Yuk Cegah Pemanasan Global! Ini Dampaknya Jika Seluruh Dunia Tidak Melestarikan Alam

Yuk Cegah Pemanasan Global! Ini Dampaknya Jika Seluruh Dunia Tidak Melestarikan Alam

Ilustrasi pemanasan Global-Indonesia Environment & Energy Center-

4. Peningkatan volume air laut

Dampak yang ditimbulkan selanjutnya adalah peningkatan volume air laut akibat debit air meningkat setelah triliunan ton es mencair. 

Hal ini sangat berbahaya karena akan mengakibatkan banyak wilayah yang tergenang banjir dan pulau kecil akan menghilang karena tenggelam.

5. Krisis air bersih 

Pemanasan global juga bisa mengakibatkan terjadinya krisis air bersih. Hal ini disebabkan oleh penguapan pada air di dalam permukaan tanah sehingga air bersih akan sulit didapatkan.

6. Kebakaran hutan 

Peningkatan suhu udara yang tinggi juga dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Kebakaran besar yang pernah melanda California, Amerika Serikat pada tahun 2020 lalu juga disebut oleh para ilmuwan disebabkan oleh meningkatnya suhu yang diakibatkan oleh pemanasan global. 

BACA JUGA:Bareskrim Polri Kembali Selidiki Kasus Indosurya, Ini Pidana yang Diusut

BACA JUGA:Puncak 1 Abad NU: Tolak Khilafah Hingga Dukung PBB sebagai Hasil Muktamar Internasional Fiqih Peradaban

7. Kabut asap 

Kebakaran hutan yang dipicu oleh pemanasan global juga menimbulkan kabut asap yang mengganggu dan sangat membahayakan kesehatan manusia.

Aksi Mengurangi Dampak Pemanasan Global di Rumah Anda

Pemanasan global bisa dikurangi dengan melakukan aksi sederhana dari rumah Anda. Mulailah dengan mengurangi untuk menggunakan penyejuk ruangan (AC) yang mengandung freon.

Kandungan freon bisa melubangi permukaan ozon dan mengakibatkan radiasi dan panas matahari akan masuk langsung tanpa disaring terlebih dahulu.

Buatlah rumah dengan ventilasi yang baik agar udara bisa mengalir dengan sempurna. Anda juga bisa menyiapkan kamar dengan jendela yang lebar dan tersedia lubang ventilasi agar udara bisa mengalir dengan bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: