Riyadh Muda

Riyadh Muda

--

SETELAH membeli Newcastle United, pangeran yang Anda kenal baik itu akan membuat hat-trick: membangun airline baru, bandara baru, dan kota masa depan baru.

Yang terakhir itu Anda sudah tahu: Neom. Yang terbaru adalah ambisinya untuk mengalahkan tiga perusahaan penerbangan sohibnya sendiri: Emirates, Etihad, dan Qatar Airways. Dua yang lainnya lagi ia anggap kecil: Oman Air dan Gulf Air.

Pangeran Mohammed bin Salman Al Saud pilih jalan paling cepat: mendirikan perusahaan penerbangan baru saja. Riyadh Air. Dari pada membesarkan perusahaan yang sudah berdiri lama: Saudia Airlines.

Membenahi Saudia mungkin dianggap ruwet. Sejarahnya sudah begitu panjang. Lebih tua 50 tahun daripada Emirates. Tapi Saudia seperti dilindas habis si pendatang baru.

Maka dalam sekejap, Riyadh Air akan dilahirkan langsung besar. Riyadh Air langsung membeli 200 pesawat. Semua pesawat berbadan lebar: Boeing 787 Dreamliner dan Airbus 350.

Dengan memilih tipe pesawat seperti itu tujuannya jelas: menguasai jalur penerbangan internasional. Ia akan menjadi hub untuk penerbangan Asia, Eropa, dan Afrika.

Itu berarti Riyadh Air akan berusaha menggeser Emirates milik Uni Emirat Arab. Negara sekecil Dubai memang mengejutkan: dalam waktu pendek berhasil melahirkan perusahaan penerbangan terbesar di dunia.

Bahkan UEA yang begitu kecil dibanding Arab Saudi masih juga punya Etihad: di Abu Dhabi. Etihad memang tidak sesukses Emirates. Etihad mensponsori Manchester City sedang Emirates memilih Arsenal.

Bagi penumpang dari Indonesia lahirnya Riyadh Air membuat pilihan semakin banyak. Terutama untuk tujuan umrah, ke Eropa atau pantai timur Amerika. Juga untuk terbang ke Afrika dan pantai timur Amerika Latin seperti Rio de Janeiro.

Untuk tujuan-tujuan tersebut lewat Qatar, Dubai, Abu Dhabi, Oman atau kelak lewat Riyadh sama saja. Lima bandara itu letaknya di sekitar situ-situ juga. Saya pernah ke Amerika lewat Qatar, Dubai, dan Abu Dhabi. Ke Eropa lewat Oman. Tidak ada bedanya. Tinggal lewat Riyadh yang belum. Dua kali lewat Riyadh hanya untuk ke Madinah.

Belakangan saya lebih sering memilih Emirates karena pesawatnya: Airbus 380. Emirates memang pemilik terbanyak pesawat yang belum bisa mendarat di Indonesia itu.

Tapi jenis pesawat A380 sudah tidak diproduksi lagi. Riyadh Air memilih Boeing 787 Dreamliner. Tidak ada yang istimewa. Japan Airlines atau All Nippon Airways sudah lama memilikinya.

Mungkin Riyadh Air akan memainkan desain interiornya. Agar sama-sama 787 tapi beda rasa.

Itu terlihat di pengaturan interiornya A380. Saya pernah naik A380 dari Frankfurt ke Beijing. Milik South China Airlines. Rasanya begitu beda dengan pesawat sejenis milik Emirates. Emirates bisa mendesain A380 begitu mewahnya.

Keunggulan yang akan dimainkan Riyadh Air adalah bandaranya. Kemegahan bandara Dubai Anda sudah tahu. Jauh mengalahkan Abu Dhabi, Muscat di Oman, maupun Doha di Qatar.

Maka Riyadh Air tidak akan menggunakan bandara International Riyadh yang sekarang. Yang namanya King Khalid International Airport.

Pangeran Mohammed bin Salman pilih membangunkan bandara baru untuk Riyadh Air. Luasnya 57 km2. Landasan pesawatnya jejer enam sekaligus. Tiga untuk mendarat bersamaan, tiga untuk takeoff bersamaan.

Bandara baru itu diberi nama sama dengan nama ayahnya: King Salman International Airport.

Rasanya baru di Riyadh nanti ada bandara sampai punya enam runway. Bandara besar Heathrow London hanya punya 2 runway. Bandara John F. Kennedy New York punya empat runway. Bandara Atlanta punya 5 runway.

Ups, saya lupa, bandara Chicago O'Hare punya 8 runway. Dan semua itu kalah dengan bandara Morotai di Maluku Utara: punya 9 runway. Begitu pentingnya Morotai pada masa perang dunia kedua.

Juanda Surabaya belum juga bisa membangun runway kedua. Akibatnya sampai sekarang belum ada penerbangan malam dari dan ke Juanda. Sampai tiga bulan ke depan waktu malam di Juanda dipergunakan untuk perbaikan landasan.

Membangun bandara sekaligus enam landasan di Riyadh apalah sulitnya. Mau 15 landasan pun bisa. Tanah ada. Uang ada. Kemauan Pangeran Mohammed sangat besar. Tidak ada satu pun yang meragukan rencana itu tertunda.

Siapa CEO Riyadh Air pun sudah diputuskan: Tony Douglas. Jabatan terakhirnya: CEO Etihad. Sebelum itu ia sudah muter-muter di berbagai jabatan terkait perusahaan penerbangan di jazirah Arab.

Meski kelihatannya akan saling bunuh di sesama tetangga Arab bisa juga semua itu mengurangi pasar perusahaan penerbangan Asia. Sejak ada Emirates, Qatar, dan Etihad saya belum pernah naik Singapore Airlines. Sudah begitu lama. Tentu banyak juga yang seperti saya.

Pangeran Mohammed kelihatannya begitu sadar: Arab Saudi lebih besar segala-galanya dibanding semua tetangganya yang mini-mini itu. Tapi mengapa kalah segala-galanya.

Anak muda memang beda. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 20 Maret 2023: Bisikan Partner

 

Agus Suryono

PBB LAGI NGAPAIN..? Seharusnya DIA yang ngurus hubungan antar negara. Apabila mereka sedang TIDAK BAIK-BAIK saja.. Nyatanya, mereka lebih sering diam seribu basa.. Saat ada negara yang dianggap NAKAL. Polisi dunia membuat kelompok MULTILATERAL. Tuk menghajar si anak nakal. #dan PBB diam seakan hilang akal..

 

hilman g

Kalau aja donal trump msh presien amrik hampir pasti rusia ngga akan nyerang ukraina. Sdh terbukti jaman trump ngga ada perang, amrik malah menarik pasukan dr afganistan. Trump cuman bikin rame twitter tanpa bedil dan korban jiwa. Trump jg bikin berkah untuk Indonesia, banyak perusahaan hengkang pindah ke Indonesia. Jd seharusnya Indonesia mendukung trump jd presiden amrik lg spy investasi PMA meningkat. Piiiisssss...

 

Kalender Lengkap

Perang Ukraina-Rusia agak sulit jalan keluarnya karena sudah sampai pada level kemaluan. Ukraina malu kalo ga mampu mengusir Rusia dari wilayah sebelum Feb 22, dan Rusia malu kalau harus menyerahkan wilayah yang terlanjur dicaplok. Sebenarnya ada jalan keluar ala ala wakanda yaitu cari kambing hitam. Caranya, cari inisiator perang atau kalo ga ketemu buat aja sandiwaranya. Trus sang inisiator dipersalahkan kalo perlu dipenjara di penjara jadi-jadian. Anggaplah perang kemaren salah kebijakan dari pribadi inisiator, lalu pasukan diperintah mundur dari wilayah caplokan. Beress...

 

bagus aryo sutikno

Hari ini bukan kabar mr Xi yg saya tunggu. Atau tentang Putin. Cuma 1 kabar yg ingin saya dengar, Boss Dahlan dah kondur pulang dari umroh nopo dereng..? Kalau dah pulang, hambok yaa masing2 perusuh dikirimi 5 Kg kurma Tunisia. Alamat biar mBak Pipit yg ngurusi. Itung2 ate Ramadhan boss. Khusus Bli Leong dan cak Mul, cukup 1 Kg saja. Tapi kurma'ne sak pelepah dan oyotnya Boss. Suwun nggih. Happy Ramadhan Boss'q. #kawan2, alus rung lek'ku malak mantan Boss PLN..?

 

bagus aryo sutikno

Respon istri saat diajak perang. Istri seorang nakes. : Si Johnny dah di-disinfektan belum Yank. Hayoo sana di-clean UP. Istri pegawai telkom : Duuh kok putus nyambung githu sich. Jangan RTO donk Yank. Istri seorang guru TK : Gimana Yank udah siap belum, sini saya bantu. Pelan2 saja. . Wahai Jomblo Fisabilillah, carilah istri guru TK, DIJAMIN.

 

bagus aryo sutikno

Andai saja dubes Amrik baca Disway lalu scrool komen ini, kira2 misu2 ndak ya wak dubesnya.

 

hoki wjy

nampaknya di 2023 ini China lebih keras dalam mengkritik Amerika misalnua Menlu China mengejek Amerika yg rajin mengirim senjata ke Ukraina dan Taiwan tapi melarang China mengirim senjata ke Rusia Begitu Presiden XI yg biasanya tdk berkomentar tentang Amerika karena biasanya diwakili oleh jubir menlunya, Xi menuduh Amerika melakukan politik penahanan dan penindasan terhadap China dan China harus berani berperang! dan China barusan secara terang2an mengejek Amerika karena jendral China Li Shangfu yg disanksi oleh Amerika justru diangkat menjadi Mentri pertahanan China.tentu Amerika akan bingung bagaimana caranya supaya bisa berkomunikasi dg Mentri pertahanan tsb.jika Amerika mau berkomunikasi dg Mehan LI Shangfu itu akan buat Amerika malu begitu juga jika sanksi terhadap Li shangfu dicabut dulu itu juga akan merendahkan martabat Amerika.

 

Juve Zhang

Pilot Pesawat tempur Rusia cerdik ,coba bagaimana tidak menembak drone Amerika tapi hanya menciprati nya dengan avtur ,luar biasa, baru tahu tekniknya menjatuhkan tanpa menembak, karena menembak akan menyatakan perang,tapi menciprati aman aman saja, kalau ini jelas meniru petugas pajak Indonesia yg "menciprati" 300 triliunan ke mana mana , sehingga Bu Captain pun ikut basah baju nya kena "cipratan" . Ciprat menciprati memang ilmu teknik tingkat tinggi, kemungkinan tak semua "pilot" mampu melakukan. Ternyata baju basah "kecipratan" kadang bikin hati senang bukan marah ke yg "nyiprati" toh Amerika pun tak marah drone nya di "ciprati" avtur. Wkwkwkw. rRusia akan mengambil potongan Drone itu di kedalaman laut 1500 m. Lagi lagi teknik canggih akan digunakan, kalau ini bisa minjam alat angkut crane punya om Jinping yg mampu ambil sampai 4000 m.

 

Jimmy Marta

Pak Mario. Kebebasan ala Amerika, levelnya sangat beda. Seagal masih tetap bebas merdeka dan tetap aman nyaman. Kalau di China Seagal pasti gk ada. Jika berani2, anda pasti tahu akan spt apa. Hilang atau menghilangkan diri. Nah di kita, ini tentu lebih asik. Sekelas bebas SS mungkin gk ada. Tapi tegas keras terhadap 'pengkhianat' negara juga belum ada. *Korupsi dan Narkoba adalah kejahatan extra ordinary. Pengkhianatan terhadap negara.

 

Fiona Handoko

bpk jimmy. memang banyak orang munafik seperti steven seagal. mengkritik amerika (negara sendiri, tempat tinggalnya), memuji muji rusia. kalau memang tidak suka di amerika, ya pindah saja ke rusia. presiden xi jinping juga selalu memuji muji kemajuan teknologi china, bahwa tsinghua univ sudah sejajar MIT. eeh, putrinya konon kuliah di harvard, amerika. ada juga tka tka di astina. yang selalu memuji negara asalnya. lhaa diam diam sang tka coba coba cari ktp astina dengan 1001 cara. lucunya, ada juga politikus astina yang berambisi jadi presiden. menjelek jelekkan astina di negeri seberang.

 

thamrindahlan

Selama Petang XI JINPING menurut teori Abraham Maslow (1943) sudah sampai di puncak tertinggi kebutuhan manusia (Self Actualization Need). Dalam posisi itu kelas Presiden China 3 periode ini sudah berada di elite Internasional. Sosok Xi sangat berpengaruh melebihi PƁB. China sudah pasti tidak menghendaki terjadi perang ( dunia.) . Xi memikirkan bagaimana produksi dalam negri tetap lancar di konsumsi rakyat sedunia. Tujuan mulia Mr Jinping agar rakyat cina yang terbanyak itu tetap aman memenuhi kebutuhan dasar (basic need). SPP = Sandang Pangan Papan Perihal bisik membisik kelas nasional anda sudah tahu. Ring satu istana formal atau non formal menjadi pembisik utama (diminta atau tidak) Ya sudah sampai disini dulu soal pembisik. Mr Xi Jinping berpeluang menerima hadiah nobel perdamaian dunia seandainya berprestasi menghentikan perang Rusia Ukraina.. Sekaligus menyelamatkan Mr Putin dari ancaman Kejahatan Perang. Kita tunggu hasil kunjungan Mr Xi. ke Rusia. Semoga memberikan kabar baik untuk Amerika Serikat dan 8 Milyard penduduk dunia. Salamsalaman

 

Lusy Anggraini

Jalan-jalan ke tepi pantai// Janganlah lupa cari mutiara// Jangan perang marilah berdamai// Agar hidup tenang dan sejahtera// Pergi ke Madura beli sapi// Perginya sama si Kiki// Hari ini komentar sepi// Seperti hati belum ada yang miliki// Sungkem dulu sama para perusuh suhunya pantun, hehe

 

HANVINCY ADNOV

Yang menjadi masalah seandainya loby China melalui Menlu n Presiden China berhasil untuk memaksa Rusia n Ukraine berunding dengan hasil yg positif, maka pertanyaanya Barat mau mencabut sanksi2 ke Rusia apa nggak? Padahal perang sudah berdarah-darah menggenang di bumi n air mata pun sudah tidak bisa menetes karena sebelumnya sudah terlalu sering menangis. Or akhirnya sesuai ramalan 2023 Dmitry Medvedev akhirnya Ukraina Barat bergabung dg Polandia n Hungaria.. yang menurut sy logis sih karena itulah salah satu cara untuk menyelamatkan rakyat Ukraine bergabung dg NATO walaupun dg cara menggabungkan diri dg salah satu negara NATO. Yaa.. minimal usaha China bisa menghasilkan gencatan senjata. Dan membisikan kalau mau menyerang Taiwan karena sedang esmossi dg akan adanya kunjungan Mentri Jerman ke China he3x.

 

Lusy Anggraini

Dunia akan damai jika laki-laki hanya mencintai satu wanita, karena dengan demikian bisa mengurangi pertumpahan darah yang terjadi dimana-mana. Wkwk

 

Komentator Spesialis

Dari perang kali ini yang saya tahu : 1) Ternyata senjata Rusia canggih. 2) Ternyata drone Iran luar biasa 3) Pesawat dan helikopter hanya menjadi barang rongsok di pertempuran menghadapi missile dan radar. 4) Canggihnya senjata yang dipakai tidak serta merta menuntun kepada kemenangan. Tetap perang daratenjadi kunci. 5) Lebih baik beli drone daripada beli pesawat terbang.

 

Alfi Nur Afifah

Setiap peperangan akan tercatat dalam sejarah. Dan mungkin perjuangan menjaga perdamaian ini akan dilupakan sejarah, tapi itu jauh lebih baik dari sebuah peperangan yang diingat sejarah

 

daeng romli

ICC menjadikan Vladimir Putin Presiden Rusia sebagai penjahat perang international karena invasinya di Ukraina. Sebagaimana ICC menjadikan Slobodan Milosevic yg presiden Yugoslavia/Srebia. Tapi rasanya Nasib Putin tdk akan sama dgn Milosevic. Rusia/Putin tentu punya bargaining yg beda dgn Milosevic/Srebia, Rusia punya segalanya jika dibandingkan dgn Srebia, disamping hak veto nya, blm lagi ditambah negara2 pendukung Srebia. Jadi yg dikeluarkan ICC bahwa Putin hanya sebagai status saja. wes ngono ae Bah....... #ikujareaku #salamsejahterauntuksemua

 

Jimmy Marta

Dibalik gunung ada sawah/ Sawah nya berrawa ditumbuhi jelaga/ Yang menggantung pastilah buah/ Yg selalu dibawa pasti barang berharga.

 

Liam Then

Mr.Putin, Mr.Xi, dan mungkin Erdogan. Tiga pemimpin besar berciri sama. Dalam hal kekuasaan. Di Amerika, seberhasil apapun pemimpinnya, semua sesuai aturan perundangan. Di Rusia, China, Turkiye. Sebaliknya perundangan mengadaptasi penguasa yang di anggap berhasil. Entah mana yang lebih baik, masing-masing demi negaranya sendiri. Memikirkan perang di Rusia dan Ukraina. Jika dengan kemanusiaan sebagai dasar, tidak akan nyambung. Karena perang mengorbankan jiwa manusia. Perang Rusia-Ukraina lebih baik di pikirkan , sebagai wujud gambaran besar. Di alam pikiran para penguasa, mereka semata hanya bermain catur kehidupan, demi teritori, jiwa manusia hanya "collateral" yang lazim. Dan gambaran kecil, bahwa para pemimpin besar itu juga manusia fana, penuh ketakutan dengan masa depan bayangan mereka. Juga termasuk Amerika. Juga gambaran khusus manusia, yang suka berspekulasi dan mencoba mengantisipasi masa depan. Kombinasi gambaran besar, kecil dan khusus inilah yang menyebabkan , perang masih berkecamuk di banyak belahan dunia. Padahal, sejatinya,jika semua demi kemanusiaan, di bumi ini, manusia bahkan tak butuh negara, yang kalau di pikirkan, itu hanya bentuk lain kerangkeng, menghambar ruang gerak manusia. Yang di kata ber- hak asasi sama.

 

Riyono ,SKP

Penjahat perang? Sedang perang itu sendiri sudah suatu kajahatan. Pahlawan di pihak sana adalah penjahat di pihak sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 328

  • Lagarenze 1301
    Lagarenze 1301
  • Maulidyatus Sholikhah
    Maulidyatus Sholikhah
  • Ari Novianto
    Ari Novianto
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Liáng - βιολί ζήτα
    Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Liam Then
      Liam Then
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Er Gham
    Er Gham
  • Alon Masz Eh
    Alon Masz Eh
  • Aidah Hadyu Makhillah
    Aidah Hadyu Makhillah
    • Ulul Faizzah
      Ulul Faizzah
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • Liam Then
    Liam Then
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
  • Wanda Dhia A
    Wanda Dhia A
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Liam Then
      Liam Then
    • yea aina
      yea aina
  • Wanda Dhia A
    Wanda Dhia A
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • yea aina
    yea aina
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
    • yea aina
      yea aina
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • yea aina
    yea aina
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Liam Then
    Liam Then
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Liam Then
      Liam Then
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • Lukman Nugroho
    Lukman Nugroho
    • Liam Then
      Liam Then
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Fiona Handoko
      Fiona Handoko
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • yea aina
    yea aina
    • yea aina
      yea aina
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Macca Madinah
    Macca Madinah
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Nimas
      Nimas
  • Alfi Nur Afifah
    Alfi Nur Afifah
  • Alfi Nur Afifah
    Alfi Nur Afifah
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • yea aina
      yea aina
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Lusy Anggraini
    Lusy Anggraini
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neka
      Jo Neka
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • daeng romli
    daeng romli
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Muh Nursalim
      Muh Nursalim
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Nimas
      Nimas
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • Liam Then
      Liam Then
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • yea aina
      yea aina
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Lusy Anggraini
    Lusy Anggraini
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
    • Lusy Anggraini
      Lusy Anggraini
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • yea aina
    yea aina
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • yea aina
      yea aina
    • yea aina
      yea aina
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Liam Then
      Liam Then
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Purnomo Inzaghi
    Purnomo Inzaghi
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jo Neka
      Jo Neka
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Nimas
      Nimas
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
  • Fajar Kusumo
    Fajar Kusumo
  • kritikItuSehat
    kritikItuSehat
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • KEY
      KEY
    • Riyono ,SKP
      Riyono ,SKP
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
  • Riyono ,SKP
    Riyono ,SKP
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • KEY
      KEY
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Liam Then
      Liam Then
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Jo Neka
    Jo Neka
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • kritikItuSehat
      kritikItuSehat
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • alasroban
      alasroban
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • KEY
      KEY
  • Er Gham
    Er Gham
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jo Neka
      Jo Neka
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • alasroban
      alasroban
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • alasroban
      alasroban
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • hilman g
    hilman g
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • SUGIRAN dipoleksono pepak
    SUGIRAN dipoleksono pepak
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Mahmud Al Mustasyar
      Mahmud Al Mustasyar
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
  • Kausar Azima
    Kausar Azima
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • mz arifinuz
    mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
    • mz arifinuz
      mz arifinuz
  • rid kc
    rid kc
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Amat K.
    Amat K.
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Gregorius Indiarto
      Gregorius Indiarto
    • Nimas
      Nimas
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna