Ini 6 Amalan Sunnah yag Dianjurkan saat Idul Fitri, Salah Satunya Mandi Sunnah

Ini 6 Amalan Sunnah yag Dianjurkan saat Idul Fitri, Salah Satunya Mandi Sunnah

Ada sejumlah amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri--Freepik

 “Aku niat mandi Idul fitri, sunnah karena Allah”.  

Memperbanyak bacaan takbir 

Salah satu syi’ar yang identik dengan Idul Fitri adalah kumandang takbirnya. Anjuran memperbanyak takbir ini berdasarkan firman Allah:

BACA JUGA:Ini Rekayasa Lalulintas Saat Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444H di Balai Kota DKI

“Dan sempurnakanlah bilangan Ramadhan, dan bertakbirlah kalian kepada Allah”. (QS. Al-Baqarah: 185). Ada dua jenis takbir Idul Fitri. Pertama, muqayyad (dibatasi), yaitu takbir yang dilakukan setelah shalat, baik fardhu atau sunnah. Setiap selesai shalat, dianjurkan untuk membaca takbir. 

Kedua, mursal (dibebaskan), yaitu takbir yang tidak terbatas setelah shalat, bisa dilakukan di setiap kondisi. Takbir Idul Fitri bisa dikumandangkan di mana saja, di rumah, jalan, masjid, pasar atau tempat lainnya.

Kesunnahan takbir Idul fitri dimulai sejak tenggelamnya matahari pada malam 1 Syawal sampai takbiratul Ihramnya imam shalat Id bagi yang berjamaah, atau takbiratul Ihramnya mushalli sendiri, bagi yang shalat sendirian. Pendapat lain menyatakan waktunya habis saat masuk waktu shalat Id yang dianjurkan, yaitu ketika matahari naik kira-kira satu tombak (+ 3,36 M), baik Imam sudah melaksanakan Takbiratul Ihram atau tidak. (Syekh Sa’id Bin Muhammad Ba’ali Ba’isyun, Busyra al-Karim, hal. 426).    

BACA JUGA:Ernst Young Dipercaya Erick Thohir Untuk Audit Keuangan PSSI

Jalan kaki menuju tempat salat 

Berjalan kaki menuju tempat shalat Idul Fitri hukumnya sunnah. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Sayyidina Ali, “Termasuk sunnah Nabi adalah keluar menuju tempat shalat Id dengan berjalan”. 

(HR. al-Tirmidzi dan beliau menyatakannya sebagai hadits Hasan). Bagi yang tidak mampu berjalan kaki seperti orang tua, orang lumpuh dan lain sebagainya diperbolehkan untuk menaiki kendaraan. Demikian pula boleh kepulangan dari shalat Id dilakukan dengan tidak berjalan kaki. (Syekh Zakariyya al-Anshari, Asna al-Mathalib, juz 1, hal. 282).    

Membedakan rute jalan pergi dan pulang dari dan ke tempat shalat Idul Fitri 

Rute perjalanan pergi dan pulang dari tempat shalat Id hendaknya berbeda.

Dianjurkan rute keberangkatan lebih panjang dari pada jalan pulang. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari. 

Di antara hikmahnya adalah agar memperbanyak pahala menuju tempa ibadah. Anjuran ini juga berlaku saat perjalanan haji, membesuk orang sakit dan ibadah lainnya, sebagaimana ditegaskan al-Imam al-Nawawi dalam kitab Riyadl al-Shalihin.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: