Gak Perlu Keluar Rumah! Begini Cara Lapor Pajak Online

Gak Perlu Keluar Rumah! Begini Cara Lapor Pajak Online

NIK Resmi Jadi Pengganti NPWP, Lapor Pajak Jadi Mudah! -Ilustrasi NPWP-jogja.disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Pajak merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara atau perusahaan yang mendapat penghasilan dari berbagai sumber. 

Untuk memudahkan proses pelaporan pajak, pemerintah telah menyediakan layanan lapor pajak online yang dapat diakses oleh seluruh warga negara atau perusahaan yang ingin melaporkan pajak mereka.

Berikut adalah beberapa cara untuk melaporkan pajak secara online.

1. Daftar Akun e-Filing

Langkah pertama untuk melaporkan pajak secara online adalah dengan mendaftar akun e-Filing di website resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di alamat https://www.pajak.go.id/. 

Setelah berhasil mendaftar, anda akan diberikan username dan password yang dapat digunakan untuk mengakses layanan e-Filing.

2. Persiapkan Dokumen Pendukung

Sebelum mulai melaporkan pajak secara online, pastikan anda telah mempersiapkan semua dokumen pendukung yang dibutuhkan seperti Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan, bukti potong pajak, laporan keuangan, dan dokumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan pajak.

3. Masuk ke Akun e-Filing

Setelah semua dokumen pendukung sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah masuk ke akun e-Filing di website resmi DJP. 

Setelah masuk, anda akan diberikan akses ke berbagai layanan yang tersedia, seperti pengisian SPT, pembayaran pajak, dan pengajuan permohonan pengembalian pajak.

4. Pengisian SPT Online

Setelah berhasil masuk ke akun e-Filing, anda dapat mulai mengisi SPT online dengan memasukkan data dan informasi yang diperlukan. Pastikan semua informasi yang dimasukkan sudah benar dan akurat sebelum mengirimkan SPT anda.

5. Verifikasi Data

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: