Amalan Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah Rasulullah

Amalan Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah Rasulullah

Pada bulan Ramadhan juga sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah atau melakukan amalan bulan Ramadhan sesuai Sunnah Rasulullah. -freepik-

Selain itu Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah mengatakan, ‘Sebab keberkahannya adalah karena sahur dapat menguatkan orang yang berpuasa, menggiatkannya, dan membuatnya ringan menjalankannya’.

2. Tadarus Al-Qur'an dan Mengkhatamkannya.

Bulan Ramadhan adalah bulan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan  Al-Qur'an, dikarenakan pada saat itu Al-Qur'an diturunkan. 

Oleh karena itu, tadarus atau membaca sekaligus mengkaji Al-Qur’an adalah hal yang sangat utama dan telah menajadi kegiatan utama sejak masa Rasulullah dan generasi terbaik.

Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma menceritakan:

وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

"Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya. (H.R. Bukhari No. 3220)

BACA JUGA:Perluas Jaringan, Chery Indonesia Resmikan Diler Kedua di Surabaya

BACA JUGA:Reaksi Nagita Slavina di Luar Dugaan Tahu Raffi Ahmad Diisukan Selingkuh dengan Mimi Bayuh, Sampai Sebut-sebut Allah SWT

3. Bersedekah.

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam juga memberikan contoh akan akhlak yang luar biasa yaitu kedermawanan. 

Saat memasuki bulan Ramadhan, kedermawanan Rasulullah seperti angin berehembus, di mana Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma, menceritakan:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَأَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya.

 Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus. (HR. Bukhari No. 3220)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: