Rasa Empati, Kepala BKKBN Beri Perhatian Khusus pada Anak 12 Tahun yang Hamil Akibat Korban Kekerasan Seksual

Rasa Empati, Kepala BKKBN Beri Perhatian Khusus pada Anak 12 Tahun yang Hamil Akibat Korban Kekerasan Seksual

BKKBN Beri Perhatian Khusus Kepada Anak 12 Tahun yang Hamil Akibat Korban Kekerasan Seksual-Ist/BKKBN-

JAKARTA, DISWAY.ID-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) merespon cepat dan memberi perhatian khusus kepada seorang anak perempuan berusia 12 tahun yang tengah hamil 8 bulan akibat korban kekerasan seksual. 

Kejadian tragis yang dialami anak perempuan yang tinggal di areal perkebunan sawit di Sumatera Utara ini viral di media sosial.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo pada Kamis 5 Januari 2023 berbicara langsung melalui sambungan telepon dengan Henny Zega, orang tua asuh yang kini merawat anak perempuan korban perkosaan itu. 

BACA JUGA:Cegah Stunting dengan Bahasa Agama, Kepala BKKBN: Penyuluh Agama Hingga Da'i Punya Kemampuan Spesial!

Hasto juga menyampaikan empatinya dan sempat berbicara langsung dengan korban yang saat ini didampingi Tim Pendamping Keluarga (TPK) dari BKKBN.

Melalui pembicaraan video call itu, Hasto menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Henny yang mau merawat dan mengasuh korban.

Hasto juga menyampaikan nasehat terkait dengan perawatan ibu dan bayi yang berada dalam kondisi tidak normal.

“Terima kasih Ibu Henny. Baik sekali mau merawat dan mengasuh dengan baik. Titip perawatannya ya Bu,” kata Hasto yang juga seorang dokter spesialis kandungan ini.

BACA JUGA:BKKBN Provinsi Banten Resmi Buka Layanan KB dalam Bakti Kesehatan TNI AL

Kepada Henny, Kepala BKKBN menyampaikan agar si korban diperiksa secara rutin kondisi fisik dan kehamilannya. Aspek yang paling penting saat ini menurut Hasto adalah keselamatan ibu dan bayi.

“Sekarang ini bagaimana si ibu sehat dan bayi yang akan dilahirkan ini selamat,” kata Hasto.

Dalam pembicaraan itu, Henny dan korban didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Binjai Afwan Lubis beserta Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kota Binjai.

Menurut Afwan, korban sudah diperiksakan kondisi fisik dan kehamilannya oleh dokter spesialis kandungan dan saat ini dalam pemantauan Puskesmas. 

Menanggapi penyampaian Kadis PPKB Kota Binjai itu, Hasto meminta agar dilakukan pemeriksaan laboratorium, terutama kadar HB, secara rutin seminggu sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: