Tips Berkendara Aman Sekitar Truk, Pahami Karakter Kendaraan Besar

Tips Berkendara Aman Sekitar Truk, Pahami Karakter Kendaraan Besar

Banyak faktor yang menyebabkan mobil penumpang menembrak truk dari belakang, mulai dari lambatnya laju truk, bagian belakang truk yang tak terlihat, dan lainnya. -auto2000-

JAKARTA, DISWAY.ID – Tak hanya kecelakaan antara kendaraan penumpang, namun kecelakaan antara mobil pribadi yang menabrak bagian belakang truk di jalan tol, tak hanya menjadi perhatian pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan, namun juga bagi pengendara.

Banyak faktor yang menyebabkan mobil penumpang menembrak truk dari belakang, mulai dari lambatnya laju truk, bagian belakang truk yang tak terlihat, dan lainnya. 

Nur Imansyah Tara selaku Aftersales Business Division Head Auto2000 menjelaskan bahwa salah satu yang penting dalam berkendara bersikap bijaklah dan utamakan safety driving supaya terhindar masalah dengan truk. 

BACA JUGA:Harapan Probowo Atas Sekber Antara Gerindra dan PKB

BACA JUGA:Seorang Pria di Singapura Pecahkan Rekor Bersepeda Sejauh 7,400 Km Melintasi Eropa Lebih dari 100 Hari

Ada beberapa tips berkendara hindari kecelakaan dengan truk di jalanan:

1. Pahami Kekurangan Truk

Sebelumnya, kita wajib memahami kekurangan truk perihal dimensi dan bobotnya yang besar. 

Truk bergerak lambat sehingga membutuhkan waktu untuk akselerasi dan pengereman, termasuk membutuhkan ruang yang luas saat manuver dan memiliki blind spot yang luas.

2. Hindari Mengemudi Agresif

Jalan tol yang lengang dapat mendorong kita untuk mengemudi secara agresif salah satunya pindah lajur tiba-tiba karena tidak sabar menunggu mobil di depan kembali ke lajur kiri. 

Masalahnya, di sebelah kiri sering terdapat truk yang melaju perlahan, sehingga perbedaan kecepatan yang tinggi, tanpa disadari mobil tiba-tiba sudah dekat dengan bak truk. 

Risikonya sangat besar jika kita gagal melakukan antisipasi.

BACA JUGA:Penambahan Pelaku dan Korban Serial Killer Bekasi-Cianjur, Polisi: Perlu Alat Bukti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: