AKBP Dody Heran Teddy Minahasa Beri Perintah Sisihkan Sabu Barang Bukti untuk Bonus Anggota, Hakim: Sangat Lazim di Institusi Kepolisian?

AKBP Dody Heran Teddy Minahasa Beri Perintah Sisihkan Sabu Barang Bukti untuk Bonus Anggota, Hakim: Sangat Lazim di Institusi Kepolisian?

Dody Prawiranegara Mengaku Tidak Dapat Sepeser pun di Kasus Peredaran Sabu Teddy Minahasa-Andrew Tito-

JAKARTA, DISWAY.ID - Terdakwa kasus peredaran narkoba jaringan Teddy Minahasa, AKBP Dody Prawiranegara menjelaskan kepada majelis hakim bahwa dirinya heran dengan keputusan Teddy Minahasa yang menugaskannya untuk menyisihkan sebagian barang bukti sabu yang kemudian diruntuhkan sebagai bonus anggota.

Keterangan tersebut diutarakan terdakwa Dody dalam sidang atas kasus peredaran narkoba yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu 15 Maret 2023.

"Tadi awalnya ada perintah penyisihan, ya. Saudara berpikir tidak untuk diperjualbelikan? Berpikir untuk bonus anggota itu bonus buat dipake atau gimana?" Tanya majelis hakim kepada terdakwa Dody.

BACA JUGA:AKBP Dody Tangisi Karier Polri Berakhir Gegara Kuasa Teddy Minahasa: Selesai Sudah Nggak Bisa Berbuah Apa-apa Lagi

"Saya juga berpikir pada saat itu ini apa anggota disuruh nyabu semua apa seperti apa. Dalam hati Yang Mulia 'Ini apa anggota disuruh nyabu semua', anggota saya nggak ada yang nyabu Yang Mulia," jawab terdakwa Dody kepada majelis hakim.

Dody yang mengaku seperti dipaksa untuk mengambil sebagian barang bukti sabu, oleh atasannya yang juga menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat tersebut akhirnya tidak bisa berbuat banyak dan dengan terpaksa menuruti perintah Teddy Minahasa

"Saya bilang ya sudahlah daripada saya berdebat terus saya bilang nggak berani, terus saya bilang saya upayakan. Jadi saya keluar (dari ruangan) nggak lama, Yang Mulia," ujar Dody dalam persidangan. 

Hakim yang heran dengan jawaban Dody kemudian kembal bertanya kepada Dody apakah penyisihan barang bukti sabu untuk bonus anggota, merupakan hal yang sangat lazim dilakukan di Institusi kepolisian?

BACA JUGA:Kompaknya, Linda Akui Teddy Minahasa Bersiasat Datangi Bos Pabrik Sabu di Taiwan Hanya Berdua, Terus Todong 100 Miliar: Ada Bukti Paspornya Kok

Menjawab pertanyaan majelis hakim, Dody menjelaskan hal itu hanya disebut oleh Teddy. 

"Itu dari Teddy Minahasa, Yang Mulia. Dari Teddy yang bilang begitu, 'Biasalah, anggota kalau ada dapat itu nyisihkan'. Itu kata dia, bukan kata saya,” ujarnya.

Dody menegaskan dalam persidangan, selama dirinya menjadi anggota polisi dan sudah pernah beberapa kali melakukan pengungkapan kasus narkoba, Dody mengaku sama sekali tidak pernah menyisihkan barang bukti narkotika.

"Sepengetahuan saya nggak ada Yang Mulia. Selama saya jadi polisi nggak ada, saya pernah nangkap ganja 25 kilo bersih, dimusnahkan di Kajari Bukittinggi bersih," ujar Dody. 

BACA JUGA:Skenario Busuk Teddy Minahasa Terbongkar, Telpon Ayah dan Istri Dody Prawiranegara Untuk Salahkan Anita Serta Arif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: