Tugu Khatulistiwa Pontianak, Wisata Bersejarah yang Memiliki Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Tugu Khatulistiwa Pontianak, Wisata Bersejarah yang Memiliki Fenomena Hari Tanpa Bayangan

Destinasi wisata Tugu Khatulistiwa menjadi ikonik kota Pontianak-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebagai ibukota provinsi Kalimantan Barat, Pontianak memiliki destinasi wisata bersejarah yang dikenal dengan Tugu Khatulistiwa.

Wisata Tugu Khatulistiwa tentunya sudah menjadi ikon dari kota Pontianak yang memiliki sejarah penting hingga dijuluki sebagai kota khatulistiwa.

BACA JUGA:Banding Ditolak, AG Pacar Mario Dandy Tetap Dihukum 3,5 Tahun Penjara

Julukan tersebut didapat karena kota yang dilewati oleh sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia ini dilintasi oleh garis equator.

Garis equator atau garis khatulistiwa adalah adalah garis imajiner di permukaan bumi yang tegak lurus terhadap poros bumi. 

Garis khatulistiwa membagi dua bumi menjadi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan dengan ukuran yang sama


Di dalam museum tugu Khatulistiwa terdapat tugu asli yang didirikan sejak tahun 1928-M. Ichsan-

Untuk lokasinya, Tugu Khatulistiwa terletak di Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara di kawasan tepian Sungai Kapuas.

Pada libur lebaran 2023 ini, Tugu Khatulistiwa pun banyak didatangi oleh pengunjung, baik masyarakat sekitar atau wisatawan dari berbagai kota di Indonesia.

BACA JUGA:Dituding Gelar Sidang Banding AG Pacar Mario Dandy Secara Mendadak, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Angkat Bicara

Salah satunya tim Disway.id coba berkunjung langsung ke Tugu Khatulistiwa ini yang gratis untuk umum dan hanya dikenakan biaya parkir saja.

Di sana wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah antara gedung Tugu Khatulistiwa dan pesisir sungai Kapuas.

BACA JUGA:Bikin Resah! Ponpes Al-Zaytun Diduga Ajarkan Aliran Sesat, Ridwan Kamil: Tunggu Arahan MUI Baru Kita...

Selain itu di dalamnya terdapat museum Tugu Khatulistiwa. Pengunjung bisa belajar banyak tentang sejarah penting Tugu Khatulistiwa, mulai dari pendirian pertama sejak tahun 1928 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: