Irjen Mathius Fakhiri Ungkap Keberadaan Pilot Susi Air yang Disandera KKB : Tapi Lokasi Belum Pasti

 Irjen Mathius Fakhiri Ungkap Keberadaan Pilot Susi Air yang Disandera KKB : Tapi Lokasi Belum Pasti

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri.-ist-https://jambiindependent.disway.id/

JAYAPURA, DISWAY.ID-Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri menyatakan bahwa Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens saat ini bersama Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Irjen Mathius fakhiri menegaskan, walaupun sudah memastikan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu berada bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya, tetapi belum bisa memastikan lokasinya di mana. 

Menurut dia, untuk memastikan kondisi serta lokasi di mana pilot tersebut berada, masih menunggu laporan dari tokoh-tokoh masyarakat dan agama yang diturunkan penjabat bupati Nduga ke Paro. 

BACA JUGA:TNI Pastikan Foto Diduga Pilot Susi Air Pegang Bintang Kejora Hoaks

BACA JUGA:Pilot Susi Air Masih Dalam Pencarian Prajurit TNI dan Polri : Kami Berharap Menemukan Korban Keadaan Selamat

"Memang benar pilot tersebut bersama kelompok KKB pimpinan Egianus di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada hasil. Mereka masih berada di jalan karena untuk mencapai Paro harus melintasi sungai yang cukup lebar, " katanya, Selasa 14 Februari 2023.

Menurutnya, selain mengirimkan tim, Pemkab Nduga juga diminta untuk melakukan komunikasi aktif dengan melibatkan semua pihak, termasuk para wakil rakyat, guna mengetahui apa yang menyebabkan Egianus melakukan aksinya.

BACA JUGA:Pilot Pesawat Susi Air Disandera KKB, Meutya Hafid Minta TNI Komunikasi, Bebaskan Kapten Philips

Jenderal bintang dua itu mengatakan TNI dan Polri tidak akan mundur dalam upaya membebaskan pilot tersebut.

Namun demikian, kata dia, hal itu dilakukan ekstrahati-hati demi keselamatan Philip.

Oleh karena itu, kata Irjen Fakhiri, saat ini pihaknya lebih mengedepankan peran para tokoh dan pemda setempat.

KKB pimpinan Egianus Kogoya, Selasa 7 Februari 2023 dilaporkan membakar pesawat milik Susi Air yang dikemudikan pilot berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Praboowo, menjelaskan bahwa sudah memasuki hari ke-6 pencarian pilot Susi Air pasca pembakaran pesawat oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya, hingga kini TNI-Polri terus melalukan pencarian. 

Mengutip Keterangan Humas Polda Papua, selain melakukan pencarian, TNI-Polri juga mengerahkan pasukan untuk mengevakuasi warga Paro yang mengungsi ke Kenyam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: