Bangkitkan Perekonomian Masyarakat, KNEKS Gelar National Halal Fair di 8 Provinsi

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat, KNEKS Gelar National Halal Fair di 8 Provinsi

Direktur KNEKS Sutan Emir Hidayat-Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bersama Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) akan melaksanakan kegiatan bertema National Halal Fair 2023 di delapan provinsi di Indonesia. 

Direktur KNEKS Sutan Emir Hidayat mengatakan delapan provinsi ini ada di DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Selatan, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Barat. 

BACA JUGA:Royal Enfield Buka Gerai Ekslusif Baru di Surabaya

Lebih lanjut, Emir mengatakan adapun hal yang melatarbelakangi dibuatnya kegiatan ini adalah karena 99 persen bentuk usaha di Indonesia merupakan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). 

"UMKM juga menyumbangkan lebih dari 60 persen PDB (Produk Domestik Bruto) nasional kita dan juga menyerap 96,9 persen tenaga kerja ditingkat nasional," kata Emir dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 21 Maret 2023.

BACA JUGA:Bidan Bohay Ikut Datangi Rumah Kades Saat Disuntik Mati Mantri RSUD Banten, Klarifikasi Hubungan Terlarang

Emir berharap kegiatan ini bisa membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM di bulan suci Ramadan.

”Sehingga juga kita bisa gunakan untuk pajang memperkuat tali silaturahmi kita. Nasional Halal Fair 2023 juga insyaallah akan diselenggarakan secara serentak di 8 provinsi di bulan Ramadan,” tambahnya.

Emir menambahkan, National Halal Fair menjadi sarana menyinergikan agenda Ramadhan daerah untuk mendukung literasi ekonomi syariah.

BACA JUGA: Sejarah Kebudayaan Islam: Ada Keragaman dan Toleransi dalam Penentuan Awal Ramadan

Emir mengatakan rangkaian kegiatan National Halal Fair tersebut meliputi Nusantara Bazar. Nantinya kegiatan tersebut meliputi jual beli oleh masyarakat dan pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman, modest fashion, dan aksesoris. 

"Lalu juga literasi untuk meningkatkan pemahaman ekonomi dan keuangan syariah. Beberapa diantaranya melalui dongeng penerapan ekonomi syariah, konsultasi halal, perencanaan keuangan, kultum menjelang berbuka puasa, dan spot foto yang bisa di akses oleh seluruh pengunjung," ungkap Emir.

Selain itu juga ada kompetisi yang merupakan kompetisi lomba bertema Ramadhan seperti Lomba Da’i Cilik, Lomba Adzan, Lomba Menggambar, Lomba Fotografi untuk anak-anak usia 6-15 tahun. Selain itu juga Talkshow membahas tentang ekonomi dan keuangan syariah serta penerapan gaya hidup halal. 

BACA JUGA:Rian Mahendra Resmi Gabung PO Kencana Usai Dipecat Haji Haryanto, Gebrakannya Langsung Buka Jalur dan Jual Bus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: