Polri Bagikan Tips Aman Mudik Lebaran 2023, Pengemudi yang Lelah Diharuskan Beristirahat

Polri Bagikan Tips Aman Mudik Lebaran 2023, Pengemudi yang Lelah Diharuskan Beristirahat

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan (kiri), satuan tugas (Satgas) TPPO bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menangkap 829 orang tersangka tindak pidana perdagangan orang sejak periode 5 Juni hingga 19 Juli 2023.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memberikan tips aman bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi selama menjalankan mudik lebaran 2023.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk mempersiapkan kesehatan tubuh dan juga obat-obatan darurat. 

"Kami menyampaikan tips aman bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, antara lain agar mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum mudik, kemudian bekali perjalanan dengan obat-obatan darurat," kata Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa, 11 April 2023.

BACA JUGA:Mau Mudik Lebih Aman dan Nyaman? Pastikan 3 Fitur Ini Ada di Mobil Kamu

Ramadhan juga mengimbau agar pemudik untuk mengecek kesiapan kendaraan yang akan dipakai mudik.

"Misalnya kesiapan ban mobil dalam keadaan baik, rem dalam keadaan baik, kemudian lampu-lampu dan pendukung lainnya," lanjutnya. 

"Kemudian membawa selalu power bank, kuota internet dan juga pastikan e-toll cukup untuk pembayaran tol dan pembelian tanpa uang tunai, berikut persiapan dokumen yang diperlukan dan uang secukupnya," sambungnya. 

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2023, Polisi Akan Kawal Pemudik Sepeda Motor

Jenderal bintang satu itu juga mengimbau agar pemudik menjaga kesehatan sebelum mudik. Supaya perjalanan menyenangkan dan sampai tujuan dengan selamat.

"Istirahat bila lelah di perjalanan, khususnya yang berperan sebagai pengemudi," ujarnya.

Ia juga menyarankan pemudik melakukan perjalanan lebih awal. Kemudian dilakukan pada siang hari guna mencegah penumpukan kendaraan.

"Kemudian disarankan agar mudik lebih awal dan lakukan di siang hari agar terhindar dari volume kepadatan kendaraan yang mudik pada malam hari," ungkapnya. 

Lebih lanjut, dia mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi rumahnya aman ketika ditinggal ke kampung halaman. 

BACA JUGA:Ini Tarif Tol Jakarta-Bandung 2023 Libur Lebaran, Pemudik Harus Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: