Coba Makan 3 Makanan Simpel Ini, Kolesterol dan Tekanan Darah Bisa Auto Turun!

Coba Makan 3 Makanan Simpel Ini, Kolesterol dan Tekanan Darah Bisa Auto Turun!

Cara Menurunkan Kolestrol Sekaligus Tekanan Darah Tinggi-Mufid Majnun-Unsplash

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah kondisi di mana tekanan dalam pembuluh darah meningkat secara konstan dan tidak normal.

Ini dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko masalah kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Meskipun kolesterol dan tekanan darah tinggi memiliki hubungan erat, mereka adalah faktor risiko yang berbeda dan memerlukan intervensi dan pengobatan yang berbeda.

Mereka dapat muncul bersamaan dan memperburuk risiko masalah kardiovaskular, sehingga penting untuk memantau kedua kondisi dan melakukan tindakan preventif yang diperlukan.

BACA JUGA:Waspada, 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Membahayakan Kesehatan Jantung

Dilansir dari Heathline, Ahli diet terdaftar, penulis, dan blogger di The Plant-Powered Dietitian yakni Sharon Palmer mengatakan ada banyak makanan yang dikaitkan dengan kesehatan jantung yang baik.

Akan tetapi secara khusus, ada tiga makanan terbaik untuk kesehatan jantung manusia yaitu:

- Kacang-kacangan (Legume)

- Kedelai

- Biji-bijian dan kacang-kacangan

"Makanan kacang-kacangan dan kedelai kaya akan serat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah LDL, kadar glukosa, dan peradangan kronis," kata Palmer.

"Selain itu, makanan kaya serat ini dapat meningkatkan mikrobioma usus, yang berdampak pada kesehatan jantung.”

BACA JUGA:Pele Dikabarkan Kritis! Legenda Brasil Alami Disfungsi Ginjal dan Jantung

"Kacang-kacangan dan biji-bijian juga memiliki serat dan fitokimia, tetapi juga mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, yang terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL,” tambahnya.

Samantha Cochrane, ahli diet terdaftar di The Ohio State University Wexner Medical Center, menjelaskan bahwa kesamaan dari semua makanan ini adalah makanan nabati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: