Susunan Pangkat Polisi, Berikut Urutan dari Bharada Hingga Jenderal

Susunan Pangkat Polisi, Berikut Urutan dari Bharada Hingga Jenderal

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaporkan dalam upaya yang telah dilakukan Polri-TNI untuk membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens.-Dok Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ada jenjang kepangkatan dari tantama, bintara hingga perwira. 

Jenjang kepangkatan atau susunan pangkat polisi tersebut saat ini tertuang dalam Peraturan Polri Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Susunan pangkat polisi biasanya secara kasat mata bisa dilihat dari atribut atau tanda yang berbeda untuk masing-masing kepangkatannya.

BACA JUGA:Cara Daftar KTP Digital dan Mendapatkan QR Code Aktivasi dari Disdukcapil

Begitu juga dalam mutasi dan rotasi, pangkat personel kepolisian juga menjadi pertimbangan penting.

Seperti yang dilakukan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si belum lama ini.

Kapolri memutasi sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah anggotanya untuk mendapatkan rotasi jabatan. 

Adapun mutasi ialah pemindahan anggota dari suatu jabatan ke jabatan lain atau antar daerah.

Disebutkan, pertimbang salah satunya yaitu bahwa salah satu sistem pembinaan karier anggota Polri dilaksanakan melalui mutasi pada setiap jenjang kepangkatan secara rutin dan insidentil.

Demikian berdasarkan kebutuhan organisasi atau pertimbangan kepentingan individu anggota sesuai persyaratan yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Terbaru! KUR BNI 2023 Tersedia Plafon Rp 100 Juta Tanpa Agunan dan Cicilan 60 Bulan, Pengajuannya Bisa Online

Berikut ini susunan pangkat polisi mulai dari pangkat prajurit hingga pimpinan:

1. Susunan Pangkat Polisi Tantama

Dalam posisi pangkat Tantama Polisi dituntut untuk menjadi prajurit yang paling siap atas perintah atasan. Memiliki loyalitas tinggi, profesionalisme, terampir dan mahir menjadikan Tantama sebagai pelaksana tugas yang paling ulet, jujur dan pantang menyerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: