kenapa BBM Pertamina hingga hari ini belum melakukan penyesuaian.

Menurutnya, harga BBM sangat bergantung pada nilai tukar Rupiah dan harga minyak dunia.

“Harga BBM juga disebabkan nilai tukar rupiah. Rupiah mengalami penyusutan Rp150 setara US$ 1," ujarnya dilansir Disway.id dari Rada Kaur, Selasa 3 Januari 2023.

BACA JUGA:Lebih Murah dari Pertamax! Harga BBM Vivo dan BP-AKR Turun di Awal 2023, Cek Disini

Dia menambahkan, pengaruh harga minyak dunia juga cukup besar.

Jika harga minyak dunia alami turun tetapi nilai tukar rupiah ikut melemah, maka pemerintah sulit untuk melakukan penyesuaian harga BBM.

"Hal ini bisa disimpulkan, apabila harga minyak turun sebesar US$ 2, nilai tukar rupiah melemah sebanyak 2 kali lipat. Jadi, kemungkinan tidak akan ada penyesuaian harga BBM,” bebernya.

BACA JUGA:Aturan Baru BBM Berlaku Sambut 2023, Bensin Jenis Ini Nggak Bisa Dicari Lagi, Penggunaan Mypertamina Diperketat?

Harga BBM Perusahaan Swasta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: