Inggris Siap Gelontorkan Rp 19,3 T Bangun MRT Fase 3

Inggris Siap Gelontorkan Rp 19,3 T Bangun MRT Fase 3

PT MRT Jakarta (Perseroda) resmi mengumumkan perubahan pada sistem pembayaran-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah Inggris melalui Expression of Interest (EoI) siap menggelontorkan 1,2 miliar dollar atau setara dengan sekitar Rp19,3 triliun untuk pembangunan pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) fase 3, yaitu koridor East-West sepanjang 84 kilometer.

Diketahui, proyek MRT Fase 3 koridor East - West MRT Jakarta direncanakan akan membentang sepanjang sekitar 84,1 kilometer dari Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten, melewati wilayah DKI Jakarta sepanjang sekitar 33,7 kilometer. 

"Saya senang sekali bahwa Inggris dan Indonesia sedang mengeksplorasi peluang-peluang untuk bekerja sama dalam pengembangan MRT Jakarta. Pertemuan hari ini mendatangkan para ahli infrastruktur dan keuangan terdepan dari Inggris untuk berkolaborasi dalam mendukung rencana pengembangan transportasi Indonesia," ujar Menteri Ekspor Inggris Andrew Bowie dalam keterangan tertulis, Sabtu 4 Februari 2023.

BACA JUGA:Anggota DPR Nilai LRT Jabodebek Layak Operasi Pertengahan 2023

BACA JUGA:Kantor Ekspedisi Dibobol Maling, iPhone X dan Samsung S22 Raib Bersama Paket Lain, SiCepat Lakukan Ini

BACA JUGA:10 Link Twibbon 1 Abad Nahdlatul Ulama

BACA JUGA:Polda Metro Jaya Ungkap Bripka Madih Ngaku Diperas Polisi Punya 2 Kasus di Propam

BACA JUGA:Berkah G20, Indonesia dan Korea Selatan Resmi Jalin Kerjasama di Proyek MRT

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati turut menyampaikan terima kasih dan menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Inggris. 

Menurutnya, warga Jakarta dan sekitarnya, membutuhkan solusi transportasi mobilitas perkotaan yang konkrit.

"Mereka telah merasakan keberhasilan MRT Jakarta Fase 1, oleh karena itu, inisiasi MRT Jakarta Fase 3 kami tingkatkan," ujarnya. 

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat menyampaikan apresiasinya atas kunjungan dan pertemuan tersebut. 

“Atas nama PT MRT Jakarta (Perseroda), saya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pertemuan ini. Pada 2022 lalu, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menerima expression of interest dari United Kingdom Export Finance (UKEF) yang menyatakan kesediaan pembiayaan koridor East - West MRT Jakarta,” ungkapnya. 

“Selanjutnya, dalam perhelatan G20 di Bali, kami juga telah menandatangani Letter of Intent (LoI) terkait hal tersebut. Pertemuan pagi ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan kerja sama pembangunan koridor East—West tersebut,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: