Purchasing Managers Index Manufaktur Indonesia Lampaui Amerika dan Jerman, Menperin: Akan Terus Ekspansif

Purchasing Managers Index Manufaktur Indonesia Lampaui Amerika dan Jerman, Menperin: Akan Terus Ekspansif

Bahkan Purchasing Managers Index Manufaktur Indonesia lampaui Amerika dan Jerman, dimana Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa hal ini akan terus ekspansif. -menperin-

JAKARTA, DISWAY.ID –  Capaian kinerja industri pengolahan nonmigas di tanah air pada pertengahan triwulan pertama tahun 2023 masih tetap terjaga dalam kondisi yang stabil.

Hal tersebut terlihat dari hasil Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang dirilis oleh S&P Global, menunjukkan di posisi 51,2 pada bulan Februari atau masih dalam tahap ekspansi.

Bahkan Purchasing Managers Index Manufaktur Indonesia lampaui Amerika dan Jerman, dimana Menperin mengatakan bahwa hal ini akan terus ekspansif.

Dari laporan yang ada, PMI manufaktur Indonesia pada bulan kedua ini mampu melampaui PMI manufaktur Myanmar (51,1), Malaysia (48,4), Taiwan (49,0), Jepang (47,7), Inggris (49,2), Amerika Serikat (47,8), Zona Eropa (48,5), Prancis (47,9), dan Jerman (46,5).

BACA JUGA:Harta 69 Pegawai Kemenkeu yang Tak Wajar Segera Diperiksa Selain Rafael Alun Trisambodo Ayah Mario Dandy

BACA JUGA:Mantap! Harga BBM Ternyata Ada yang Turun 1.200/Liter, Cek Daftar Harga Terbaru Pertalite-Pertamax di Aceh-Papua per 2 Maret 2023

Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian menjelaskan jika level ekspansi ini memperpanjang periode perbaikan kondisi sektor industri manufaktur kita selama 18 bulan terakhir ini, meskipun di tengah dampak tekanan ekonomi global. 

“Artinya tingkat kepercayaan diri para pelaku indutri manufaktur kita masih cukup tinggi atau optimistis,” jelas Agus Gumiwang di Jakarta pada Rabu 1 Maret 2023.

Menperin mengemukakan, aktivitas industri manufatur nasional yang masih berjalan impresif ini sesuai juga dengan hasil Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Februari 2023 yang dirilis oleh Kementerian Perindustrian.

IKI tersebut tercatat mencapai posisi 52,32, di mana level ekspansi ini mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 0,78 poin dibandingkan Januari 2023.

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi Hari Ini, Kamis 2 Maret 2023

BACA JUGA:Begini Cara Cepat Dapat Tiket Murah Kereta Api Lebaran 2023 Sesuai Jadwal, Jangan Sampai Kehabisan!

“Saya yakin, industri manufaktur kita akan tetap ekspansif seiring dengan berangsur membaiknya kondisi geopolitik dan ekonomi global. Selain itu didukung dengan kebijakan pemerintah dalam upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif,” paparnya.

Menanggapi laporan PMI manufaktur Februari 2023 mengenai kepercayaan diri berbisnis yang turun, Menperin menyampaikan bahwa survei IKI pada periode yang sama juga menunjukkan adanya industri yang masih pesimis, namun dengan jumlah atau persentase yang sedikit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: