Keren! Dompet Dhuafa Rambah Metaverse Untuk Pengelolaan Dana ZISWAF

Keren! Dompet Dhuafa Rambah Metaverse Untuk Pengelolaan Dana ZISWAF

Dompet Dhuafa rambah Metaverse untuk pengelolaan dana ziswaf-Dok. Dompet Dhuafa-Dok. Dompet Dhuafa

JAKARTA, DISWAY.ID - Seiring berjalannya waktu, tak dapat dipungkiri jika penggunaan teknologi terus berkembang pesat di semua sektor. 

Tak terkecuali dalam aktivitas filantropi islam, seperti yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa.

Sebagai  lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa, untuk menunjang kinerja dan memudahkan masyarakat berkolaborasi dalam kebaikan, Dompet Dhuafa mulai terus mengembangkan sistem berbasis digital dan mencoba mengembangkan dunia metaverse

Dalam acara Ruang Bincang bertajuk “Peran Lembaga & Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengentasan Kemiskinan” yang diselenggarakan di Tigalima Kopi Menteng, Rabu, 22 Februari 2023, Dompet Dhuafa mengajak para muzaki untuk menyelami pengalaman baru dalam berinteraksi dengan petugas layanan, khususnya dalam berkonsultasi terkait zakat dan kemudahan pembayaran ZIS di Dompet Dhuafa.

Melalui acara tersebut, Dompet Dhuafa ingin mendorong penguatan di sektor zakat, infak, sedekah dan wakaf melalui teknologi digital berupa layanan zakat berbasis digitalisasi dalam upaya mengentas kemiskinan. 

BACA JUGA:Apa Itu Demosi ? Sanksi yang Diberikan Kepada Bharada E

BACA JUGA:Fantastis! Segini Jumlah Kekayaan Pejabat Pajak yang Anaknya Viral Pamer Harta, Hingga Aniaya Putra Pengurus GP Ansor

"Digitalisasi sebagai langkah pertama dalam transformasi digital, langkah pertama yang dilakukan dengan mengukur indeks kemampuan digital untuk proses penyaluran dan penerimaan zakat. Digitalisasi masuk dalam upaya pemecahan masalah kemiskinan mulai dari masyarakat miskin paling bawah, masyarakat miskin berpotensi, hingga masyarakat miskin yang memiliki aset menggunakan sistem Artificial Intellegence Of Things (AIoT) sehingga 3 layer kemiskinan tersebut dapat ditangani sesuai kebutuhannya," jelas Putra, Direktur Komunikasi & Teknologi Dompet Dhuafa.

Haryo Mojopahit selaku GM komunikasi Dompet Dhuafa menambahkan " Peran Dompet Dhuafa dalam mengentaskan masalah kemiskinan melalui konsep segitiga pemberdayaan, yaitu dengan menghilangkan kedaruratan, kemudian membangun akses, dan memperbaiki sistem melalui program-program yang diformulasikan oleh Dompet Dhuafa dengan tujuan utamanya adalah mengurangi angka kemiskinan yang ada" tambahnya.

Dompet Dhuafa menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan platform dan perbankan guna memudahkan masyarakat berzakat salah satunya bank Jago Syariah, dengan metode pelayanan online. 

Pada layanan tersebut, Dompet Dhuafa menyediakan penghitungan zakat dan payment gateway berbasis teknologi dengan pemanfaatan barcode. 

Agung Lesmana selaku Head of Sharia Business Development and Product Solution Bank Jago mengatakan, "Digitalisasi saat ini menjadikan segala sesuatu  menjadi mudah dan cepat. Melalui Jago Syariah, nasabah dapat merasakan inovasi dan fitur unggulan, seperti Kantong (Pockets) serta kemampuan terintegrasi dengan ekosistem digital syariah lainnya. Kedepannya, kami akan mengambil peran dalam hal  menjadi platform keuangan syariah, di mana Jago Syariah  sebagai wasilah (kendaraan) untuk  pengumpulan zakat, infaq, dan wakaf yang nantinya akan disalurkan kepada penerima  manfaat sebagai salah satu bertransformasi di era digitalisasi," terang Agung.

BACA JUGA:Intip Program Hyundai yang Hadir di IIMS 2023, Manjakan Pengunjung dengan Pelayanan

BACA JUGA:Kenapa Nabi Muhammad SAW Berpuasa Penuh di Bulan Sya'ban? Ini Dia Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: