Amalan Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah Rasulullah

Amalan Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah Rasulullah

Pada bulan Ramadhan juga sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah atau melakukan amalan bulan Ramadhan sesuai Sunnah Rasulullah. -freepik-

JAKARTA, DISWAY.IDBulan Ramadhan atau bulan puasa dimana menjadi bulan suci dan bulan beribadah.

Selain diwajibkan menjalani puasa, pada bulan Ramadhan juga sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah atau melakukan amalan bulan Ramadhan sesuai Sunnah Rasulullah.

Barang siapa yang mengerjakan ibadah di dasari iman dan ihtisab (mengharap pahala dari Allah) maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Pada bulan Ramadhan ini pahala amal ibadah juga akan dilipatgandakan, di mana orang yang mengerjakan ibadah serta amalan bulan Ramadhan sesuai Sunnah Rasulullah sunnah pahalanya diganjar dengan pahala yang dilipatgandakan.

BACA JUGA:Tata Cara Salat Tarawih 11 Rakaat di Rumah, Berikut Doa Setelah Salat Tarawih dan Witir

BACA JUGA:Kemenag Ungkap Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji Mencapai 80 Persen

Menurut Ustaz Farid Nu'man Hasan ada banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Ramadhan dan ganjaran pahalanya berlipat ganda. 

Amalan bulan Ramadhan sesuai Sunnah Rasulullah di antaranya termasuk sunnah qauliyah dan fi'liyah. 


Bulan Ramadhan adalah bulan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Al-Qur'an, dikarenakan pada saat itu Al-Qur'an diturunkan. -freepik-

Berikut amalan-amalan Sunnah di bulan Ramadhan.

1. Bersahur.

Dalam HR Al-Bukhari No. 1923, Muslim No. 1095, dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhu mengungkapkan bahwa Rasulullah shallallahu 'laihi wa sallam bersabda, ‘Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan’.

Rasulullah SAW juga bersabda:

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

"Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah 'Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur. (HR. Ahmad dari Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiallahu 'anhu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: