Revitalisasi Sudah Lama Selesai, Pasar Wiradesa di Pekalongan Kapan Dibuka?

Revitalisasi Sudah Lama Selesai, Pasar Wiradesa di Pekalongan Kapan Dibuka?

Bangunan Pasar Wiradesa di Pekalongan yang sudah selesai direvitalisasi Kementerian PUPR. -PTPP-Urban-

PEKALONGAN, DISWAY.ID-- Revitalisasi Pasar Tradisional Wiradesa di Jalur Pantura, Kabupaten PEKALONGAN sudah lama selesai yakni sekira akhir 2022 lalu.

Meski pembangunannya sudah lama selesai, belum ada isyarat Pasar Wiradesa tersebut bakal dibuka dalam waktu dekat ini.

Informasinya, untuk operasional atau dibukannya Pasar Wiradesa menunggu proses hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke Pemkab Pekalongan. 

BACA JUGA:Heboh DPRD Banten Beli Mobil Pajero Sport untuk Ambulans

Pada dua bulan lalu, pihak terkait menargetkan pasar tradisional yang sudah selesai direvitalisasi ini akan dibuka usai lebaran 1444 Hijriyah ini.

Para pedagang akan segera menempati los atau kios yang sudah dilakukan pengundian sebelum bulan Ramadhan lalu. 

Bahkan Pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan bersama Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Pekalongan melakukan kunjungan ke Kementrian Perdagangan RI untuk rencana operasional Pasar Wiradesa ini.

Kepala Dinperindag Kabupaten Pekalongan, Susanto Widodo belum lama ini, mengungkapkan bahwa ada beberapa administrasi yang belum lengkap untuk operasionalisasi Pasar Wiradesa. 

Pihaknya juga sudah membuat surat ke Kementrian Perdagangan untuk hibah ke Pemkab Pekalongan, sehingga Pasar Wiradesa bisa segera ditempati.

BACA JUGA:Youtuber asal Korea Selatan Mualaf dan Mau Nikahi Putri Bupati Irna, Kapan Sunat? Jawabnya Ternyata..

"Rencana sesuai agenda usai lebaran Pasar Wiradesa sudah bisa dibuka, " katanya saat itu. 

Bangunan Pasar Wiradesa sudah diserah terima sementara pekerjaan (Provisional Hand Over-PHO). Penyerahan terakhir yaitu taman bulan April 3023, sedangkan bangunan sudah diserahkan November 2022.

Pemkab Pekalongan sambil menunggu proses hibah selesai, maka akan mengajukan pinjam pakai bangunan baru Pasar Wiradesa kepada kementerian.

Diketahui, Pasar Wiradesa sudah tuntas direhabilitasi Kementerian PUPR yang meliputi pembangunan bangunan seluas 19.037 m2 yakni terdiri dari 501 unit kios dan 1.211 unit los.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: