Awas! Penelitian Terbaru Ungkap Orang yang Tidak Divaksinasi COVID Berisiko Lebih Tinggi Terdampak Diabetes

Awas! Penelitian Terbaru Ungkap Orang yang Tidak Divaksinasi COVID Berisiko Lebih Tinggi Terdampak Diabetes

Vaksin Covid-19-FOTO: JULIAN ROMADHON-HARIAN DISWAY-

Menurut peneliti, rata-rata pasien adalah 47 tahun, dengan 54% subjek adalah wanita.

"Hasil ini menunjukkan bahwa vaksinasi COVID-19 sebelum infeksi dapat memberikan efek perlindungan terhadap risiko diabetes," ujar Dr. Kawn, yang juga seorang dokter kardiovaskular di Smidt Heart Institute.

Studi yang diterbitkan pada hari Selasa di jurnal JAMA Network Open, adalah yang terbaru dari banyak laporan yang diterbitkan yang menunjukkan infeksi COVID-19 dapat memiliki efek kesehatan yang lebih buruk daripada hanya durasi dua minggu.

Sebuah studi dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington tahun lalu menyimpulkan bahwa orang yang terinfeksi virus berkali-kali dua kali lebih mungkin meninggal dan tiga kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit daripada pasien yang hanya terinfeksi satu kali.

BACA JUGA:Hati-hati, Berhenti Gym Bisa Memicu Diabetes Pada Tubuh

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang mengalami infeksi berulang lebih berisiko mengalami masalah paru-paru, masalah jantung, dan kondisi otak.

Pakar Cedars-Sinai mengatakan upaya mereka mengkonfirmasi bahwa vaksinasi dapat mengurangi beberapa risiko dan konsekuensi kesehatan yang merugikan yang terkait dengan infeksi COVID-19.

“Meskipun kami belum tahu pasti, tren dan pola yang kami lihat dalam data menunjukkan bahwa infeksi COVID-19 dapat bertindak dalam pengaturan tertentu seperti akselerator penyakit, meningkatkan risiko diagnosis yang mungkin diterima individu di kemudian hari. dalam hidup,” kata penulis studi Dr. Susan Cheng dalam sebuah pernyataan.

“Jadi, bisa jadi alih-alih didiagnosis menderita diabetes pada usia 65 tahun, seseorang dengan risiko diabetes yang sudah ada sebelumnya mungkin – setelah infeksi COVID-19 – lebih mungkin mengembangkan diabetes pada usia 45 atau 55 tahun,” tambah Dr. Cheng , yang juga menjabat kursi Erika J. Glazer di Kesehatan Kardiovaskular Wanita dan Ilmu Kependudukan.

BACA JUGA:Makan Kentang Sebabkan Risiko Diabetes Tipe 2 Meningkat? Studi Baru Berikan Bocoran

Sementara Kawn mencatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tim mereka, mereka “tetap teguh pada keyakinan kami bahwa vaksinasi COVID-19 tetap menjadi alat penting dalam melindungi dari COVID-19 dan risiko yang masih belum pasti yang mungkin dialami orang selama pasca- periode infeksi.”

Studi tersebut dilakukan ketika Food and Drug Administration mengusulkan suntikan COVID-19 tahunan pada bulan Januari, meniru rejimen flu yang sudah ada. Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merilis laporan tahun ini yang mengungkapkan bahwa penguat virus corona yang diperbarui tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap varian yang muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: