Kenapa Dosen Masih Meminta Tugas Kuliah Tulis Tangan? Ini Alasannya!

Kenapa Dosen Masih Meminta Tugas Kuliah Tulis Tangan? Ini Alasannya!

Ilustrasi Tugas Kuliah Tulis Tangan-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Masih menjadi banyak pertanyaan kenapa banyak Dosen yang masih meminta mahasiswa mengerjakan tugas kuliah tulis tangan. Padahal di era saat ini bisa dengan  mengetik melalui komputer dan tinggal memprintnya.

Menurut beberapa sumber dari hasil observasi, tugas kuliah tulis tangan ini bertujuan agar mahasiswa  tidak lemah, memiliki daya juang dan daya saing tinggi hingga siap nantinya diterjunkan di dunia kerja.

BACA JUGA:Kuliah Online Gratis Disediakan Sejumlah Lembaga Pendidikan Terkemuka Ini

Tapi dibalik banyak alasan, salah satunya adalah karena dosen yakin mahasiswanya akan mampu dan hanya ingin melihat usaha yang dilakukan mahasiswa serta originalitas dari tugas kuliah tulis tangan yang dikerjakan.

“Pada dasarnya, tugas-tugas yang diberikan telah ada jawabannya, bahkan sebelum mereka lahir. Bukan soal benar atau salahnya jawaban, namun melatih mahasiswa dalam waktu yang telah ditentukan untuk menjalani pengalaman dalam memperoleh jawaban (diskusi, kolaborasi, eksperimen dll),” ujar Wahyu Pujiyono, Dosen di Universitas Ahmad Dahlan.

BACA JUGA:7 Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan, Bisa Jaga Kepadatan Tulang, Hingga Cegah Kanker!

“Intinya melatih mahasiswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya,” tambahnya.

Lalu bagaimana mengatasi mahasiswa yang tidak mau mengerjakan tugas kuliah tulis tangan dari sang Dosen?

Bagi Dosen tentunya tidak akan menjadi masalah, karena jika tidak ada tugas yang dikerjakan tentunya tidak aka nada nilai yang didapat oleh mahasiswa tersebut.

BACA JUGA:Penembakan di Pabrik Mercedes-Benz, Jerman, Pelaku Beraksi Seorang Diri, Korban 2 Orang Tewas

Selain itu, jika Dosen merasa mahasiswa tidak mau mengerjakan tugas kuliah tulis tangan, tentunya Dosen tidak akan peduli bagi mahasiswa yang tidak mengerjakan tugas.

Hal ini karena seorang mahasiswa sudah dianggap dewasa, jadi dirinya adalah tanggung jawabnya sendiri. 

Jika dia tidak mau gagal pada satu mata kuliah, maka kerjakan tugasnya. Tapi jika sudah siap untuk gagal,, jangan kerjakan tugas kuliah tulis tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: