Cara Mencegah Korosi, Perhatikan 7 Tips Ini, Besi Berkarat Langsung Minggir

Cara Mencegah Korosi, Perhatikan 7 Tips Ini, Besi Berkarat Langsung Minggir

Ilustrasi korosi atau karat-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Korosi atau karat merupakan peristiwa perusakan logam akibat bereaksi dengan senyawa di sekitarnya seperti air dan oksigen.

Pada reaksi tersebut bisa mengubah logam tersebut secara fisika maupun kimia yang tidak dikehendaki. 

BACA JUGA:Inilah Sosok 2 Istri Habib Bahar Bin Smith, yang Pertama Bertemu di Terminal Bus

Selain itu, korosi bisa juga disebut dengan pembusukan logam yang dapat terjadi secara alamiah karena adanya air dan oksigen.

Korosi jika tidak dicegah dengan baik sejak awal akan semakin cepat terjadi dan jika sudah terjadi dan tidak ditangani dengan serius dapat berdampak negatif.

BACA JUGA:Istri Wakapolri Meninggal Dunia di Singapura, Diprediksi Jenazah Akan Tiba di Rumah Duka Sabtu Dini Hari

Mulai dari dampak yang ringan seperti baut yang sulit dilepaskan sampai dengan dampak yang berat seperti gagal beroperasinya suatu mesin atau instrumen utama di suatu perusahaan.

Secara alamiah sebenarnya korosi ini tidak dapat dihindari tetapi korosi itu dapat dicegah atau diperlambat proses terjadinya dengan cara yang paling sederhana hingga yang rumit dan kompleks. 

Berikut ini adalah 7 cara mencegah korosi pada logam yang dilansir dari chemindo.com:

1. Logam Mulia

Melapisi logam dengan logam mulia seperti perak, emas atau titanium. Biasanya metoda ini banyak untuk perhiasaan ataupun konektor-konektor peralatan elektronik. Kelemahan dari metoda ini tentunya adalah faktor biaya yang sangat tinggi.

BACA JUGA:OTT Bupati Meranti Diduga Pemotongan Uang Persediaan dan Suap Pengadaan Jasa Umroh

2. Coating & Lining

Cara ini dilakukan dengan melapisi logam dengan coating dan lining. Contoh coating adalah menggunakan cat misalkan cat Poly Urethane (PU) atau oli kemudian lining menggunakan rubber ataupun fiber. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: