Barang Titipan

Barang Titipan

--

SELALU ada juru selamat yang datang. Di mana-mana. Juga di Neom. Inilah kota baru impian besar putra mahkota Mohamad bin Salman. Yang saya begitu ingin melihatnya.

Yang diselamatkan: anak Siti Khalisnah Iskan binti Nyai Sareh binti Kiai Hasan Ulama. Ia memang  lagi ke Neom untuk pembaca Disway –minus perusuhnya.

Saya tiba di Neom dengan mobil barang: dianggap sebagai salah satu barang yang harus dikirim perusahaan logistik. Mobilnya jenis Hiace yang sudah dimodifikasi.

Saya pun diturunkan di Neom, di bagian kota baru yang paling ramai: ada kios Dunkin' Donut, ada kios sandwich, ada pula kios burger di sebelahnya lagi. Lalu ada tenda dan meja kursi. Ada kantor logistik di situ. Ada toilet. Ada musala.

Di tengah-tengahnya ada gasebo bulat. Pembeli makanan dan kopi bisa duduk-duduk di situ. Ada empat TV di tengah. Menghadap ke segala sudut. Untuk nobar.

Saya beli kopi satu gelas: 10 riyal. Coffee late. Gelas kecil. Saya teringat perusuh Disway: ini kalau dibelikan kopi sachetan bisa untuk satu RT. Yang penting saya punya alasan ikut duduk di situ. Saya harus berpikir tenang: selanjutnya saya harus bagaimana.

Di sekitar lokasi itu hanya ada padang pasir. Gunung batu. Dan angin kencang. Di sebelahnya ada highway. Sibuk. Kendaraan berat bercampur mobil-mobil jenis off-road.

Mobil yang mengangkut saya sudah pergi. Bersama barang antaran lainnya. Barang beneran.

Saya pun terjebak di kesunyian. Kesunyian yang amat bising. Berdebu. Berderu.

Otak saya lebih berdebu lagi. Saya harus ke mana. Pakai apa.

Tempat ini hanya semacam rest area.

Saya memang harus istirahat tapi mestinya tidak di tempat seperti ini. Saya sudah 12 jam naik bus dari Madinah. Ke arah utara. Lalu naik mobil antar barang itu 1,5 jam.

Sudah lebih 1.000 km saya melewati gurun dan gunung batu. Dan kini berhenti di tengah gurun bergunung.

Yang membuat saya tenang: ada uang cukup di dompet. Istri saya memasukkan sejumlah riyal ke situ sebelum berpisah di Madinah.

Yang bikin tenang lainnya: ada yang jual makanan. Minuman. Ada tenda, ada kursi, ada toilet, ada musala.

Yang sangat penting: ada colokan listrik. Tidak takut kehabisan baterai. Komunikasi bisa terjaga. Pun bisa menulis untuk Disway. Nikmat mana lagi yang masih harus didustakan.

Yang saya tidak bisa berdusta: saya diliputi kekhawatiran. Bahasa Arab saya juga parah untuk daerah di begini pelosok. Kalau saya berbahasa Inggris hanya dijawab gelengan kepala.

Saya harus segera keluar dari jebakan ini. Tapi bagaimana caranya. Lebih khawatir lagi, saya belum menulis naskah untuk Disway. Belum juga memilih komentar pilihan.

Lalu saya ingat uang di dompet. Tenang lagi.

Matahari kian tegak di atas ubun. Terik. Silau. Tapi tidak panas. Angin kencang mengembuskan udara sejuk. Sesekali raja udara itu juga membadaikan debu berpasir.

Saya pilih menulis dulu. Soal yang paling gampang: datangnya juru selamat Adani. Lalu memilih komentar. Mungkin komentar yang masuk terlalu sore tidak sempat terpilih.

Setelah semua itu selesai saya baru bisa berpikir tenang: harus ke mana dan naik apa.

Saya lihat ada bus besar Saptco datang dan berhenti di sebelah burger. Juru selamat pun datang. Saya ingin menyelesaikan pemilihan komentar dulu baru ke sana.

Lalu saya melekaskan langkah menuju bus. Pintu sudah tertutup kembali. Mesin tetap berbunyi. Saya ketok pintu itu. Tak ada jawaban.

Mungkin sopirnya ke toilet. Toh mesin masih menyala.

Saya mengenal baik bus Saptco. Terkenal di Arab Saudi. Lama sekali  saya tunggu di dekat bus. Tidak ada juga orang muncul. "Di mana sopirnya?" tanya saya kepada sopir truk asal Bangladesh yang mau beli kopi.

"Mungkin tidur. Ini bus untuk angkut karyawan," tambahnya. Rupanya ia melihat saya membawa tas.

Ternyata bus itu bukan penyelamat. Saya kembali duduk di "pujasera" rest area padang pasir itu.

Satu jam berlalu. Mesin bus tetap menyala. Terdengar suaranya. Sopirnya tiada. Dua jam berlalu. Tiga jam. Mesin tetap menyala.

Saya pun mulai mengail di padang pasir. Setiap ada mobil datang, untuk membeli makanan, saya lemparkan umpan: boleh ikut?

“Ke mana?" tanya seorang bule. Namanya Kenny. Asal Glasgow selatan Skotlandia. Namanya mengingatkan saya pada bintang sepak bola dari sana: Kenny Dalglish.

"Ke mana saja. Yang penting keluar dari sini".

Ia pun pergi. Tapi memberi nomor HP. "Kalau ada kesulitan hubungi saya," katanya sambil berlalu. Ia buru-buru. Terikat jam kerja di proyek kota baru ini.

Ada lagi yang lain datang. Tidak sempat menjawab.

Yang lain lagi menggelengkan kepala.

Sampai orang ke-15. Target orang ke-15 meleset.

Saya harus bersabar. Pasti akan datang orang baik. Saya sudah menenangkan pikiran untuk siap yang terjelek: bagaimana harus bermalam di padang pasir ini. Toh ada toilet. Ada musala. Ada roti selebar payung kecil di tas kresek. Ada air.

Mungkin hanya dingin. Angin kencang. Saya tidak boleh takut sebagaimana ancaman hujan dan badai di Cikeusik.

Sabar. Kuncinya sabar.

Setelah lima jam bersabar, datanglah juru selamat yang sesungguhnya. Anak muda. Berwajah Pakistan. Ia membuka laptop dan menyeruput air putih dari botol plastik.

Namanya Zahid Raja. Kerja di proyek Neom. Ia menginterogasi saya: bagaimana bisa tiba di kota yang sedang diaduk-aduk tanahnya ini. Ia sendiri belum banyak tahu Neom. Baru satu bulan di situ.

Ternyata saya pernah ke kampungnya di Punjab. Itu membuat pembicaraan lebih akrab.

Datang pula seorang muda berwajah Tionghoa. Saya sapa dengan bahasa Mandarin. Ternyata ia dari Hangzhou. Saya sapa lagi pendatang baru. Bule. Dari Jerman.

Gazebo itu pun penuh. Orang dari berbagai penjuru dunia ada di situ. Mereka bekerja di proyek kota baru Neom. Mereka makan siang.

Akhirnya si Pakistan membawa saya ke satu tempat 15 km dari situ. Mobilnya Hyundai. Ada hotel di situ. Tapi sudah penuh dikontrak jangka panjang oleh kontraktor Neom.

Di pinggir laut Merah nun di sana juga ada beberapa hotel bintang lima. Sama. Penuh. Untuk eksekutif proyek Neom.

Inilah kota baru yang panjangnya 200 km lebarnya 100 km. Memanjang di pantai Laut Merah sisi utara. Dekat dengan Teluk Aqabanya Jordania. Neom lebih dekat ke Petra daripada ke Makkah.

Kota Neom akan menjadi kota wisata terbesar di Timur Tengah. Ini misi Putra Mahkota Muhammad bin Salman. Truk, kontainer, doser, ekskavator mondar-mandir sibuk sekali. Tidak ada taksi.

Lokasi kota baru ini sengaja dipilih di situ karena sejarahnya. Atau legendanya. Di kawasan inilah Lawrence of Arabia berlokasi. Di pantai ini pula Nabi Musa naik dari laut Merah yang ia belah dengan tongkatnya. (Dahlan Iskan)

 

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 9 Maret 2023: Juru Selamat

 

Liam Then

Yang sering di analisa adalah kenapa Bill Gates rajin beli lahan pertanian di seluruh dunia. Bill Gates ini sudah sangat mumpuni instingnya. Pemerintah RI paling tidak harus rem ,batasi bagi-bagi lahan konsesi. Waspada krisis pangan. Fokus perbaikan dan bangun sistem kebijakan yang tahan banting, di bidang industri pangan nasional. Sinergi kebijakan, pemanfaatan teknologi, dan keahlian fiskal , tentu bisa bawa RI jadi lumbung pangannya dunia. Di teknologi kita kalah, di bidang pangan RI bisa saja meraja. Contohnya di bidang minyak sawit. 8 milyar penduduk dunia butuh pangan murah dan berkualitas.

 

yea aina

Kiranya bukan saham Adani, pun juga Unilever, yang menarik bagi SWF RI Om @Liam. Anda sudah tahu, dimana telur-telur bermodal awal APBN itu ditaroh.

 

Udin Salemo

#everyday_berpantun Ramah betul anak bu Nani/ Setiap pagi diantar ke sekolah/ Rajiv adalah orang yang berani/ Beli saham perusahaan bermasalah/ Nan talang namonyo gunuang/ Di Tanah Data namonyo singgalang/ Banyak kawan ndak tau di untuang/ Katiko awak bansaik inyo mailang/

 

Komentator Spesialis

Orang kaya kebingungan mengelola duitnya. Makanya mereka minta tolong fund manager untuk mengelola. Dan mungkin yang minta bantuan fund manager mengelola aset juga pegawai pajak, wkwkwkwk...bisa jadi juga koruptor minta tolong juga. Dicuci pakai sabun biar kelihatan bersih. Itulah penderitaan orang berharta. Mending hidup berkecukupan saja. Nggak banyak mikir. Nggak jadi beban. Pengen beli rumah mewah cukup. Makan stake di restoran cukup. Mau pergi haji cukup. Beli mobil Alphard cukup. Dan jangan lupa, pengen kopi sachetan cukup duit.

 

Johannes Kitono

Biarpun Rajiv sudah WN Amrik tapi panggilan hatinya tetap Made In India. Kalau Adani grup digembosi terus dampaknya tentu akan bikin susah sesama rakyat India. Proyek proyek infrastruktur disana akan terbengkalai. Lebih baik sesama India yang lagi susah dibantu India lagi. Daripada dibantu oleh tetangga China yang secara tradisi selalu bersengketa. Dan kalau tidak salah saat krisis ekonomi 1998 yang melengserkan Presiden Soeharto.Hutang Sinarmas grup hanya sebesar US$.13,7 mily dan bukan US$.113 mily seperti ditulis CHD hari ini.Dan saat ini sudah merupakan hutang swasta yang nomor dua terbesar di dunia sesudah hutang swasta di Amerika Latin yang jumlahnya sekitar US$.15 mily. Semoga juragan disway tidak dijewer alm Taipan Eka di alam baka karena sudah Mark up hutangnya sampai sekian ratus persen. Tidak heran salah satu anak dari isteri mudanya menuntut pembagian harta dari saudara tirinya. Semoga tidak terjadi krisis kepemimpinan akibat ciutan Rp.300 T dari Menkopolkam.

 

Liam Then

Off topic, dari gencar gonjang-ganjing di bidang pajak, saya coba analisa. Ada "under current" apa ini? Isu negatif di samber dengan begitu positifnya. Menkeu dan Menko langsung turun tangan. Kedua beliau ini boleh di kata berlatar belakang sama, pemaen free agent kalo dalam sepak bola. Apakah ini isyarat "We know what you think you know we don't know." Apakah ini teknik tingkat dewa juga? #fight2024

 

Pryadi Satriana

"I know you don't know that I know what you think I don't know."

 

Liam Then

Berita PPATK bilang tentang aliran lalu lintas transaksi sampai 300T. Kalau berlaku sistem komisi pelaporan Justice collaborator, 5 persen aja dari jumpah terbukti di persidangan. Pasti kasus korupsi bisa banyak di cegah. Semua orang berlomba-lomba jadi cepu putih, karena ada dapat komisi. Kondisi sekarang ,mau lurus sangay sulit, bak batang pohon yang lurus di hutan. Pasti di tebang duluan.

 

Liam Then

Si Poleng utang 10jt, cicilan macet, di terror debt collector, ditelponi tiap hari, bapak,ibu sodara juga habis ditelponi. Si Polong utang 100m. Yang ngasih utang yang berdoa, semoga si Polong baik-baik saja.

 

Pryadi Satriana

Pryway: PERIKSA SEMUA PETUGAS PAJAK! Dari dulu kekayaan petugas pajak TIDAK WAJAR (ingat kasus Gayus Tambunan!). Sejak tahun 2000-an, seorang kenalan yg "hanya lulusan D3 STAN dan petugas pajak" bisa membeli rumah miliaran di perumahan mewah di Jakarta, sementara saya yg lulusan S2 UI waktu itu cuma bisa beli rumah tipe 45 di Kab. Bogor seharga 37 juta! Pemerintah perlu membuat ATURAN TEROBOSAN UNTUK MENGEMBALIKAN UANG NEGARA YANG DICURI OLEH PARA PETUGAS PAJAK! Pekerjakan kantor akuntan asing untuk menelusuri uang negara yg dicuri. Berlakukan PEMBUKTIKAN TERBALIK: KEKAYAAN PEJABAT NEGARA - TERMASUK JUGA PETUGAS PAJAK YG TIDAK MASUK KATEGORI 'PEJABAT' TAPI PUNYA KEKAYAAN FANTASTIS - YANG TIDAK BISA DIJELASKAN & DIBUKTIKAN ASAL KEPEMILIKANNYA DISITA UNTUK NEGARA BERDASARKAN PAYUNG HUKUM YG BARU! Masalahnya: jangan2 yg membuat aturan hukum pun BANYAK YG KORUPSI SHG TIDAK AKAN PERNAH MEMBUAT ATURAN YG AKAN MERUGIKAN MEREKA. Perlu dibuat HOTLINE 24 JAM untuk menerima pengaduan masyarakat tentang penyelenggara negara yg diduga korupsi dan jika terbukti benar2 korupsi, sita hartanya utk negara, SETELAH DIPOTONG 1% UNTUK PELAPOR, yg jg HARUS DILINDUNGI dg tidak menyebutkan identitasnya secara terbuka, cukup diketahui lingkungan terbatas yg berkepentingan saja. 'Feeling' saya, total uang yg dicuri SANGAT FANTASTIS! Pertanyaannya: Maukah Presiden memikirkan ini SECARA SERIUS? Atau, JANGAN-JANGAN beliau malah menyibukkan diri memikirkan IKN yg akan dijadikan "legacy"? Wani? Semoga!

 

Pryadi Satriana

Tahun 80-an saya membeli rumah pertama di Kodya Malang - tipe 45/135 - seharga 36 jt. Jadi kalau th 2000 sy beli rumah di Kab. Bogor seharga 37 jt, itu ya 'little house in the prairie', malam hari dikelilingi suara jangkrik, krik ... krik ... krik ... Salam. Rahayu.

 

Muhammad Sk

Anak petugas pajak ini kocaknya berani mukulin anggota banser. Tidak tau, kalau anggota banser yg sudah keramat daun di ludahi jadi duit (wkwk). Mentri yg seingat saya berani mecat orang di depan umum saja harus mau merangkak kalau mau masuk banser. "Di bakar". "Mentang-mentang bawa moge". Mengutip cnbc, ada 45.910 petugas pajak. Itu ganti saja semua sama orang yang punya kta Banser. Biar seru. Lumayan buat rame-rame berita (wkwk).

 

Mirza Mirwan

Sebenarnya GQG Partners Inc. yang bermarkas di Fort Lauderdale, Florida, itu masih termasuk sangat muda. Baru lahir 4 April 2016 --- busyet, 4 April itu tanggal dan bulan lahir saya. Bahwa menjelang 8 tahun usianya GQG Partners dipercaya lebih dari 100 perusahaan -- di AS, Inggris dan Australia -- untuk mengelola "dana nganggur" mereka, tentu berkat track record si founder, Rajiv Jain. Rajiv Jain yang kelahiran Ajmer, Rajasthan (India) itu punya pengalaman di perusahaan pengelola asset, Vontobel Asset Management -- anak usaha Vontobel Holding AG -- selama 22 tahun hingga menduduki posisi CEO di tahun 2014. Dari aset VAM yang semula kurang dari US$400 juta hingga menjadi US$50 miliar ketika Rajiv resign, lalu mendirikan GQG Partners Inc. Kemarin, di Sidney, Rajiv telah menjelaskan kenapa ia membeli saham Adani kepada Australian Pension Fund, salah satu dari lebih 100 klien GQG Partners. Semula APF mempertanyakan ihwal pembelian saham itu. Ya wajar, sih, karena "uang" untuk membayar saham itu termasuk "uang"milik APF. "The response actually has been frankly, more positive than I would have anticipated, because they feel that's how we differentiate ourselves," kata Rajiv Jain kepada jurnalis yang menanyakan respon APF setelah ia membeberkan kenapa pembelian saham itu dilakukan. Yang jelas suntikan US$1,87 miliar dari GQG Partners itu telah menahan laju penurunan kekayaan Gautam Adani. Kemarin sudah US$44 miliar, dari sebelumnya menyentuh US37 miliar.

 

Liam Then

Uang pensiun orang Australia di kelola ahli keuangan ternama di Amerika. Uang pensiun PT.ASABRI di investasikan ke bidang ikan Arwana. Wadoooohhh....

 

yea aina

Dua diantara argumentasi Rajiv Jain, membeli saham Adani yang lagi ambyar: 1. Anak perusahaan Adani grup yang bergerak di infrastruktur dan layanan umum, bagi Rajiv punya potensi. 2. Dukungan peraturan pemerintah Modi, dengan peraturan baru yang sangat pro investasi infrastruktur dan layanan umum. Tiga pemain dalam satu "permainan" saling mendorong satu sama lain. Ada Rajiv yang berperan investor juru selamat. PM Modi dengan dukungan peraturan pemerintah yang sangat baik (pro infrastruktur), menurut pengamatan Rajiv. Pemain utamanya, tentulah Gautam Adani. Tokoh utama yang lagi menjadi sorotan di kalangan investor dunia. Sebetulnya skema yang hampir mirip, pernah dilakukan seorang politisi, yang kabarnya pemenang kontestasi pemilihan di suatu negeri. Tetapi dengan hasil akhir yang berbeda. Skemanya juga beda, investornya dari negeri lain yang butuh "mengkaryakan" penduduknya, pelaksananya "ditunjuk/penugasan" oleh dia dan peraturan-peraturan di buat sedemikian rupa agar leluasa, tentunya. Hasil akhirnya, anda sudah tahu. Politisi mungkin bukan sengkuni, tapi peran sengkuni paling layak diperankannya, menurut seorang jurnalis kawakan.

 

Jimmy Marta

Kedatangan teman sebangsa setanah air bg Adani serasa kedatangan juru selamat. Rajiv menyelamatkan hidup Adani?. Menyelamatkan kekayaan Adani?. Tidak. Tidak. Rajiv dg GQG hanya membawa USD1,9M. Sudah bisa borong2 saham 4 anak usaha sang teman. Sebelum terjadinya krisis di saham2nya, Adani punya kekayaan 120M. Gegara rilis riset HR tempo hari, dalam tempo 2 pekan, setengahnya menguap. Adani jatuh miskin?. Jauh. Beliau masih super konglo. Lalu apa artinya 1,9 M itu?. Ini bukan soal nominasi..!. Bukan soal uang!. Tapi Reputasi. Rajiv dg GQG nya percaya dg prospek proyek Adani. Kepercayaan yg sejalan dg bukti pertumbuhan ekonomi India yg tertinggi di dunia. Kepercayaan yg menjadi modal terpenting di pasar modal. Itulah gunanya Rajiv Jain datang. Rekan selevel, kawan bermain dilangit. Teman sebangsa nan beda negara ...

 

Er Gham

Mister Low Tuck tahu benar, bagaimana peran naik turun harga saham. Sekarang dia yang terkaya, mengalahkan duo Djarum. Tapi seperti Adani, kalau harga sahamnya jatuh, jatuh pula peringkatnya. Namun, sejatuh jatuhnya harga saham, mereka tetap lebih kaya dari orang kebanyakan.

 

Mahmud Al Mustasyar

Setelah Tesla tidak kunjung investasi ke negara kita, dan lebih memilih buka cabang di negara tetangga; kini giliran menyusul Air Products and Chemical Inc, mengundurkan diri dari proyek hilirisasi batubara menjsdi DME bersama PT. BA dan Pertamina. Batallah investasi sebesar kurang lebih 32.3 T masuk negeri kita. Padahal proyek tsb masuk dalam Proyek Strategis Nasional.

 

Mbah Mars

Dasar juragan. Lha wong sedang umroh yg dipikir masih urusan bisnis. Kemarin bisnis penerbangan. Hari ini tentang saham yg anjlog beterbangan dan ingin diterbangkan lagi ke atas. Kapan nulis Mekah Madinahnya Bah ? Jangan takut dibully riya' oleh perusuh. Perusuh itu apik ya dirusuh. Elek apalagi.

 

Amat K.

Horang kaya sombong, wajar. Yang kurang ajar, miskin yang sombong. Wkwkwk

 

Kang Sabarikhlas

Hari Musik Nasional, handsfree nempel ditelinga saya mengalun lagu 'The Reason' Hoobastank.. ....I'm not a perfect person There's many things I wish I didn't do.... But I continue learning... tiba² "Wooiii..Kang, nglamun ya..” "Enggak kok, saya lagi merenung,.. anu, saya lagi mbatin juru selamat". "Juru selamat di gereja Kang wkwk" Cak Di ngomong sambil pergi lagi.. duh, mungkin benar seperti di CHD cari juru selamat butuh hubungan tingkat dewa...lha wong hubungan saya cuma tingkat giras sasetan.. ya sudah, que serra serra... Ditelinga mengalun lagi lagu, "Terminal Madiun Ngawi kenanganku.. Ora bakalan aku nglalekake.. Mbiyen jaman semono aku duwe sesuatu Nanging wis ilang tapi pingin sesuatu....

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 279

  • Ari Novianto
    Ari Novianto
  • Wanda Dhia A
    Wanda Dhia A
  • Nawang Arie
    Nawang Arie
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • Hendro Waluyo
    Hendro Waluyo
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Liam Then
    Liam Then
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • daeng romli
    daeng romli
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • yea aina
      yea aina
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Amat K.
    Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
  • Liam Then
    Liam Then
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Amat K.
      Amat K.
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
  • daeng romli
    daeng romli
  • donwori
    donwori
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Liam Then
      Liam Then
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Liam Then
      Liam Then
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Amat K.
      Amat K.
    • Fa Za
      Fa Za
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • yea aina
      yea aina
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • Liam Then
      Liam Then
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • yea aina
      yea aina
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
  • Amat K.
    Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Liam Then
      Liam Then
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Re Hanno
    Re Hanno
  • Lusy Anggraini
    Lusy Anggraini
    • Jo Neka
      Jo Neka
  • yea aina
    yea aina
    • yea aina
      yea aina
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • yea aina
      yea aina
  • Pakdhe joyo Kertomas
    Pakdhe joyo Kertomas
  • Mahmud Al Mustasyar
    Mahmud Al Mustasyar
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Amat K.
      Amat K.
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Re Hanno
      Re Hanno
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Amat K.
      Amat K.
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Amat K.
      Amat K.
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • Liam Then
      Liam Then
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • WIRA
    WIRA
  • doni wj
    doni wj
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
  • Jo Neka
    Jo Neka
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Rasyid Farhan
    Rasyid Farhan
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Amat K.
    Amat K.
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Amat K.
      Amat K.
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Tomat
    Tomat
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • ALI FAUZI
    ALI FAUZI
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
  • Zak cen Fu
    Zak cen Fu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Multi Suk
    Multi Suk
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • ALI FAUZI
      ALI FAUZI
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Amat K.
      Amat K.
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
  • Ulil Abshor
    Ulil Abshor
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Amat K.
    Amat K.
  • Maman Lagi
    Maman Lagi
    • Maman Lagi
      Maman Lagi
  • Fa Za
    Fa Za
  • Impostor Among Us
    Impostor Among Us
    • Andri Wijayanto
      Andri Wijayanto
  • WASITH channel
    WASITH channel
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Maman Lagi
      Maman Lagi
    • Amat K.
      Amat K.
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Jo Neka
      Jo Neka
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Fauzan Samsuri
    Fauzan Samsuri
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Amat K.
      Amat K.
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
  • Dwi Sasongko
    Dwi Sasongko
  • hari purwani
    hari purwani
  • alasroban
    alasroban
  • rid kc
    rid kc
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • ra tepak pol
    ra tepak pol
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Agus Suryono
      Agus Suryono