Momen Gagalnya Timnas Indonesia AFF U19 2022, Sama Sakitnya dengan Batalnya Gelar Piala Dunia U20 2023?

Momen Gagalnya Timnas Indonesia AFF U19 2022, Sama Sakitnya dengan Batalnya Gelar Piala Dunia U20 2023?

KECEWA - Gelandang Timnas U-19, Zanadin Faris (tengah) kecewa timnas U-19 gagal lolos ke seminfal Piala AFF U19. (foto: pssi.go.id) --

JAKARTA, DISWAY.ID-- Momen dibatalkannya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 memang menjadi kekecewaan yang besar bagi pecinta sepakbola tanah air, khususnya para pemain timnas Indonesia U20.

Tapi itu bukan satu kekecewaan yang pernah dialami oleh timnas Indonesia saja. Sebelumnya di tahun 2022 Indonesia juga mengalami kekecewaan yang cukup menyesakkan dada, yaitu saat timnas Indonesia AFF U19 berhasil menjadi juara Group A Piala AFF U19 2022 tapi gagal lolos ke fase berikutnya. 

BACA JUGA:Identitas Penyebar Video Polisi Gunakan Barbuk Thrifting Telah Dikantongi

Ternyata keputusan head to head hasil pertandingan di group A saat itu benar-benar merugikan bagi Timnas Indonesia. 

Sebab laga Vietnam vs Thailand berakhir imbang 1-1 menjadi kunci tidak lolosnya Garuda Nusantara ke semifinal Piala AFF U19 2022.

Hal tersebut dikarenakan dalam gelaran Piala AFF U19 menerapkan skema head to head. 

BACA JUGA:Jadwal Main Bola Malam Ini Hingga Akhir Pekan, Liga Inggris Ada Manchester United vs Brentford

Jadi meski poin tim peserta kompetisi sama dalam satu group, maka untuk mencari siapa yang berhak lolos dilihat dari jumlah gol.

Nah, laga Vietman vs Thailand itulah yang menjadi rujukan panitia AFF 2022. Padahal poinnya sama yakni 1 (Hasil seri mendapatkan 1 poin, menang mendapatkan 3 poin).

Vietnam dan Thailand lolos karena dinilai hasil akhir pertandingannya membuahkan gol (1-1). Meski pun secara poin sama, saat Indonesia bersua Thailand dan sebaliknya Indonesia bersua Vietman (1 poin).

BACA JUGA:Gokil! Infinix Luncurkan Smart 7, Smartphone dengan RAM dan Baterai Besar Cuma Seharga Rp 1 Juta 99 Ribu

Akan berbeda cerita jika hasil pertandingan Thailand vs Vietnam berkesudahan 0-0. Maka Timnas Indonesia yang berhak lolos. 

Ada Indikasi kecurangan antara laga Thailand vs Vietnam

Indikasi main sabun atau main curang yang mengarah pada match fixing ini pun terlihat dari laga Vietnam vs Thailand di Stadion Madya Jakarta, Minggu 10 Juli 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: