Wapres Ma'ruf Amin Pun 'Risih' dengan Kontroversi Panji Gumilang dan Ponpes Al-Zaytun, Kemenag-MUI Diberi Perintah Khusus: Isu Agama yang Tak Lazim!

Wapres Ma'ruf Amin Pun 'Risih' dengan Kontroversi Panji Gumilang dan Ponpes Al-Zaytun, Kemenag-MUI Diberi Perintah Khusus: Isu Agama yang Tak Lazim!

Wapres Ma'ruf Amin meminta agar Kemenag dan MUI bisa menyelesaikan masalah dan isu agama yang dilakukan Panji Gumilang dan Ponpes Al-Zaytun-Setwapres-

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi.

"Kita ucapkan kepada sahabat kita 'havenu shalom aleicham' dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu Syuro," ujar Panji dalam video yang dilihat Disway.id.

Sejumlah kalangan dan ulama berpendapat bahwa salam Yahudi yang disampaikan Panji Gumilang adalah salam kuno kaum Yahudi di Israel.

Konteks yang disampaikan sama, namun hal ini dinilai tidak pantas disampaikan oleh umat Islam, apalagi di sebuah Masjid.

BACA JUGA:'Luar Biasa', Panji Gumilang Klaim Perempuan Akan Jadi Khotib Salat Jumat di Ponpes Al-Zaytun: Kementerian Agama Mau Marah?

Menurut aktivis Indonesia di Gaza, Muhammad Husein Gaza, lagu ini juga biasanya dinyanyikan di hari Jumat malam Sabtu setelah umat Yahudi pulang ibadah di Sinagog.

"Ini parah banget, sih, teman-teman. Jadi lagu havenu shalom aleicham ini salah satu lagu tradisional favorit orang-orang Yahudi yang biasa dinyanyikan di hari Jumat malam Sabtu.

"Biasanya setelah mereka pulang ritual atau ibadah Talmut di Sinagog-sinagog mereka," ujar Muhammad Husein Gaza.

Muhammad Husein juga mengatakan, lagu salam Yahudi itu juga kerap diputar di bandara-bandara Israel untuk menyambut pemukim ilegal Yahudi.

"Saat menyambut pemukim ilegal Yahudi dari luar dan baru masuk Palestina untuk ikut dalam operasi pembersihan, pembantaian etnis di Tanah Air Palestina," kata Husein di kanal YouTube miliknya.

BACA JUGA:Bedah Surat Al-Mujadalah Ayat 11, Dalil yang Dipakai Ponpes Al-Zaytun dalam Tata Cara Salat IdulFitri, Sah atau Sesat?

Termasuk Penistaan Agama

Menurut Muhammad Husein, nyanyian salam Yahudi yang dilakukan Panji Gumilang dan jemaahnya itu merupakan penistaan agama terparah.

"Terkait nyanyian kebangsaan Yahudi di Masjid, bagi saya ini sudah melampaui level penistaan [agama], ini ngeri banget, gila banget teman-teman," katanya.

"Ini harus ditindak dan diusut gitu, loh. Bagaimana sebuah bangunan masjid, ini rumah Allah, dijadikan tempat untuk melantunkan salamnya orang-orang Yahudi, bangsa dan agama Yahudi yang Allah sebut dalam surah Al-Fatihah, Allah sebut dalam predikat apa? Orang-orang yang Allah murkai," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: