Kominfo Blokir 238.226 Konten Negatif Selama Tahun 2022 Kemarin

Kominfo Blokir 238.226 Konten Negatif Selama Tahun 2022 Kemarin

Ilustrasi hacker-Freepik-

Dua platform media sosial lainnya, yakni Line dan Bigo Live tidak tercatat memiliki konten negatif, sehingga tidak dilakukan pemblokiran selama 2022.

Sebelumnya, Menteri Kominfo Johnny G Plate mengungkapkan pihaknya  telah menangani 1.321 konten hoaks atau berita palsu terkait politik hingga 4 Januari 2023.

Data terbaru hingga saat ini kami sudah melakukan penanganan sebanyak 1.321 hoaks politik,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, dalam Konferensi Pers Menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Pemilu Berkualitas untuk Indonesia Maju di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, pada Rabu (4/1/2022).

BACA JUGA:7 Manfaat Ilmu Finansial Bagi Anak Muda, Pelajari dari Sumber Berikut Ini

BACA JUGA:Terkuak Hasil Tes Urine Revaldo Fifaldi, Deretan Barang Bukti Ini jadi Penguat

Menkominfo mengatakan, upaya penanganan tersebut dilakukan agar dalam momentum Pemilu 2024, masyarakat tidak disibukkan dengan post truth, propaganda hingga disinformasi.

Sebab, pemilu merupakan puncak demokrasi yang menjadi momentum penting bagi bangsa Indonesia menentukan arah bangsa ke depan.

“Saya menggarisbawahi apa yang dikatakan Wakil Kepala Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Wakabareskrim Polri), Pemilu 2024 jangan sampai disibukkan dengan post truth, jangan sampai diisi hoaks, propaganda, malinfoarmasi dan disinformasi,” tukasnya.

Menurut Menkominfo, untuk mengantisipasi keamanan khususnya di ruang digital dalam pelaksanaan Pemilu 2024, pada 3 Oktober 2022 telah dilakukan penandatangan nota kesepahaman tentang sinergitas tugas dan fungsi di bidang informatika antara Polri dan Kementerian Kominfo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: