Penjelasan 3 Fase Amalan Ramadhan, 10 Hari Pertama, 10 Hari Kedua dan 10 hari Ketiga

Penjelasan 3 Fase Amalan Ramadhan, 10 Hari Pertama, 10 Hari Kedua dan 10 hari Ketiga

Banyak Bersedekah di bulan Ramadhan sangat dianjurkan- Towfiqu barbhuiya-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam diseluruh dunia karena merupakan bulan penuh ampunan dan segala kebaikan pahalanya dilipat gandakan.

Bulan Ramadhan bagi umat Islam tentunya diisi dengan berpuasa dan beberapa amalan yang selama 30 hari puasa ada 3 fase yang dilalui.

BACA JUGA:Edukasi Hukum, Kejari Gelar Jaksa Masuk Sekolah di SMKN 5 Tangsel

Di antaranya dibagi dalam 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari ketiga. Setiap fase tersebut mempunyai banyak keutamaannya.

Dilansir dari laman sumsel.kemenkumham.go.id, dalam mengisi kajian Kepala Kantor Wilayah Kementerian HukumHdan HAM Sumatera Selatan, Sudirman D. Hury menjelaskan tentang keutamaan fase 30 hari puasa di bulan Ramadhan. 

BACA JUGA:Klik Link Daftar Kartu Prakerja Gelombang 51 di sini, Kapan Pendaftaran Dibuka?

Fase 10 hari pertama

Fase 10 hari pertama Ramadhan memang merupakan fase terberat dan tersulit, karena merupakan fase peralihan dari kebiasaan pola makan normal menjadi harus menahan lapar dan haus mulai dari subuh hingga magrib.

“10 hari pertama adalah fase rahmat. Ini fase yang berat. Menghadapi fase perubahan kebiasaan diri. Ini  sebagai ujian terberat dalam mencapai suatu ketaqwaan, namun paling banyak mendapatkan pahala.  Pada fase ini dibukakan pintu rahmat yang seluas-luasnya. Jadi kita harus berlomba-lomba berbuat kebaikan,” ujar Sudirman.

BACA JUGA:Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya, Thomas Doll Pusing Macan Kemayoran Kehilangan 4 Pemain Kunci

“Dalam suatu firman Allah pada QS. Al-zalzalah ayat 7 dan 8 disebutkan "fa may ya'mal miṡqāla żarratin khairay yarah. wa may ya'mal miṡqāla żarratin syarray yarah". Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) nya, dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) nya. Mudah-mudahan kita semua termasuk kedalam golongan orang-orang yang berlomba-lomba dalam  berbuat kebaikan,” imbuhnya.

Sudirman juga mengatakan, ada keutamaan yang berlimpah diberikan oleh Allah SWT pada 10 hari pertama bulan Ramadhan. 

BACA JUGA:Demi Penyelidikan Kasus Dugaan Gratifikasi, Rafael Alun Trisambodo Ditahan KPK 20 Hari Pertama

"Seperti diketahui, tidak hanya tubuh saja yang melakukan adaptasi, pada fase 10 hari pertama Ramadhan 1440 H ini, banyak persoalan yang harus dihadapi dengan proses beradaptasi atau penyesuaian. Siapa yang mampu melewati ini? hanya orang yang benar-benar sabar dan niat beribadahlah yang mampu melewatinya", jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: