Cegah Stunting, 4 Badan dan 3 Kementerian Kolaborasi Seminar Bertajuk Pancasila dan Tindakan

Cegah Stunting, 4 Badan dan 3 Kementerian Kolaborasi Seminar Bertajuk Pancasila dan Tindakan

BKKBN/ Bambang-BKKBN/ Bambang-BKKBN/ Bambang

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan acara seminar nasional Pancasila dalam tindakan yang digelar di The Tribata, Jakarta Selatan, pada Kamis 16 Februari 2023.

Acara penyelenggaraan seminar nasional Pancasila dalam tindakan tersebut dihadiri lima ribu peserta yang dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Pantauan Disway.Id yang berada di lokasi para peserta seminar sudah memenuhi Gedung The Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sejak pukul 11.00 WIB untuk mengikuti acara seminar nasional Pancasila dalam tindakan tersebut.

BACA JUGA:Download Aplikasi Super App Presisi Polri Yuk! Kabid TIK Polda Banten Ungkap Cara Pakai dan Manfaatnya

Deputi bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (Adpin) BKKBN Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, Stunting atau kekurangan gizi kronis yang berdampak terhadap tumbuh dan kembang anak harus diminimalisir karena sangat berbahaya.

“Bencana alam yang melanda berbagai daerah, serta kekerasan seksual dan kekerasan dalam rumah tangga, saat ini merupakan ancaman nyata bagi eksistensi keluarga di Indonesia,” ujar Teguh dalam keterangannya kepada Disway.Id, Kamis 16 Februari 2023. 

Menurut Teguh keluarga adalah unit sosial terkecil yang menentukan suatu kelompok masyarakat menjadi kuat yang berdampak pula pada suatu bangsa dan negara yang kuat.

“Keluarga merupakan ‘tulang punggung’ bangsa sebab segala aspek kehidupan masyarakat tidak pernah terlepas dari peran serta keluarga,” ungkap Teguh.

Teguh mengatakan, empat Badan dan tiga Kementerian Negara menggelar kolaborasi seminar bertajuk Pancasila dalam Tindakan untuk memperkuat nilai ideologi dalam ketahanan keluarga yang diselenggarakan hari ini.

BACA JUGA:Biaya Haji Disepakati Rata-rata Rp90 Juta, Menag: Lihat Nilai Manfaatnya?

“Keempat Badan Negara itu adalah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),” ujar Teguh.

“Serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),” lanjut Teguh.

Teguh menyampaikan acara seminar tersebut juga dihadiri tiga Kementerian Negara yang terlibat dalam kolaborasi pencegahan Stunting. 

“Tiga Kementerian Negara yang terlibat dalam kolaborasi itu adalah Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA), dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB),” kata Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: