Hari Raya Idul Fitri, Pelabuhan Eksekutif Merak Banten Ramai Pemudik, Kantong Parkir Penuh

Hari Raya Idul Fitri, Pelabuhan Eksekutif Merak Banten Ramai Pemudik, Kantong Parkir Penuh

Pemudik mengantre di Pelabuhan Merak Banten. -NTMC Polri-

CILEGON, DISWAY.ID-Situasi Pelabuhan eksekutif Merak, Banten memasuki Sabtu 22 April 2023 malam, pukul 21.00 WiB terus mengalami peningkatan pada Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu didominasi oleh kendaraan roda empat, membuat kantong parkir di dermaga eksekutif tampak penuh. 

Namun demikian, kondisinya masih dalam suasana kondusif. Petugas terus melakukan pengaturan agar tidak terjadi penumpukan dan kepadatan yang mengular.

BACA JUGA:Ini Tarif Tiket Kapal Feri Reguler dan Eksekutif, Pelabuhan Merak - Bakauheni

Terlihat mobil-mobil mengantre, didominasi oleh kendaraan roda empat berpelat B. 

Sementara itu , untuk dermaga 1 hingga 5 masih terlihat sepi dari kendaraan-kendaraan yang hendak meninggalkan Pulau Jawa.

Bahkan tiga kantong parkir disiapkan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten masih terlihat sepi. Sama halnya dengan di ruang tunggu, memasuki malam hari.

BACA JUGA:Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Pemudik, Loading Sepeda Motor dan Kendaraan Penumpang Dipisah

Berdasarkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, melaporkan hingga Jumat 21 April kemarin. Total penumpang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-10 hingga H-2 mencapai 801.049 orang atau naik 5 persen.

BACA JUGA:Arus Mudik di Pelabuhan Merak Mulai Padat, 4.000 Kendaraan Menyeberang ke Sumatera

"Selama periode yang sama, kami juga mencatat peningkatan arus kendaraan roda empat dari Sumatera ke Jawa. Hal ini menunjukkan bahwa arus angkutan Lebaran tidak hanya terjadi dari Jawa ke Sumatera, namun juga sebaliknya,” jelas Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira. 

Dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 760.911 orang. Adapun realisasi kendaraan roda dua mencapai 18.521 unit atau naik 27 persen persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 14.606 unit.

Tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 18.756 unit atau turun 8 persen dibandingkan, realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 20.446 unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: