Cara Mencegah Korosi, Perhatikan 7 Tips Ini, Besi Berkarat Langsung Minggir

Cara Mencegah Korosi, Perhatikan 7 Tips Ini, Besi Berkarat Langsung Minggir

Ilustrasi korosi atau karat-Pixabay-

Metoda coating dan lining ini akan mencegah reaksi secara langsung antara logam dengan senyawa air atau oksigen di sekitarnya. 

Metoda coating terutama cat adalah cara yang paling umum dilakukan oleh orang awam karena sangat mudah dan secara harga juga relatif murah.

BACA JUGA:Innalillahi, Istri Wakapolri Komjen Gatot Eddy Meninggal Dunia

3. Insulasi

Biasanya dilakukan untuk pencegahan korosi galvanik. Galvanik adalah perpaduan antara 2 buah logam misalkan pipa tembaga dengan besi, dimana di antara tembaga dan besi tersebut dapat diberikan insulasi seperti plastik sehingga tidak saling bersentuhan secara langsung. 

Metoda insulasi ini akan melindungi logam yang lebih mahal untuk tidak mudah terkontaminasi dengan korosi logam yang lainnya. Secara biaya metoda ini relatif cukup murah tetapi tidak mudah dilakukan oleh awam.

4. Kimia Inhibitor

Metoda ini menggunakan bahan kimia tertentu yang digunakan untuk melapisi suatu logam, biasanya digunakan untuk cooling system, radiator ataupun genset. 

BACA JUGA:Ini Profil dan Kenangan Anaknya Gepeng Srimulat, Senang Bisa Adu Akting Bareng Agnez Mo!

Metoda ini juga relatif mudah dilakukan dengan biaya yang juga tidak terlalu mahal.

5. Proteksi Katodik

Metoda ini digunakan dalam logam galvanik, dimana suatu logam yang lebih bernilai atau lebih mahal dilindungi oleh logam lainnya. 

Metoda ini tidak mudah dilakukan oleh orang awam dan secara biaya juga tidak terlalu signifikan mahal karena logam yang dikorbankan untuk melindungi logam yang lebih bernilai biasanya adalah logam-logam yang lebih murah.

6. Selimut Gas

Metoda ini disebut juga dengan inert gasses blanketing atau selimut gas. Caranya adalah memasukkan gas yang bersifat non-reaktif seperti nitrogen, helium atau argon sehingga oksigen yang ada akan terdorong oleh gas ini sehingga kontak logam dengan oksigen dapat dihindari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: