Kondisi Terkini Korban Kebakaran Depo Pertamina: 209 Penduduk Bertahan di Pengungsian, Kebutuhan Sandang dan Pangan Terpenuhi?

Kondisi Terkini Korban Kebakaran Depo Pertamina: 209 Penduduk Bertahan di Pengungsian, Kebutuhan Sandang dan Pangan Terpenuhi?

Sisa-sisa kendaraan milik warga yang menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang-Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada 32 korban kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara yang masih dirawat di enam Rumah Sakit per Kamis, 9 Maret 2023 pukul 06.00 WIB. 

Sementara itu korban jiwa yang meninggal akibat peristiwa tersebut bertambah menjadi 19 orang. 

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa mengatakan, ada 206 penduduk yang tercatat masih mengungsi di tiga tempat.

BACA JUGA:Temuan Baru, Polri Berhasil Identifikasi 12 Jenazah Korban Kebakaran Depo Plumpang

"Kantor PMI Jakarta Utara terdapat pengurangan sebanyak 12 jiwa, sehingga menjadi 101 jiwa; RPTRA Rasela berjumlah 25 jiwa; dan Posko Pengungsian RW.09 Kelurahan Rawa Badak Selatan berjumlah 80 jiwa," kata Isnawa dalam keterangannya, Kamis, 9 Maret 2023.

BPBD DKI Jakarta juga telah mengirimkan 50 personil dan mendirikan 2 tenda pengungsi yang bertempat di RPTRA Rasela dan Wali Kota Jakarta Utara.

Kebutuhan pakaian, tidur dan makanan juga telah disediakan.

"BPBD juga telah mendistribusikan bantuan berupa air mineral, sarung, selimut, mukena, terpal, matras, family kit, kidsware, sandang, kantong jenazah, sabun batangan, wipol, hand sanitizer, masker, kipas angin, alas tenda dan megaphone," ujarnya.

BACA JUGA:Fakta Menarik Depo Pertamina Plumpang, Pegang Peran Penting Suplai BBM Nasional Sejak 1974

Kemudian, lanjut Isnawa, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta di Plumpang, Posko PMI Jakarta Utara, dan RPTRA Rasela telah melayani 377 layanan, di antaranya cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), cetak Kartu Keluarga (KK), pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD), permohonan akta lahir, dan konsultasi.

Selanjutnya, pihak BPBD juga telah diserahkan pula bantuan dari Dinas Sosial DKI Jakarta untuk penyintas kebakaran di Kelurahan Rawa Badak Selatan.

BACA JUGA:Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Setuju Depo Plumpang Direlokasi, 'Jangan Warganya'

"Bantuan berupa pangan, yaitu beras, mi instan, ikan kaleng dan kecap. Kemudian, sandang berupa kaos, daster, pakaian dalam pria dan wanita, selimut serta handuk. Juga lainnya berupa matras, terpal, air mineral, pampers dewasa, makanan siap saji dan biskuit," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: