Apa itu SKS Dalam Kuliah, Pegang Peranan Penting Capat atau Lamanya Tempuh Pendidikan di Bangku Kuliah

Apa itu SKS Dalam Kuliah, Pegang Peranan Penting Capat atau Lamanya Tempuh Pendidikan di Bangku Kuliah

Beasiswa kuliah gratus ke luar negeri jenjang S2 dan S3-ilustrasi/freepik-freepik

JAKARTA, DISWAY.IDSKS menjadi hal yang sangat penting dalam dunia kuliah dan setiap mahasiswa harus mengerti apa itu SKS dalam kuliah.

Dalam menjawab apa itu SKS dalam kuliah, di mana SKS adalah Satuan Kredit Semester yang akan mempengaruhi berapa banyak mata kuliah yang akan diambil pada semester yang akan kita jalanani, di mana hal ini akan mempengaruhi cepat apa atau lamanya kita menempuh pendidikan di bangku kuliah.

SKS akan sangat erat hubungannya saat megisi KRS atau Kartu Rencana Studi setiap semesternya dan dalam mengisi KRS mahasiswa perlu memperhatikan jumlah SKS yang akan diambil. 

Saat mengisi KRS, jumlah SKS tersebut ada batasannya yang dipengaruhi dari hasil indek prestasi ata IP semester sebelunya, singkatnya SKS adalah bobot kegiatan setiap mata kuliah. 

BACA JUGA:Harapan Keponakan Wamenkumham Saat Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Sebagai Tersangka Pencemaran Nama Baik

BACA JUGA:18 Saksi Kasus Senpi Ilegal Dito Mahendra Diperiksa Kepolisian

Apa itu SKS dalam kuliah dapat juga diartikan sebagai beban kegiatan pada mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa. 

Setiap mata kuliah memiliki beban atau bobot kegiatan masing-masing, di mana rata-rata mata kuliah memiliki 2 hingga 3 SKS dan sangat jarang satu mata kuliah memiliki 4 SKS. 

Bobot mata uliah atau SKS tersebut juga pada waktu berlangsungnya mata kuliah, semakin tinggi SKS-nya maka waktu berlangsungnya mata kuliah tersebut semakin lama. 

1 SKS mempunyai arti 50 menit kegiatan, jika terdapat mata kuliah dengan 3 SKS maka mahasiswa akan mengikuti kegiatan pembelajaran sebanyak 150 menit.

Contohnya, saat mengambil mata kuliah Bahasa Inggris dengan 3 SKS di hari Selasa yang artinya kita akan mengikuti kelas mata kuliah tersebut selama 150 menit. 

BACA JUGA:Ridwan Kamil Usut Laporan Pungli dan Intimidasi Husein oleh BKPSDM Pangandaran

BACA JUGA:Tok! Ini Kriteria Mobil dan Motor yang Boleh Konsumsi Pertalite, Cek Juga Harga BBM Terbaru di SPBU Pertamina Hingga Shell Hari Ini

Apabila kamu mengambil mata kuliah lain di hari yang sama yakni Kimia Dasar II dengan 3 SKS maka totalnya kamu akan menghabiskan waktu 300 menit dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: