Peringatan Tegas Jokowi ke Kapolri, Menteri Sampai Kepala Daerah Sambut Lonjakan Arus Mudik

Peringatan Tegas Jokowi ke Kapolri, Menteri Sampai Kepala Daerah Sambut Lonjakan Arus Mudik

Presiden Joko Widodo-Sekretariat Presiden-Sekretariat Presiden

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo memberikan peringatan kepada seluruh jajarannya untuk bersiap menyambut arus mudik lebaran tahun 2023 yang akan melonjak dari 86 Juta ke 123 Juta jiwa.

Jokowi juga memberikan Instruksi kepada pihak terkait seperti Gubernur, Wali kota, Bupati, Menteri, sampai Kapolri agar harus berhati-hati menghadapi lonjakan arus mudik dan balik tahun 2023 yang dinilai mengalami kenaikan yang cukup drastis.

Menurutnya, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik terbanyak pada tahun 2023 yaitu ke tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera.

BACA JUGA:Pengadilan Bacakan Hasil Banding KPU RI Terhadap PRIMA Terkait Penundaan Pemilu 2024

Oleh sebab itu, demi kelancaran mudik pada tahun ini, Jokowi memerintahkan kepada pihak terkait udah lebih siap menyambut mudik lebaran tahun 2023.

“Mudik nanti yang menjadi tujuan utamanya Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat. Jadi memang semuanya harus bersiap menjelang Mudik,” ujar Jokowi dilansir dalam Youtube Sekretariat Presiden dikutip Disway.Id, Selasa 11 April 2023.

Jokowi mengatakan, masyarakat yang ingin mudik menggunakan transportasi darat, laut atau udara bisa menyentuh di angka 123 juta yang akan bersama-sama mudik pada tahun ini.

Ia menambahkan, mudik pada tahun 2022 hanya menyentuh diangka 86 juta, sedangkan kenaikan drastis ada ditahun 2023 yang menyentuh diangka 123 juta.

“Karena kurang lebih 123 juta masyarakat kita akan bersama-sama mudik, tahun kemarin 86 Juta, sekarang 123 juta hati-hati, angka ini hati-hati,” kata Jokowi.

BACA JUGA:Persebaya Vs Arema FC Bakal Digelar di Jakarta, Aji Santoso Ragukan Stiker Andalan Tampil

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memperingatkan kepada Menteri Perhubungan, Kapolri sampai menteri BUMN untuk siap berkerja secara maksimal demi kelancaran arus mudik dan balik.

"Saya sudah memperingatkan Menteri Perhubungan, Kapolri, Menteri BUMN yang menyangkut transportasi laut," tegas Jokowi.

Ia juga telah memberikan instruksi kepada kepala daerah untuk siaga menyambut lonjakan arus mudik dari 86 juta ke angka 123 juta. 

"Para Gubernur, Bupati dan Wali Kota agar betul-betul menyiapkan diri karena pemudik melompat dari 86 juta ke 123 juta," ucap Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: