Disdukcapil Mulai Rekam Data KTP Digital Untuk Pelaksanaan Pemilu 2024

Disdukcapil Mulai Rekam Data KTP Digital Untuk Pelaksanaan Pemilu 2024

Disdukcapil Mulai Kolaborasikan Perekaman KTP Elektronik dan Digital Untuk Pelaksanaan Pemilu 2024-Infopublik-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mulai melakukan perekaman data Kependudukan para pelajar baik KTP Elektronik maupun Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital.

Hal ini salah satunya dilakukan oleh Dukcapil Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada saat ini dalam mendekati pelaksanaan Pemilu di tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:KTP Segera Beralih ke Format Digital, Yuk Intip Langkah-langkah dan Syarat Pembuatannya

Kedua layanan tersebut dikolaborasikan agar memudahkan pelajar mengakses keikutsertaannya dalam pelaksanaan pemilu menggunakan KTP-El maupun KTP Digital.

Koordinator Analisis Kependudukan Disdukcapil Batang Irkham Nur Kholis mengatakan, bagi pelajar yang ingin mendapatkan IKD langsung, harus dipastikan data dirinya dalam KTP-El telah siap dicetak.

“Kalau dulu kita nyetak KTP-El itu lama, tapi sekarang karena sudah ada fasilitas IKD, maka pelajar yang sudah melakukan perekaman bisa langsung dibuatkan KTP Digitalnya,” ujar Irkham, Rabu 15 Februari 2023.

BACA JUGA:Penasaran, Apa Bedanya e-KTP dengan KTP Digital? Ini Penjelasan Berikut Tata Cara Daftarnya

Pelajar tidak perlu khawatir karena selain akan mendapatkan KTP Digital, mereka juga tetap menerima KTP-El.

“Secara bertahap masyarakat diarahkan untuk membiasakan diri memanfaatkan KTP Digital dalam segala layanan publik di masa depan,” jelasnya.

Alasan terbesar digelarnya perekaman KTP Elektronik dan KTP Digital, dikarenakan mayoritas pelajar hampir tidak mempunyai waktu untuk melakukan perekaman langsung ke Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK).

BACA JUGA:Fitur Canggih KTP Digital Pengganti e-KTP, Gebrakan Kemendagri Atasi Masalah Blanko

“Selama bulan ini kami melakukan layanan jemput bola ke sekolah-sekolah. Hampir tiap harinya ada 50 pelajar yang melakukan perekaman KTP Elektronik dan KTP Digital,” ungkapnya.

Selama tahun 2022, sebanyak 3 ribu pelajar dari target 15 ribu. Sedangkan tahun 2023 target perekaman turun menjadi 11 ribu pelajar.

“Untuk memaksimalkan layanan, kami akan mengoptimalkan TPDK yang ada di kecamatan. Nanti akan dijadwalkan sehingga warga pun bisa melakukan perekaman KTP Elektronik maupun KTP Digital,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: