Mahfud Ilahi

Mahfud Ilahi

Respons Mahfud MD saat PPATK Endus Dugaan Transaksi Janggal di Kemenkeu-Instagram-

SOAL 349 ternyata belum sudah. Bola masih menggelinding. Arahnya masih ke sudut-sudut lapangan. Pemain bintangnya masih Menko Polhukam Mahfud MD.

"Dia itu membawakan kuasa Ilahi," ujar Romo Benny Susetyo, seorang pastor yang terkenal sebagai aktivis gerakan pembela masyarakat yang lemah.

Romo Benny menilai, tanpa membawakan kuasa Ilahi, Mahfud MD tidak akan mengungkapkan soal kecurigaan pencucian uang di Kementerian Keuangan senilai Rp 349 triliun itu.

Kalau hanya melihat kuasa duniawi, Mahfud akan terjebak pada aturan, prosedur dan tata krama. Kalau Mahfud berpegang kekuasaan di dunia, ia akan berkutat di dalam batas peraturan, etika, dan prosedur.

Secara peraturan, Mahfud akan dipersoalkan. Bolehkah seorang menko mengungkapkan soal itu. Secara etika pun demikian. Dan secara prosedur juga dipersoalkan.

Tapi kalau masalah sebesar itu tidak ada yang mengungkapkannya, bagaimana dengan hasil monitoring PPATK tersebut.

"Kuasa Ilahi di atas peraturan, etika, dan prosedur," ujar Romo Benny yang kelahiran Malang dan kini bertugas di keuskupan Semarang.

Kini usia Benny 44 tahun. Ia lulus sekolah tinggi teologi dan filsafat Widya Sasana Malang tahun 1996. Tugas pertamanya sebagai pastor di Situbondo. Yakni hanya seminggu setelah sembilan gereja dibakar di sana. Romo Benny punya misi khusus: membina keharmonisan baru di Situbondo. Tugas itu berhasil dijalankan, antara lain karena Benny dekat dengan Gus Dur.

Ia juga dekat dengan Mahfud MD yang pernah menjadi menteri di zaman Presiden Gus Dur. Benny tahu persis reputasi, integritas, dan kemampuan Mahfud. Termasuk kemampuannya membuat langkah kuda: agar sesuatu yang berpotensi terbengkalai menjadi tertangani.

Mahfud seorang loyalis yang kritis dan berintegritas.

Maka Mahfud tidak terlihat gentar sedikit pun. Kudanya juga bukan kuda liar. Ia terlihat cukup bijaksana.

Tokoh kelahiran Pamekasan ini tidak bisa ditantang. Ia balik tantang siapa pun, termasuk tokoh kritis sekelas Rizal Ramli.

Dan kini Mahfud menantang vokalis-vokalis DPR: Benny K. Harman, Arsul Sani, dan Arteria Dahlan.

"Jangan ada yang kabur ketika saya nanti datang ke Komisi III DPR," ujar Mahfud. "Mereka harus hadir saat dengar pendapat dengan saya nanti," tambah Mahfud.

Romo Benny sendiri memberi komentar soal kuasa Ilahi tadi justru untuk menanggapi pendapat tokoh-tokoh Komisi III itu. Kini Romo Benny sudah menyandang gelar doktor komunikasi dari Universitas Borobudur, Jakarta. Disertasinya: Konstelasi kekuasaan di balik komunikasi politik Jokowi dalam isu intoleransi. Analisis wacana kritis dalam politik identitas kasus Meliana 2016.

"Dimensi kuasa Ilahi bisa mengatasi kemungkinan terkuburnya kebenaran," ujarnya.

Maka rapat dengan komisi III DPR itu memang ditunggu banyak orang. Bisa juga banyak yang menginginkan agar rapat itu ditunda. Lalu ditunda lagi. Yang akhirnya terlewat dari jadwal sidang.

Perkembangan terakhir, rapat dengan Komisi III DPR itu dijadwalkan lusa: 29 Maret 2023. Kalau tidak ditunda lagi. Justru selama ini DPR sendiri yang menunda-nunda rapat itu. Semula tanggal 22 Maret. Lalu 25 Maret. Menjadi 29 Maret.

Dalam rapat itu bola memang bisa sangat liar. Bisa jadi pemain berbaju merah justru mengumpan bola ke baju putih. Atau sebaliknya. Pun kalau warna-warna itu begitu banyaknya sampai membuat para pemain bingung: mana kawan dan mana lawan.

Letak gawangnya pun masih belum jelas: di sini atau di sana. Di ujung atau di samping. Lalu bola harus digiring ke mana. Dan apakah harus terjadi gol. Atau biar saja 0-0.

Saya pikir keterangan terakhir Menkeu Sri Mulyani sudah bisa menjadi pemungkas. Ternyata bola masih di tengah. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 26 Maret 2023: Tutup Emosi

Yellow Bean

Permisi om@amat k Bagi saya 69 adalah angka istimewa karena tanggal lahir Alm suamiku. Jika anda memandang sebagai simbol maka bagi saya isi otak anda terlalu liar Maaf saya buka suara dan percaya bahwa wanita berjalan di depan laki laki memang lebih berbahaya dari jalan nya se ekor singa.

 

Otong Sutisna

Sebetulnya sangat penasaran, tapi suhu bilang jangan banyak berpikir 69, apalagi masih jauh waktu buka puasa.... berpikirlah 86, biar banyak kasus cepat keluar....ups' maksudnya selesai.

 

Handoko Luwanto

Meski lewati proses panjang, seorang juri harus mampu bersikap adil : juri, ju_li, _tuli, tu_ai, tua_s, _kuas, kua_t, k_rat, _urat, u_lat, ula_r, ul_ir, u_sir, usi_a, _asia, asi_k, a_dik, adi_l

 

doni wj

Kebebasan berpendapat yang diatur dalam Amandemen Pertama di Konstitusi Amerika benar-benar mendapat ujian dari sosok seorang Trump. Bacotnya benar-benar menjadi antitesa yang menguji konsistensi pelaksanaan prinsip kebebasan berpendapat itu sendiri. Okelah kalau kebebasan berpendapat seberapa pun konyol dan kasarnya itu berhenti di opini yang paling banter diketahui orang. Tapi bagaimana kalau dari bacotnya itu sudah keluar hasutan, himbauan, bahkan fitnah? Yang kemudian menggerakkan massa untuk menyerang Kongres? Bahkan berujung korban jiwa? Atau yang sekarang. Dalam proses berurusan dengan hukum pun nyata-nyata hasutannya mengancam keselamatan bahkan nyawa penuntutnya. Sesungguhnya kita sedang disuguhi komedi satir. Bahwa di negara yang kondang demokrasinya, akal sehat bisa kalah dengan orang yang memanfaatkan celah penerapan konstitusi. Apalagi orang itu kaya, gila, dan berkuasa

 

 

 

Liam Then

Dari sudut pandang lain, raga bernyawa benarkah di anggap bebas? Apakah yang membuat nyawa harus bersemayam di raga? Mengalami deraan hawa napsu sejak eling "aku". Apakah nyawa a.k.a jiwa bebas, atau sebenarnya terkerangkeng?

 

Amat K.

Iya sih, Bang. Yang jadi masalah di sana mungkin uang tutup mulut itu. Adakah unsur pidana jika menggunakan uang kampanye untuk hal di luar kampanye. Saya tak tahu, bukan ranah saya sampai ke situ. Kalau memang terbukti ada pelanggaran mau gimana lagi. Tiwas melanggar aturan. Hahahaa Mainnya kurang bersih hingga kotorannya kelihatan lawan

 

Kliwon

Di AS, rakyat memilih Jaksa yang suatu saat ada kemungkinan balik memenjarakan yang memilih. Masih mending di Indonesia. Kita memilih orang yang suatu saat patwalnya menyuruh kita minggir di jalan raya.

 

Pryadi Satriana

Ini bulan Ramadhan, waktunya berpuasa. Semua orang Islam berpuasa, tidak makan dan minum sejak subuh, sampai adzan maghrib. Selain itu, tidak boleh marah, membicarakan orang lain, dan sebagainya. Rahayu.

 

mzarifin umarzain

Semua itu soal politik, kata Trump. Politik diatur oleh hukum. Hukum harus menjamin keadilan. Harus dg damai, terbuka, jujur. Tak boleh ada kekerasan, ancaman pembunuhan, kerusuhan, kebrutalan. Yg ngancam pembunuhan harus diusut. Menghina jaksa sebagai binatang, apa tak bisa dituntut? Trump orang kaya, konglomerat, masih butuh juga penggalangan dana, beroleh cepat: 1,5 juta $. Politik harus taat hukum, hormati hukum. Di pengadilan tempat untuk beradu pasal.

 

 

Agus Suryono

PENASARAN DENGAN PERAN YURI.. Di sistim peradilan di AS, ternyata, Yuri dibutuhkan jika ancaman hukuman di atas 6 bulan. Selanjutnya pembagian peran para pihak adalah: 1). HAKIM. Membuka dan mengendalikan jalannya persidangan. 2). JAKSA. Menerangkan kepada Yuri, tentang kesalahan TERDAKWA yang telah diyakini JAKSA. 3). PENGACARA. Membuktikan bahwa Terdakwa TIDAK BERSALAH. 4). JURI. Setelah mengikuti PROSES persidangan, YURI menyatakan terdakwa BRRSALAH/TIDAK BERSALAH. 5). HAKIM. Memutuskan HUKUMANNYA.. #Q juga baru baca..

 

Jimmy Marta

Kemitraan strategis Angkasa Pura II dg GMR India telah melahirkan Angkasa Pura Aviasi (APA). Ini kontrak kerjasama bisnis kelas global, yg mestinya tidak bisa dilihat orang awam (spt sy..hehe). Namun rakyat akar rumput, boleh juga lah sikit berpendapat. Orang biasa tentu pikirannya dangkal dan sederhana.... wkwk. Simpelnya begini, jika anda pemilik penuh, keuntungan pasti semua milik anda. Seberapapun besar nya keuntungan yg 51%, tentu tak akan pernah setara dg saat ngelola sendiri. Soal visi, tentu bukan milik yg global saja. Ilmu dan pengalaman puluhan tahun dlm mengelola bandara tentu AP sudah mumpuni. Dg keuntungan yg didapat dan skema2 keuangan lain, pasti semua mimpi bisa diwujudkan. Apalagi waktu 25 tahun, anda tentu bisa melakukan banyak hal. Gk mesti anda goyang2 kaki saja, lalu terima bagian 51%. Kalau belum untung dan sikit untung anda tentu terima saja... Mudah2an kita2 gk tergiur dg prospek2 dalam proposal. Kata dan angka hasil karang mengarang orang pintar. Ini hanya pendapat wong goblik yg gk usah dibandingke...hehe. *Kualanamu jilid II wong awam.

 

Yellow Bean

Om @Jimmy Alm suamiku punya sahabat yang sangat kental Anak anak saya kenal baik Om Jimmy nya karena ayahnya selalu ngajak anak anak jalan ketemu temannya

 

Leong Putu

Ini bisa jadi salah Pak Bos DI. Mungkin. Saya kira Pak DT juga suka main pedang²an. Saya coba googling nama Stormy Daniel, saya kira dia laki². Eeeeeealaaaaaaaaah cilaka, aku sampai kesambet. Sawanen. Ternyata mangga buesaaaaaaaaaaaar.... Langsung ku tutup mata dengan jari tangan.....iiiihhhh pak Di gak asyik....

 

Lusy Anggraini

Salam pak jim.. masih pendatang baru, masih belajar adaptasi.. kemarin2 ikut2an ngrusuh ehh baru aja rame sudah ada "WARNING buanglah sampah pada tempatnya".. jadi kembali ke setelan pabrik lagi deh hehe

 

Liam Then

Itulah yang saya sesalkan. Dalam imajiner saya, pemerintah bisa manfaatkan waktu kepemimpinan Trump dulu, secara aktif cari caranya ajak masuk mendorong industri UMKM Amerika, yang padat teknologi dengan mesin presisi untuk masuk ke Indonesia. Agar bisa menularkan kemajuan teknologi industri dan strategi sampingan untuk menghilangkan kecondongan ke ekonomi negara tertentu.

 

Komentator Spesialis

Kejayaan pertumbuhan ekonomi tinggi China bisa dibilang selesai. Kalaupun tumbuh 5-6% nan, itu karena jumlah penduduk mereka yang sangat besar. Bukan karena pertumbuhan organik yang diusahakan. Akibat kebijakan Trump "Make Amerika Great Again", banyak perusahaan multi nasional. Baik perusahaan Amerika maupun multinasional, harus menata ulang strategi bisnis global mereka. Dulu, semua ke China dan di China. Karena murah dan mudah. Itu masa lalu. Sekarang angin perubahan di Amerika berhembus. Jepang dan Eropa tentu mengekor. Terutama Jepang yang selalu ikut titah Amerika, no matter right or wrong. Mau masuk lubang semut juga akan ikut apa kata Amerika. Perusahaan multi nasional, sejak 5 tahun lalu mulai memindahkan basis produksi mereka keluar Tiongkok. Entah ke Vietnam, India, thailand atau bahkan ke Amerika sendiri. Dalam hal ini, Vietnam dan India menjadi 2 negara yang sangat diiuntungkan. Indonesia telah kehilangan kesempatan emas ini. Indonesia tidak serius dan dianggap terlalu dekat dengan China. Samsung misalnya. Bisa dibilang sudah memindahkan hampir 100% produksi ponselnya ke India dan Vietnam. Indonesia kebagian. Ya cuman buat pasar domestik. Termasuk LG menyusul Samsung. Intel, Microsoft juga ke Vietnam dan India. Bahkan Foxcon, produsen produk Apple, nggak ragu membangun pabrik di Amerika dna India. Itu sedikit contoh dari sekian banyak gerakan perusahaan global melawan dominasi China.

 

Liam Then

Ko JK ralat dikit, om Trump tembaknya sudah lama, tahun 2006, sewaktu belum jadi calon presiden. Masalahnya Stormy Daniel ini yang dulu ambil kesempatan hasil kesempitan, hehehe. Ia mengancam ngaku ke media, pernah tidur dengan Trump. Trump yang calon presiden di pemilu 2016 itu, tentu kelimpungan, elektabilitas bisa turun ,apalagi sudah tiba sampai H- sekian. Manajer kampanye Trump pun di perintahkan kasih duit tutup mulut, masalahnya duit tutup mulut ini dari uang kampanye , inilah yang terendus oleh lawan politik Trump. Sudah di ribut di perkarakan waktu Trump jadi presiden dulu. Hasilnya manajer kampanye Trump masuk penjara. Trump lolos aman. Sekarang coba di perkarakan lagi.

 

Udin Salemo

#everyday_berpantun Tumbuk lada kelapa diparut/ Ikan sepat dibakar pari disalai/ Kalau dari pikiran sudah terkorup/ Memang susah hendak dirungkai/ Reza tinggal di negeri Belanda/ Asalnya dari negeri Sungai Puar/ Bila kuasa sudah tak ada/ Segala bau busuk pasti keluar/ Kang Agus ingin membeli warant/ Untuk hadiah investasi tuan Habil/ Abah Dis suka membuat penasaran/ Banyak yang gugling Stormy Daniel/ Ayia tabu rasonyo manih/ Disangko mangga ruponyo dalimo/ Awak sangko adiak masih gadih/ Ruponyo alah punyo anak limo/

 

Liam Then

Olah raga demi kemanusiaan, sebaiknya politik jangan diseret-seret kedalam bidang olahraga. Timur tengah tempat "locus delicti" nya, sekarang saja ,dengan Arab Saudi sebagai pemimpinnya, pendekatannya sudah ada tanda-tanda berubah.

 

yea aina

Dana kampanye dari para pendukung DT, tapi dipermasalahkan jaksa Alvin Bragg. Tentunya dia mewakili negara/rakyat sana, menuntut pertanggungjawaban dana publik kepada politisi. Beda jauh dengan negeri tetangga Uganda. Pencucian dana terhadap potensi pendapatan upeti negeri, dipublikasikan telah terdeteksi masuk kantong oknum-oknumnya. Tapi tidak ada jaksa atau yang mewakili negara menuntutnya. Bahkan yang mewakili negara berdebat kusir di ruang (media) publik, saling klarifikasi dan ancam mengancam. Uang upeti dari rakyat kepada kerajaan yang telah "dicuci", beralih menjadi hak milik para pegawai kerajaan. Konon pun rajanya membisu. Kura-kura kena palu.

 

Leong Putu

Mestinya Pak Bos DI jangan milih diksi film porno. Jadi bikin penasaran. Lebih baik pilih diksi film biru, kita mikirnya itu seperti ember biru atau sejenis tenda biru. Salam Pak Bos DI

 

Fiona Handoko

ms stormy daniel di tahun 2016 terima pembayaran ongkos "tutup mulut" sekitar rp 2m, atau usd 150 ribu. lalu ongkos sewaktu "buka mulut" nya berapa? internal revenue services amerika harus belajar dari bu lurah astina. jika ada viral pendapatan jumbo seperti itu, harus dicek. pembayaran tunai / qris / gesek debit / gesek kartu kredit/ giro. lanjut klarifikasi ke menko dan ppatk. sudah diterbitkan faktur pajak kah jika omset sdri daniel sudah masuk kriteria pkp. agar nanti tidak timbul polemik yg tidak perlu di jagat maya astina. di astina, tidak usah profesi aktris m m an. profesi (maaf) te ka we saja juga diperas dengan beringas oleh anak buah bu lurah divisi bandara. untung ada putri gus dur yang memviralkan, karna beliau pun hampir jadi korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 263

  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Gregorius Indiarto
    Gregorius Indiarto
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Liam Then
      Liam Then
    • Amat K.
      Amat K.
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • yea aina
    yea aina
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • yea aina
      yea aina
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • Siti choirun Amala
    Siti choirun Amala
  • Hilal Rifat
    Hilal Rifat
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
  • azid lim
    azid lim
  • imam rasidi
    imam rasidi
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Fa Za
    Fa Za
  • yea aina
    yea aina
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • fanyss
    fanyss
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
  • Liam Then
    Liam Then
    • yea aina
      yea aina
  • Liam Then
    Liam Then
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Denny Herbert
    Denny Herbert
  • Liam Then
    Liam Then
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Liam Then
      Liam Then
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Liam Then
      Liam Then
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Amat K.
      Amat K.
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Liam Then
      Liam Then
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Liam Then
      Liam Then
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Parto Dookar
    Parto Dookar
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Pakdhe joyo Kertomas
    Pakdhe joyo Kertomas
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • yea aina
      yea aina
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • daeng romli
    daeng romli
  • Amat K.
    Amat K.
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Amat K.
      Amat K.
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Liam Then
      Liam Then
  • Someone Random
    Someone Random
    • Liam Then
      Liam Then
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
    • Amat K.
      Amat K.
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Mew Mixue
    Mew Mixue
  • Muh Nursalim
    Muh Nursalim
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liam Then
      Liam Then
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Amat K.
      Amat K.
    • Amat K.
      Amat K.
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Mew Mixue
      Mew Mixue
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Liam Then
      Liam Then
    • Hilal Rifat
      Hilal Rifat
  • Purnomo Inzaghi
    Purnomo Inzaghi
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Amat K.
    Amat K.
  • Lusy Anggraini
    Lusy Anggraini
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • imau compo
    imau compo
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • imau compo
      imau compo
  • kausar azima
    kausar azima
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Lusy Anggraini
      Lusy Anggraini
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • hoki wjy
    hoki wjy
  • Jokosp Sp
    Jokosp Sp
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
  • basuki wijaya
    basuki wijaya
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
    • Amat K.
      Amat K.
  • Giyanto Cecep
    Giyanto Cecep
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Amat K.
      Amat K.
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Amat K.
      Amat K.
  • Abd Qohar
    Abd Qohar
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Abd Qohar
      Abd Qohar
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Abd Qohar
      Abd Qohar
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
  • bagus aryo sutikno
    bagus aryo sutikno
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
  • Jo Neka
    Jo Neka
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • yea aina
      yea aina
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
  • imau compo
    imau compo
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Ahmad Zuhri
    Ahmad Zuhri
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Amat K.
      Amat K.
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Ahmad Zuhri
      Ahmad Zuhri
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • KEY
      KEY
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Wanda Dhia A
    Wanda Dhia A
  • Liam Then
    Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • bagus aryo sutikno
      bagus aryo sutikno
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Wanda Dhia A
    Wanda Dhia A
  • Jo Neka
    Jo Neka
    • Liam Then
      Liam Then
  • Amat K.
    Amat K.
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neka
      Jo Neka
    • Amat K.
      Amat K.
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Amat K.
      Amat K.
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • JIM vsp
    JIM vsp
    • Wanda Dhia A
      Wanda Dhia A
    • Liam Then
      Liam Then
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Nurkholis Marwanto
    Nurkholis Marwanto
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • imam rasidi
    imam rasidi
    • Lusy Anggraini
      Lusy Anggraini
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
  • yea aina
    yea aina
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
    • Jo Neka
      Jo Neka
  • Muhammad Sk
    Muhammad Sk
    • Amat K.
      Amat K.
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
  • edi fitriadi
    edi fitriadi
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
    • Muhammad Sk
      Muhammad Sk
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna