Apa itu SKS Dalam Kuliah, Pegang Peranan Penting Capat atau Lamanya Tempuh Pendidikan di Bangku Kuliah

Apa itu SKS Dalam Kuliah, Pegang Peranan Penting Capat atau Lamanya Tempuh Pendidikan di Bangku Kuliah

Beasiswa kuliah gratus ke luar negeri jenjang S2 dan S3-ilustrasi/freepik-freepik

Meskipun kita mengambil mata kuliah dengan jam pembelajaran selama 150 menit, namun belum tentu waktu tersebut dihabiskan dengan menerima materi pembelajaran dari dosen. 

Hal tersebut dikarenakan dalam mata kuliah dengan 3 SKS telah ditentukan sesi pembelajaran meliputi 50 menit tatap muka, 50 menit kegiatan akademik terstruktur, dan 50 menit kegiatan akademik mandiri. 

Selain itu ada juga mata kuliah pratikum yang biasanya dengan dengan 1 SKS dan biasanya dalam mata kuliah ada yang menyamtimkan jika memiliki kegiatan pratikum, dengan contoh mata kuliah Fisika Dasar I memiliki 3 SKS dengan keterangan 1 SKS untuk praktikum dan 2 SKS untuk pembahasan teori.

BACA JUGA:Unicorn Nasional Jadi Sponsor Formula E 2023, Jakpro Angkat Bicara

BACA JUGA:Keponakan Wamenkumham Diperiksa Sebagai Tersangka, Modusnya Diungkap Kepolisian

Hubungan SKS dengan KRS.

Seorang mahasiswa S 1 memiliki beban studi 144-160 Satuan Kredit Semester selama masa perkuliahan dan harus memenuhi beban studi tersebut agar lulus kuliah untuk menjadi sarjana. 

Sedangkan mahasiswa jenjang diploma, magister, dan doktoral juga memiliki beban studi tertentu yang harus diambil. 

Fungsi dari KRS agar dapat memudahkan dalam memilih mata kuliah dan memenuhi batas minimal SKS yang bisa diambil setiap semesternya.

Umumnya mahasiswa paling tidak mengambil 21 SKS hingga 24 SKS tiap semester kecuali nilai IP mahasiswa pada semester sebelumnya rendah sehingga ia tidak bisa mengambil jumlah SKS sesuai ketentuan tersebut.

Saat mengisi KRS, kita tidak bisa memilih mata kuliah tanpa memperhatikan besaran SKS, untuk itu kita harus menghitung jumlah SKS saat mengambil beberapa mata kuliah. 

Setelah itu diperiksa kembali apakah sudah sesuai atau belum dengan ketentuan minimal dan maksimal SKS yang diambil per semester. 

BACA JUGA:Pengakuan Mengejutkan Husen Setelah Mutilasi dan Cor Pemilik Depo Air Minum Isi Ulang: Sering Ngomel Makanya Dipotong Kepala Bukan Mulut

BACA JUGA:Pengamanan Konser Coldplay Dilakukan Polri Setelah Lengkapnya Perizinan

Aturan SKS di Kebijakan Kampus Merdeka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: