Pelaku Penipuan Stiker QRIS Palsu di sejumlah Kotak Amal Masjid, Akhirnya Tertangkap!

Pelaku Penipuan Stiker QRIS Palsu di sejumlah Kotak Amal Masjid, Akhirnya Tertangkap!

Ilustrasi penangkapan--

JAKARTA, DISWAY.ID-- Unit Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan dikabarkan berhasil menangkap terduga pelaku yang melakukan penipuan dengan modus menempelkan QRIS palsu untuk beramal yang beraksi di sejumlah tempat ibadah Masjid.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy Idrus mengatakan terduga pelaku berhasil dibekuk di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2023, Polisi Akan Kawal Pemudik Sepeda Motor

"Betul, sudah ditangkap di bilangan Kebayoran Lama," ujar Irwandhy Idrus dalam keterangannya kepada awak media, Selasa 11 April 2023.

Dalam penangkapan pelaku, polisi mengerahkan tim gabungan dari Polres Metro Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya.

"Iya, tim gabungan, bersama Subdit Siber Polda Metro Jaya. Dia diamankan di salah satu lokasi, yang jelas bukan masjid," ungkapnya.

BACA JUGA:Resep Sagu Keju Lumer di Mulut, Kue Kering Klasik Lebaran yang Bikin Ketagihan

Selanjutnya pelaku pun dibawa ke Mapolda Metro Jaya, Irwandhy mengatakan pelaku hingga kini masih diperiksa.

"Kalau inisial nanti dulu ya, karena masih dalam proses pemeriksaan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, aksi penipuan bermodus menempelkan QRIS Barkode palsu dilakukanpleh seorang pria di kotak amal terjadi di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, dan Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:Download Twibbon Ucapan Lebaran Idul Fitri 2023 Lengkap dan Mudah di Sini

Dalam rekaman video CCTV di Masjid Nurul Iman, terlihat pelaku berciri ciri memakai kacamata dan terlihat juga berjalan mendekati kotak amal masjid di pusat perbelanjaan tersebut dan kemudian menempelkan sejumlah stiker QRIS "palsu" di atas kotak amal.

Diketahui juga ada dua barcode QRIS yang ditemukan di Masjid Agung Al-Azhar, dalam scan barcode bernama "Restorasi Masjid" itu terhubung dengan platform LinkAja dan beralamat di Kota Medan.

Kemudian pemindaian QRIS kedua, barcode yang juga bernama "Restorasi Masjid" juga terhubung ke layanan Bank Nobu dan beralamat di Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: