Simak! Hukum Menyikat Gigi saat Berpuasa Ramadan, Kapan Waktu yang Tepat?

Simak! Hukum Menyikat Gigi saat Berpuasa Ramadan, Kapan Waktu yang Tepat?

Ilustrasi: Sikat gigi-Pixabay/@slavoljubovski -

Menyikat gigi setelah berbuka puasa

Setelah berbuka puasa, diperbolehkan untuk menyikat gigi. Rasulullah SAW sendiri seringkali menyikat gigi setelah berbuka puasa. Hal ini dibuktikan dengan hadis dari Anas bin Malik RA yang menceritakan, 

“Saya pernah berpuasa bersama Nabi Muhammad SAW. Ketika beliau berbuka, beliau memakan kurma sebelum shalat maghrib. Jika tidak ada kurma, beliau hanya minum air. Setelah itu, beliau menyikat gigi dengan siwak.” (HR. Bukhari).

BACA JUGA:5 Cara Jaga Tubuh Tetap Sehat saat Berpuasa, Bisa Bikin Anda Produktif Terus

Manfaat sikat gigi saat menjalankan ibadah puasa Ramadan:

1. Mencegah Bau Mulut

Salah satu manfaat sikat gigi saat puasa Ramadan adalah mencegah bau mulut. Saat puasa, kita tidak dapat makan atau minum selama beberapa jam, dan hal ini dapat menyebabkan produksi bakteri di mulut meningkat. 

Jika tidak membersihkan gigi secara teratur, bakteri di mulut dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Dengan sikat gigi secara teratur, kita dapat menghilangkan bakteri dan bau mulut yang tidak sedap.

2. Mencegah Penyakit Gusi

Ketika kita tidak membersihkan gigi secara teratur, bakteri di mulut dapat menumpuk dan menyebabkan peradangan pada gusi. Peradangan pada gusi dapat menyebabkan penyakit gusi, yang dapat menyebabkan gigi lepas atau bahkan kerusakan permanen pada gigi. 

Dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan sikat gigi, kita dapat mencegah penyakit gusi dan menjaga gigi tetap sehat.

3. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Saat kita menjalankan puasa Ramadan, kita mungkin lebih rentan terhadap masalah kesehatan gigi seperti gigi sensitif dan kerusakan gigi. Jika kita tidak membersihkan gigi secara teratur, bakteri dapat merusak lapisan gigi dan menyebabkan kerusakan permanen pada gigi. 

Dengan sikat gigi secara teratur, kita dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan gigi tetap optimal.

BACA JUGA:Anda Sedang Hamil Tapi Ingin Berpuasa? Awas, Kenali Risikonya Mulai Sekarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: