Tanpa Wapres

Tanpa Wapres

--

POLITIK identitas akhirnya menjadi andalan dua calon presiden. Itu terlihat di hari terakhir masa kampanye.

Sabtu kemarin, incumbent Tayeb Erdogan sembahyang di masjid yang Anda sudah tahu: Hagia Sophia. Bersama puluhan ribu pendukungnya.

Penantangnya, Kemal Kılıçdaroğlu, ke makam Mustafa Kemal Ataturk. Anda sudah tahu:  Ataturk –artinya, bapak Turkiye–  adalah tokoh yang mengakhiri sistem kekuasaan khilafah di sana. Ia pendiri republik Turkiye.

Waktu itu begitu bobrok pemerintahan kekhalifahan Ustmani. Khususnya pada khalifah yang belakangan. Rakyat muak. Kemal Ataturk muncul. Khalifah ia tumbangkan, 1923. Sampai ke akarnya: agama. Maka jadilah Turkiye negara sekuler. Dengan sistem demokrasi.

Ataturk berprinsip revolusi itu baru berhasil kalau bisa membongkar sampai ke akarnya. Itulah yang membuat para pemuda di balik revolusi kemerdekaan Indonesia kecewa: revolusi kemerdekaan tidak berhasil menghilangkan budaya Jawa, feodalisme.

Masjid Hagia Sophia adalah lambang Islamisasi Turkiye yang dilaksanakan Erdogan. Di zaman Ataturk, Hagia Sophia adalah museum. Oleh Erdogan diubah menjadi masjid.

Bangunan indah itu didirikan sebagai gereja: di zaman kekaisaran Romawi. Lalu diubah menjadi masjid di zaman kekhalifahan Ustmani. Lantas diubah menjadi museum di zaman Kemal Ataturk.

Dengan berdoa di masjid Hagia Sophia tahulah siapa identitas Erdogan.

Dengan ziarah ke makam Ataturk, tahulah siapa identitas Kılıçdaroğlu.

Pencoblosan suaranya sendiri dilangsungkan hari Minggu kemarin. Inilah Pemilu yang bersamaan dengan 100 tahun usia republik.

Pagi ini, waktu Indonesia, hasilnya sudah bisa diketahui: apakah Erdogan kembali jadi presiden Turkiye. Pun setelah 20 tahun berkuasa. Atau diganti presiden yang sekuler.

Dalam sejarah kekuasaannya, baru sekarang ini Erdogan punya pesaing yang sangat kuat. Hasil jajak pendapat silih berganti. Tidak ada yang unggul terus-menerus.

Tanda tanda Erdogan kritis sudah terlihat di Pilkada terakhir. Jago Erdogan kalah di dua kota utama: Ankara dan Istanbul. Dua wali kota itu di Pilpres sekarang ini memihak Kemal.

Erdogan pun mengeluarkan senjata yang bukan main hebatnya: kalau ia terpilih lagi rakyat akan mendapatkan gas secara gratis. Ini gila. Tapi rakyat percaya pada Erdogan. Semua janji kampanyenya, di masa yang lalu-lalu, dilaksanakan.

Di dunia, baru di Turkiye ini gas untuk dapur rakyat digratiskan. Pemilih di Turkiye 64 juta orang, yang 4 juta pemilih luar negeri –yang dua juta di Jerman.

Erdogan menjelaskan bagaimana ia bisa menjanjikan gas gratis itu. Turkiye baru saja menemukan cadangan gas alam yang sangat besar. Besar sekali. Itu, kata Erdogan, pemberian Allah untuk rakyat Turkiye.

Di masa pemerintahan Erdogan, Turkiye mengalami kemajuan pesat dalam penguasaan teknologi. Turkiye sudah mampu mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumber gas alam. Rakyat negeri itu juga bangga Turkiye sudah bisa memproduksi sendiri mobil listrik, pesawat, kapal, dan satelit. Banyak lagi. Kereta cepat dibangun. Jalan tol baru di mana-mana.

Tapi ekonomi Turkiye lagi dihantam masalah. Terutama tiga tahun terakhir. Harga-harga naik drastis. Inflasinya sampai 40 persen. Mata uang Turkiye merosot tajam.

Itu akibat kebijakan Erdogan yang anti bunga tinggi. Ia mengambil jalan yang bertolak belakang dengan teori ekonomi yang diterapkan di Barat. Bank sentral Turkiye tidak boleh lagi independen. Arus kredit, suku bunga, pengendalian inflasi pindah ke tangan pemerintah.

Di saat ekonomi begitu sulit, Turkiye menampung banyak pengungsi dari Syria. Juga dari Sudan dan Libya. Jumlahnya mencapai 4 juta orang. Mereka mulai kerasan di Turkiye. Mereka ikut memakan kue nasional rakyat Turkiye. Apalagi pemerintah memberi BLT pada para pengungsi itu.

Rakyat Turkiye pun marah. Menjelang Pilpres soal pengungsi menjadi isu politik. Kemal menjanjikan akan memulangkan paksa mereka. Dalam waktu dua tahun. Erdogan juga akan memulangkan mereka. Tapi secara sukarela dan kemanusiaan.

Sebenarnya ada empat capres di sana. Yang satu mengundurkan diri di tahap-tahap akhir: Muharrem İnce. Satunya lagi masih nekat meski tercecer jauh di belakang: Sinan Oğan. Ogan adalah calon yang paling muda, 56 tahun. Anggota DPR.

Mengingat ketatnya persaingan, kelihatannya tidak akan ada yang bisa mendapat suara lebih 50 persen. Berarti Pilpresnya akan dua putaran.

Pilpres di sana tidak pakai pasangan. Tidak ada cawapres. Pilpres ini juga sekaligus Pileg: memilih 600 anggota DPR. Daftar calonnya ditentukan oleh partai.

Janji Erdogan menggratiskan gas itu rupanya dianggap belum cukup ampuh. Terutama untuk mengejar suara di atas 50 persen.

Maka seminggu sebelum Pilpres, Erdogan bikin kejutan sapujagat: menaikkan gaji pegawai negeri. Kenaikannya tidak tanggung-tanggung: 45 persen.

Gas gratis masih di awang-awang. Kenaikan gaji bisa langsung di-horee.

Hasilnya: baca kolom komentar pagi ini. Para komentator bisa mengetahui siapa presiden Turkiye yang baru. Juga bisa diketahui siapa komentator yang memenangkan kecepatan mendapatkan hasilnya.(Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 14 Mei 2023: Prinsip Armand

Liam Then
Emboen pagi diatas rumput. Bertudung langit tersaput kabut. ........ Tolong di lanjut....saya gak ketemu sambungannya

Leong Putu
Oooh EMBOEN PAGI, apa obatnya sakit gigi ?

Otong Sutisna
Keliatan perusuh sejati, yang punya disway sudah sibuk kemana - mana, kita di sini malah asyik tulis komen..... sehingga rekening tabungan tak pernah berubah nambah. Tapi mungkin bahagianya lebih bahagia perusuh dari pada Abah. #Yang penting bahagia

mzarifin umarzain
Diabet, terlalu manis dinamai Kencing Manis. Ada yg protes agar dinamai saja: KENCING SETAN. Penyakit yg sembuh nya tak mudah.

Leong Putu
Ondel ondel dari Betawi /

Ogoh ogoh dari Bali /

Reog dari Ponorogo /

Kuda Lumping dari Jawa Tengah /

.....maaf bukan pantun

Leong Putu
Untunglah istri saya memilih laki - laki yang tepat, yang tidak mungkin diabetes. Hhhhhh....

JIM vsp
Jaman dulu orang yang kaya dan Makmur dari lahir sudah banyak Ko Liam, ada namanya Pak SUGIHARTO, Bu MAKMUROH, Pak MULYONO, dan lainnya

Liam Then
Anu Cak, gara-gara topik Disway juga dua hari ini tentang kekayaan. Jadi pagi ini saya maksudnya mau berhemat 150rb, bikin alas tong aer, ngaduk semen,pasir,batu sendiri. Nyesal saya Cak, pinggang rasa nak patah, mata berkunang-kunang.

Juve Zhang
Kekayaan bos Armand 113 Triliun atau 7,5 miliar dolar, bukan kaleng kaleng, tak punya pesawat jet pribadi, tak punya penyakit " kencing manis" , tak punya kapal pesiar mewah, luar biasa. BCA setahun Cuan 40 triliun, memang bukan kaleng kaleng rejekinya.

Pryadi Satriana
MENGAPA MENJADI PENGIKUT ISA? "Idz qaalallahu yaa 'Iisaa innii mutawaffiika warafiuka ilayya wa muthahiruka minalladzii nakafaruu wa jaa'ilul ladzii nattaba 'uuka fauqalladzii nakafaruu ilaa yaumil qiyaamah ..." (Qs. 3: 55). Terjemahan: "Allah berfirman,"Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu & mengangkat kamu kepadaKu serta membersihkan kamu dari orang2 kafir dan MENJADIKAN ORANG-ORANG YANG MENGIKUT KAMU DI ATAS ORANG-ORANG KAFIR HINGGA HARI KIAMAT" (QS. ALI IMRAN 3: 55). Ayat di atas sudah sangat jelas! Sekali lagi: Mengapa mengikuti Isa? AL-QUR'AN MENJELASKAN BAHWA "PADA HARI KIAMAT MEREKA TIDAK AKAN MENDAPAT PERTOLONGAN KECUALI ORANG YG DIBERI RAHMAT ALLAH" (QS. 44: 40-42) DAN BAHWA "ISA ITULAH RAHMAT DARI TUHAN" (QS. 19: 21). Firman Allah di atas sudah sangat jelas! Mudah dipahami. Tidak perlu dijelaskan lebih lanjut. Semoga Anda husnul khatimah. Salam. Rahayu.

Leong Putu
Kalau Disway.id servernya gak kuat untuk mengelola CHD, baiknya bisa dicoba untuk memberikan hak kelolanya ke detik.com. Saya yakin pasti mau, dan mungkin tidak bakan down and down again.

Agus Suryono
MENURUT CATATAN SEJARAH.. Generasi pertama, biasanya memulai bisnis dari nol atau bahkan di bawah nol. Misal di bisnis kopi, dimulai dari menggiling biji kopi sendiri dengan cara sederhana. Memasarkannya dari rumah ke rumah, dengan transportasi sepeda. Dan seterusnya, berkembang. Menggunakan mesin yang "makin" modern. Dan juga memasarkannya secara modern. Di dunia rokok, mungkin diawali dengan "melinting" tanpa alat. Kemudian pakai alat bantu sederhana. Sampai akhirnya pakai mesin modern. Saat berkembang itu, pelaku generasi kedua melihat dengan mata telinga sendiri kegigihan dan jatuh bangunnya orang tuanya. Sehingga saat generasi kedua naik tahta, etos dan semangat kerjanya masih sangat kental dengan pewarisan dari generasi pertama, tetapi caranya sudah "menyesuaikan". Yaitu menyesuaikan dengan jamannya, dan modalnya pun sudah tersedia. Nah generasi berikutnya, mungkin sudah tidak jelas melihat "kegigihan" pendahulunya. Kehidupan yang penuh "fasilitas" itu sebenarnya adalah "modal dasar" untuk "melejit". Tapi jika pewarisan nilai dan suksesi gagal karena berbagai hal, generasi penerus ini bisa jadi tidak mampu "mengelola" atau kurang terampil, yang kadang penyebabnya bisa juga karena hal di luar "diri" nya. Misal: perubahan teknologi, perubahan budaya. Dan seterusnya. Yang tidak mampu dikelola, karena "berbagai" alasan.. Yang bisa jadi merupakan kesalahan "warisan" dari generasi awal. Tapi bisa juga karena "badai" yang baru muncul belakangan.. #Nyatanya bisa begitu

JIM vsp
Saya heran kenapa mereka pengusaha sukses selalu tampil sederhana, tidak seperti OKB di medsos2 itu, yang rumahnya dibuat konten, mobilnya mewah berjejer, datang acara ultah teman aja naik Jet Pribadi, lebaran bagi2 THR hingga ratusan juta rupiah, bisnisnya biasa aja, dan saat diwawancarai katanya mereka merintis dari Nol, masih muda blum genap 40 Th. Tapi sudah luar biasa. Banyak sekali di medsos yang seperti itu. Bahkan saya tidak pernah melihat Keluarga DJARUM ini menjadi penggiat Medsos, seperti OKB yang sekarang. Pengusaha Muda yang Sukses Katanya

Yellow Bean
Selamat siang jama'ah CHDI Selamat menikmati hari libur bersama keluarga tercinta Selamat siang Mas Armand Wahyudi Hartono. Cuma mau bilang. ATM pertama saya adalah ATM BCA. Bahkan nomer pin masih saya ingat sampai sekarang dan asli bikinan BCA. Tidak saya rubah karena sudah berbentuk barisan angka cantik. Dah itu saja. Selamat siang.

JIM vsp
Saya Ingat ketika ASIAN GAMES 2018, Pak Bambang Hartono adalah salah seorang Atlit yang mendapatkan medali Emas dari Cabor Bridge, atas perolehan itu Pak Bambang diundang pemerintah ke Istana untuk penyerahan Bonus sbesar 150 Jt, yang konon bonus ditransfer melalui rekening BRI.

Samsul Arifin
Kerja, kerja dan kerja. Agar tidak kismin. Bagi siapapun baik kaya maupun miskin kerja merupakan tangga utama merubah NASIB karena makan bukan tergantung NASAB ..

Xiaomi A1
Yg dua hari ini dibahas konteksnya adalah contoh sukses proses estafet/pewarisan usaha dari generasi orang tua ke anak-cucu.. Nah..klo misal orang tua sudah kerja sangat keras dan berhasil menciptakan usaha yg sangat sukses, terus pas mo diwariskan anaknya bilang saya tak fokus menciptakan kerajaan bisnis sendiri (dan puji syukur, ternyata usaha anak jg luar biasa sukses)..kira2 konstitusi keluarganya gmn.. opo tumon.. Mungkin ini justru sesuai jargon2 lama(dgn sedikit modifikasi)... generasi 1 merintis usaha generasi 2 membesarkan, sekaligus menciptakan usaha baru agar kembali jadi generasi 1.. Shg tidak pernah ada yg benar benar jadi generasi 3 Salam :)

rid kc
Memang keluarga djarum itu sederhana-sederhana, tidak menampakkan seorang konglomerat. Mereka biasa jajan atau beli makan di angkringan pinggir jalan tidak di restauran besar atau terkenal. Mungkin prinsip itulah keluarga djarum orangnya tampak biasa dan ngewongke wong.

Riffana Thary
Saya baca sebelumnya wanita manis ini kancingnyo lupa belom di resleting celananyo lalu saya ulang baca lagi ternyata wanita ini kencing hehheehee

imau compo
Beberapa milyuner mencari kekayaan melalui cara-cara yg buruk seperti bisnis senjata dan eksploitasi alam dengan mengabaikan faktor lingkungan, yg merusak baik manusia maupun alam di sekitarnya. Mari kita jaga bangsa dan alam kita dari eksploitasi yg demikian. Jangan iri dengan kekayaan mereka karena hal tersebut sunnatullah sebaliknya jangan sedih dengan penghasilan kita yg masih jomplang. Mari, kita, bekerja lebih smart lagi.....dengan visi mensejahterakan diri, bangsa dan lingkungan alam.

Jimmy Marta
Serba serbi Sea Games Kamboja. Seorang Pratama Arhan hampir sj menjadi tokoh from hero to zero. Btp tidak, berkat dua kali lemparan tangannya, tercipta dua gol. Dan berkat dua kali ulah kakinya, ia nya dp dua kartu. Tapi berkat semangat pantang menyerah, main dg 10 orang sejak menit ke 60, garuda muda berhasil menundukkan 11 pemain Vietnam 3-2. Sementara itu, Hun Sen marah2 karena timnas Kamboja terhenti di babak penyisihan. "Kita malu, sudah keluar biaya banyak tp kalian tetap td lolos". "Hapus sj cabang ini di Sea Games", omel sang PM. Dilain tempat, seremoni penyerahan medali pemenang nomor 20KM jalan cepat dilakukan seadanya. PLN K pudur, genset bermasalah. Jadilah penerangan untuk panggung upacara hanya menggunakan lampu sorot mobil.

Liáng - βιολί ζήτα
ayo siapa yang mau ikut nyanyi lagu country "Rich Man" nya Mark Wills..... dijamin kita akan ngeh bahwa kita itu sebenarnya "sangat kaya"..... A man is measured these days By the money he's got Not sure when it started happening But that's not the way it's supposed to be I thought Or maybe I'm a bit old fashioned 'Cause I just wanna Live my life, raise my kids Love my wife like my dad did I may never be a millionaire But I've got more than enough [Seorang pria diukur akhir-akhir ini Dengan uang yang dimilikinya Tidak yakin kapan hal itu mulai terjadi Tapi bukan itu yang seharusnya kupikirkan Atau mungkin aku agak kuno Karena aku hanya ingin Jalani hidupku, besarkan anak-anakku Cintai istriku seperti ayahku Saya mungkin tidak pernah menjadi jutawan Tapi aku punya lebih dari cukup Saya orang kaya, kaya akan cinta]

Handoko Luwanto
Prinsip hidup keluarga Djarum coba diterapkan di final sepakbola SEA Games 2023 : "Pertama, bagaimana bisa bertahan dari gempuran Thailand. Kedua, jangan sampai dibikin malu oleh Thailand. Bahwa timnas tidak mau berhenti berjuang keras. Tujuan untuk terus berjuang itu adalah : agar bisa bertahan dari gempuran dan jangan sampai dibikin malu oleh Thailand. Bukan untuk menjadi juara SEA Games." Niscaya medali emas di genggaman, hasil penantian 32 tahun puasa gelar juara.

Fiona Handoko
selamat siang bpk dahlan. maaf jika salah. yg menikah dgn anak eddy katuari (wings group) bukannya martin hartono? kakak dari arman hartono

mzarifin umarzain
Konstitusi Keluarga, harus atur agar ada tranparansi, komisaris harus benar2 mengawasi, dg kontrol rutin. Yg belum sukses semoga bisa berusaha kembali.

Komentator Spesialis
Tulisan CHD hari ini ibarat menceritakan syurga dunia kepada para perusuh kere seperti kita. Pelajaran yang bisa kita petik adalah bekerjalah sungguh sungguh meskipun engkau kaya. Disini bisa kita tarik kesimpulan bahwa apalagi kere macam kita. Harusnya lebih semangat lagi kerja. Tetapi, saya tidak pernah putus harapan. Karena pahala sholat rawatib 2 rokaat sebelum subuh pahalanya lebih dari dunia dan seisinya. Artinya masih ada kesempatan untuk menjadi lebih kaya dari Elon Musk.

Joni Sutarman
Saya gk mau ngurusin dan omongin harta orang !, harta sendiri saja gk ada...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 279

  • Nayla Farihatul ummah
    Nayla Farihatul ummah
  • Naila Rizkiyah
    Naila Rizkiyah
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • KEY
      KEY
  • Tamiya Audley
    Tamiya Audley
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Chei Samin
      Chei Samin
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • KEY
      KEY
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • KEY
      KEY
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Legeg Sunda
      Legeg Sunda
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Tamiya Audley
    Tamiya Audley
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • imau compo
      imau compo
    • Mirza Mirwan
      Mirza Mirwan
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • AnalisAsalAsalan
    AnalisAsalAsalan
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • KEY
      KEY
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • KEY
      KEY
  • Jo Neka
    Jo Neka
  • Liam Then
    Liam Then
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
  • Tamiya Audley
    Tamiya Audley
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • Liam Then
      Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Kalender Lengkap
    Kalender Lengkap
    • imau compo
      imau compo
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
  • Handoko Luwanto
    Handoko Luwanto
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • alasroban
    alasroban
    • alasroban
      alasroban
  • Hikmah andini
    Hikmah andini
  • Sinanggar Ogan
    Sinanggar Ogan
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • imau compo
    imau compo
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • imau compo
      imau compo
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • imau compo
      imau compo
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Samsul Arifin
    Samsul Arifin
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Samsul Arifin
      Samsul Arifin
  • DeniK
    DeniK
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Alfi Nur Afifah
    Alfi Nur Afifah
  • imau compo
    imau compo
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
  • imau compo
    imau compo
  • imau compo
    imau compo
  • Yusuf Ridho
    Yusuf Ridho
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
    • KEY
      KEY
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • imau compo
      imau compo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • KEY
      KEY
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Kang Sabarikhlas
    Kang Sabarikhlas
    • Chei Samin
      Chei Samin
    • Kang Sabarikhlas
      Kang Sabarikhlas
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • imau compo
    imau compo
    • imau compo
      imau compo
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
    • imau compo
      imau compo
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Er Gham
    Er Gham
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • imau compo
      imau compo
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
    • imau compo
      imau compo
    • imau compo
      imau compo
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
  • Liáng - βιολί ζήτα
    Liáng - βιολί ζήτα
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • Pryadi Satriana
      Pryadi Satriana
    • Liáng - βιολί ζήτα
      Liáng - βιολί ζήτα
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Supri Yanto
      Supri Yanto
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
  • yea aina
    yea aina
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • DeniK
      DeniK
  • Warung Faiz
    Warung Faiz
  • donwori
    donwori
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Yellow Bean
    Yellow Bean
  • Joni Sutarman
    Joni Sutarman
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Fiona Handoko
    Fiona Handoko
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • imau compo
      imau compo
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • sinung nugroho
      sinung nugroho
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Nurkholis Marwanto
    Nurkholis Marwanto
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • yea aina
      yea aina
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
  • Otong Sutisna
    Otong Sutisna
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Dacoll Bns
      Dacoll Bns
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Gianto Kwee
      Gianto Kwee
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Churinia Dewi
    Churinia Dewi
  • ACEP YULIUS HAMDANI
    ACEP YULIUS HAMDANI
    • imau compo
      imau compo
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • imau compo
      imau compo
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • imau compo
      imau compo
    • imau compo
      imau compo
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • Chei Samen
      Chei Samen
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Mbah Mars
    Mbah Mars
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Jimmy Marta
      Jimmy Marta
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • suhartono suhartono
    suhartono suhartono
  • imau compo
    imau compo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • imau compo
      imau compo
  • Jo Neka
    Jo Neka
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Warung Faiz
      Warung Faiz
    • imau compo
      imau compo
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • rid kc
    rid kc
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • imau compo
      imau compo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Yellow Bean
      Yellow Bean
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Yusuf Ridho
      Yusuf Ridho
  • alasroban
    alasroban
  • JIM vsp
    JIM vsp
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Dacoll Bns
      Dacoll Bns
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
  • Sri Wasono Widodo
    Sri Wasono Widodo
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Jokosp Sp
      Jokosp Sp
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Chei Samin
      Chei Samin
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • agus budiarto
    agus budiarto
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
  • Legeg Sunda
    Legeg Sunda
  • Ahmad Baihaqi
    Ahmad Baihaqi
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • imau compo
      imau compo
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • ra tepak pol
    ra tepak pol
    • Mbah Mars
      Mbah Mars
    • m note
      m note
    • Otong Sutisna
      Otong Sutisna
    • Chei Samen
      Chei Samen