51 Hari Lagi, Ini Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan, Salah Satunya Taubat Nasuha

51 Hari Lagi, Ini Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan, Salah Satunya Taubat Nasuha

ilustrasi berdoa-Pixabay-

BACA JUGA:Arema FC Siap Bubar Jika Dianggap Bikin Kompetisi Sepakbola Indonesia Tidak Kondusif

6. Membersihkan Hati Dari Dendam 

Menyambut bulan yang penuh berkah dengan hati yang bersih dianjurkan dalam agama. Oleh karena itu, sebelum berpuasa sebisa mungin bersihkan hari Dari berbagai dendam, iri dan hasad kepada sesama manusia, terlebih kepada saudara sesama muslim. 

Karena pada dasarnya, dendam, iri dan hasad merupakan sesuatu yang tercela. Sifat tersebut dapat memakan kebaikan.

“Jauhi sifat hasad atau dengki, sebab sifat hasad bisa memakan setiap kebaikan sama halnya api menghabiskan kayu bakar” (HR Abu Dawud).

Hati yang bersih dari dendam merupakan salah satu ciri-ciri dari orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Menjalani puasa dengan hati bersih akan membuat ibadah menjadi lebih tenang. Jadi sebisa mungkin hindari sifat iri, dengki dan hasad.

BACA JUGA:Ngenes, 5 Orang Keluarga Kini Tak Punya Tempat Tinggal Dampak Kebakaran Rumah Gegara STB Meledak di Jakarta Utara

7.Membiasakan Diri Beribadah

Mulai saat ini, bentuklah kebiasaan yang akan kita rencanakan dilakukan di Bulan Ramadhan. Agar nanti di Bulan Ramadhan, ritmenya sudah kita dapat, hanya perlu melanjutkan. Jangan sampai kita baru mau memulai semuanya ketika Bulan Ramadhan.

Apapun yang tidak dimulai dengan pemanasan, akan cepat capek. Seperti orang yang hendak lari marathon, kalau tidak pemanasan terlebih dahulu, tidak akan kuat berlari jauh. Karena ototnya harus siap digunakan berlari, pemanasannya pun harus lama.

Begitu pula puasa di Bulan Ramadhan, harus pemanasan terlebih dahulu agar tidak semangat di awal tapi berguguran pada akhirnya.

8.Persiapan Amal dan Materi

Memahami tata cara ibadah yang benar akan membawa kita untuk meraih pahala, karena apabila suatu aktifitas kita tidak ditunjang dengan pengetahuan yang baik maka kita juga tidak akan mendapat hasil yang baik. 

BACA JUGA:Cara Klaim Link DANA Kaget 30 Januari 2023, Saldo Gratis Ngalir Mudah Banget!

Untuk itu perlulah kita persiapan ilmu seperti ilmu piqih, mempelajari sunnah Nabi Muhammad SAW, mengikuti majelis ilmu dan ibadah lain terkait di Bulan Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: