Tiba di Turki, Tim SAR Indonesia Langsung Bergerak ke Lokasi Gempa

Tiba di Turki, Tim SAR Indonesia Langsung Bergerak ke Lokasi Gempa

Tiba di Turki, Tim SAR Indonesia Langsung Bergerak ke Lokasi Gempa-BNPB-

TURKI, DISWAY.ID-- Tim Kemanusiaan Indonesia tiba di Adana, TURKI, pada Minggu 12 Februari 2023 langsung disambut oleh Duta Besar Indonesua untuk TURKI, Lalu Muhammad Iqbal. 

Setiba di Bandar Udara Adana Sarkipasa, para personel mendapatkan Dubes Indonesia dan melanjutkan perjalanan menuju Antakya, Hatay, yang berjarak sekitar 199 km.

BACA JUGA:Tes CPNS Kemenkumham 2023 Dibuka, Ada 10 Formasi Tersedia, Lulusan SMA Boleh Daftar

BACA JUGA:Ini Penjelasan Yamaha, Kenapa dengan Mesin Sama, Grand Filano Lebih Mahal Rp 5 Juta dari Fazzio?

Di hadapan tim Urban Search and Rescue (USAR) Basarnas dan BNPB, Iqbal mengatakan, tim penolong masih menyelamatkan beberapa warga hidup yang berada di reruntuhan hingga Sabtu 10 Februari 2023.

“Faktanya sampai kemarin malam masih ditemukan yang masih hidup,” ujar Iqbal dalam keterangan resminya, Senin 13 Februari 2023.

Menurut Iqbal, hal itu menunjukkan masih ada peluang untuk menyelamatkan.

BACA JUGA:77 Orang Warga Bandung Barat Keracunan Nasi Boks

BACA JUGA:Hakim Ungkap Ferdy Sambo Telah Memikirkan Perencanaan Pembunuhan Brigadir J Sangat Rapih dan Sistematis

Di samping itu, ia juga menginformasikan masyarakat setempat terkadang tidak dapat membedakan antara personel SAR dan bantuan kemanusiaan. Itu dapat memicu tekanan kepada responder SAR di lapangan.

“Masyarakat tidak melihat SAR untuk menolong, tetapi masyarakat mengharapkan (tim SAR) datang membawa bantuan,” jelasnya.

Menyikapi kondisi itu, pihak Kedubes telah menyiapkan bantuan logistik untuk mengantisipasi situasi yang diharapkan masyarakat.

Pada kondisi lain, masyarakat terkadang menuntut tim SAR untuk mencari anggota keluarga yang masih di dalam reruntuhan bangunan tanpa melihat kemampuan yang dimiliki oleh tim SAR yang ada di lokasi.

BACA JUGA:Bukan Cuma Bunga dan Cokelat, Ini 5 Kado Valentine Untuk Perempuan yang Bikin Si Dia Melting!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: