Kemenag RI Buka Pendaftaran SNPDB Untuk Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2023/2024

Kemenag RI Buka Pendaftaran SNPDB Untuk Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2023/2024

Kemenag Buka Pendaftaran SNPDB untuk Madrasyah Aliyah Tahun Ajaran 2023/2024-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY. ID-- Kementerian Agama (Kemenag) RI membuka pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) pada beberapa Madrasah Aliyah (MA) unggulan. 

Dibuka sejak 9 Januari sampai dengan 11 Februari 2023, pendaftaran ini akan berlangsung pada tiga pilihan MA yakni Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN). 

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, M. Isom Yusqi menjelaskan pendaftaran ini sengaja dibuka lebih awal agas mendapatkan calon peserta didik terbaik. 

BACA JUGA:Kuota Haji 2023 Tersedia 221.000 Jemaah, Indonesia dan Arab Saudi Jalin Kesepakatan

BACA JUGA:Kemenag Segera Bahas Biaya Haji 2023 Bersama Komisi VIII DPR RI, Bakal Naik?

"SNPDB digelar untuk membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya," ujar M. Isom melalui keterangan tertulis yang diterima Disway.id, Rabu 11 Januari 2023.

SNPDB ini pun juga dituangkan dalam Surat Edaran Nomor B-1161/DJ.I/Dt.I.I/12/2022 tentang pelaksanaan seleksi nasional peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri tahun pelajaran 2023/2024.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa tiga pilihan MA ini memiliki kelebihan masing-masing. Pertama MAN IC yang memiliki keunggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta diperkuat dengan Iman dan Taqwa (Imtaq).

Dengan adanya keunggulan tersebut, Isom berharap MAN IC bisa menjadi MA yang menginspirasi bagi madrasah-madrasah lain. 

BACA JUGA:Menkes Imbau RS Segera Lapor Bila Ada Kasus Keracunan Chiki Ngebul

BACA JUGA:ERP Segera Berlaku, 25 Jalan di Ibu Kota Jakarta Ini Bakal Berbayar Rp 5.000 - Rp 19.000

"MAN Insan Cendekia ini seringkali menggondol prestasi olimpiade, baik tingkat nasional maupun Internasional. Ada 24 MAN IC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata M. Isom.

Lalu kedua adalah MAN Program Keagamaan. Isom mengatakan bahwa para siswa di Madrasah Aliyah tersebut akan diajarkan untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam. 

Nantinya di MAN Program Keagamaan ini, para siswa akan arahkan menjadi ulama cendekiawan muslim nusantara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: