Hindari dari Sekarang! 7 Sayuran Ini Bahaya Bagi Penderita Asam Urat, Nomor 5 Sering Dikonsumsi

Hindari dari Sekarang! 7 Sayuran Ini Bahaya Bagi Penderita Asam Urat, Nomor 5 Sering Dikonsumsi

Kaki Penderita Asam Urat, Image oleh cnick dari Pixabay—--

5. Tomat

Tomat mengandung asam askorbat, yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Penderita asam urat sebaiknya mengurangi atau menghindari mengonsumsi tomat secara berlebihan.

BACA JUGA:Satgas Pangan Polri Pantau Stabilitas Harga Bapok Jelang Ramadhan

6. Buncis

Buncis juga termasuk sayuran yang mengandung zat purin. Konsumsi buncis dapat meningkatkan risiko flare up atau kambuhnya asam urat pada penderita.

7. Brokoli

Brokoli dianggap sebagai sayuran yang kaya nutrisi. Namun, buat penderita asam urat, brokoli justru berbahaya.

Seperti dikutip dari Stylecraze, tiap 100 gram brokoli mengandung 81 miligram purin.

Catatan:

Sebagai alternatif, penderita asam urat dapat mengonsumsi sayuran dengan kandungan purin rendah seperti sayuran hijau, mentimun, wortel, labu, dan kentang. 

BACA JUGA:Asyik! Harga BBM Terbaru Turun 1.200 per Liter, Mobil Pribadi Bisa Konsumsi Pertalite dan Solar 20 Liter per Hari, Begini Caranya..

Selain itu, konsumsi air putih yang cukup dan mengurangi konsumsi alkohol juga dapat membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa menghindari sayuran yang berpotensi berbahaya bagi penderita asam urat tidak berarti harus sepenuhnya dihindari. Konsumsi dengan jumlah yang tepat dan tidak berlebihan masih dapat dilakukan. 

Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat terkait pola makan yang sehat dan sesuai untuk penderita asam urat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: