Juara di Kompetisi Matematika Dunia, Nono Kupang Dijuluki 'Bocah Kalkulator Berjalan'

Juara di Kompetisi Matematika Dunia, Nono Kupang Dijuluki 'Bocah Kalkulator Berjalan'

Juara di Kompetisi Matematika Dunia, Nono Kupang Dijuluki 'Bocah Kalkulator Berjalan'-tangkapan layar-

JAKARTA,DISWAY.ID-- Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay salah satu anak jenius asal Indonesia berhasil menjuarai kompetisi matematika tingkat dunia, International Abacus World Competition 2022.

Abacus World Competition 2022 sendiri merupakan kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan Abacus Brain Gym (ABG).

BACA JUGA:Ini Titik Ganjil Genap Baru di Jakarta 20 Januari 2023, Pengendara Harus Perhatikan

BACA JUGA:Hadiri RDPU Komisi VI DPR, BPKN Kawal Pemulihan Hak Konsumen Meikarta

Siswa SD yang berusia 8 tahun asal daerah Kupang, Nusa Tenggara Timur berhasil menyisihkan 7000 peserta dari seluruh dunia diantaranya, dari Australia, Qatar dan Amerika Serikat (AS) dan negara lain.

Peringkat kedua di raih siswa asal Qatar dan ketiga di raih siswa asal Amerika Serikat.

Siswa Kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, NTT, binaan PT Astra Internasional TBK melalui yayasan pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) di Kupang NTT berhasil meraih skor 97.02 setelah menyelesaikan 15.201 file. 1 file berisi 10 soal.

BACA JUGA:Usulan Biaya Haji Tembus Rp 69 Juta per Jamaah Mencuat, Menag Yagut: Itu Paling Logis

BACA JUGA:Polda Banten Usulkan Pendaftaran Golok Banten ke UNESCO

Jadi total keseluruhan soal yang diselesaikan dalam jangka maktu 1 tahun sebanyak 152.010 soal yang diujikan dalam bentuk virtual dan listen dalam bahasa Inggris.

Keberhasilan siswa kelas 2 SD dari ayah yang berprofesi sebagai tani dan ibu sebagai guru ini berhak mendapatkan piala dan unas yunai sebesar U$ 200.

Berbagai komentar menghiasi media sosial atas keberhasilan siswa asal Kupang, Nusa Tenggara Timur ini.

Beberapa Netizen bahkan  menjuluki  Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay panggilan akrab dengan nama panggilan Nono atau ‘ Nono Bocah Kalkulator Berjalan’.

BACA JUGA:Auto Kecewa, Fan Meeting Song Kang di Jakarta Resmi Dibatalkan

BACA JUGA:Wow! Rp 1.87 Miliar Untuk Pakaian Dinas Anggota DPRD Disiapkan Pemprov DKI Jakarta

Salah satu Akun Helo@ Dodit mengatakan, Gini ini yang harusnya viral dan diundng dimana-mana. ‘Nono Bocah Kalkulator Berjalan’ sebutannya. Bangga banget Indonesia punya anak super Genius seperti dia.

Akun@lela halewing juga mengatakan, snak debat..ini yang aseharusnya di undang di Station TV dan di viralkan. Anak berprestasi, Anak hebt. Saya bangga melihatnya.

Sementara itu Salah satu Akun Tiktok@refasilado4 mengatakan, tolong undang annak ini Bang@Atta Halilitar.

Akun@yosicho mengatakan, sudah pandai matematika jago bahasa Inggris lagi..hebat Nono sambil memberikaz emoji tersenyum.

BACA JUGA:Pengakuan Mahfud MD Ada 'Gerakan Bawah Tanah' Ingin Usik Hukuman Ferdy Sambo: Saya Sudah Dengar

BACA JUGA:Hubungan Korban Pembunuhan Berantai Dengan Pelaku Diungkap Kepolisian

Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay panggialn akrab Nono sempat viral di media sosial.

Nono berhasil menjuarai International Abacusmenyelesaikan  World Competition, Abacus Brain 2022. Seperti diketahui bahwa Abacus World Competition 2022 merupakan kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan Abacus Brain Gym (ABG).

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, Kupang merupakan salah satu Kabupaten termiskin di NTT.

Prestasi Nono ini pun turut diapresiasi dari berbagai pihak termasuk Gubernur NTT Viktor Laiskodat. 

“ Tentunya ini tidak terlepas dari peran guru yang sangat penting dalam membangun anak yang cerdas dan mandiri,” kata Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Bahkan Nono menunjukkan skillnya dihadapan Gubernur NTT Viktor Laiskodat, yang layak menjadi juara pertama dengan menghitung dengan cepat setelah salah seorang memberikan pertanyaan kepadanya.

BACA JUGA:Rekonstruksi Transaksi Narkoba Alex Bonpis dan Janto Dilakukan Secara Berbeda, Polisi Ungkap Alasannya

BACA JUGA:Pastikan Aliran Sabu, Polisi Rekonstruksi Transaksi Alex Bonpis dengan Janto

“Saya senang dan bangga melihat anak seperti Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, yang meraih posisi pertama dalam kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym tahun 2022,” kata dia, dalam sebuah keterangan di Instagram miliknya.

Menurut Viktor, prestasi ini tidak hanya membanggakan NTT melainkan Indonesia dan dunia. Gubernur NTT Viktor Laiskodat juga menyampaikan terima kasih atas peran guru dalam mencerdaskan anak bangsa. “Nono membanggakan NTT dan juga dunia.

“ Tentunya ini tidak terlepas dari peran guru yang sangat penting dalam membangun anak yang cerdas dan mandiri,” tegas dia.

 Acara penyerahan Abacus Brain Gym Award 2022 kepada Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay dihadiri Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Bupati Kupang Korinus Masneno, Pendiri ABG AS Juli Agustar Djonli dan Pendiri ABG Indonesia Aguslina Angkasa pada 10 Januari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: