Ilmuwan Sebut DNA Manusia Dapat Dikumpulkan dari Mana Saja: Bahkan dari Udara Juga!

DNA Manusia Bisa DIkumpulkan dari Mana Saja-PublicDomainPictures-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Para ilmuwan telah menemukan bahwa DNA manusia dapat dengan mudah ditemukan dari mana saja.

Bahkan penemuan DNA manusia juga bisa dari furnitur hingga jejak kaki dan bahkan di udara terbuka.

Para peneliti mengumpulkan dan menganalisis sampel lingkungan dari AS dan Irlandia, menemukan bahwa DNA manusia berkualitas tinggi dapat dengan mudah dideteksi dan dicocokkan dengan seseorang.

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal Layanan SIM Keliling di Jabotabek Hari Ini, Selasa 16 Mei 2023: yang Mau Perpanjang Silakan Merapat

Dilansir dari laman NYPost, studi yang dipublikasikan di Nature Ecology & Evolution, menunjukkan bahwa apa yang disebut DNA lingkungan cukup untuk menentukan keturunan genetik populasi terdekat.

Kemudian juga bisa membantu menentukan bagaimana penyakit bermutasi di daerah tersebut.

Selain itu dapat menunjukkan bahwa eDNA mampu membuka pintu bagi kemajuan ilmiah di bidang kedokteran dan forensik.

Asisten profesor genomik penyakit satwa liar yang memimpin penelitian dengan timnya dari University of Florida, David Duffy mengamankan sampel baik dekat maupun jauh – dengan izin dari semua peserta yang mengajukan DNA mereka secara sukarela untuk penelitian.

Sampel mereka termasuk jejak kaki telanjang manusia dari pantai, sampel air di lautan dan sungai, pasir dari pantai perawan, dan udara yang ditangkap di berbagai lokasi.

Kecuali pulau-pulau terpencil dan taman nasional terpencil, tim menemukan tanda-tanda kehidupan manusia hampir di semua tempat yang mereka uji.

Sampel udara yang dikumpulkan dari rumah sakit hewan juga menemukan eDNA, dengan para ilmuwan mengidentifikasi DNA yang cocok dengan staf, pasien hewan, dan virus hewan pada umumnya.

Menurut siaran pers, para peneliti mengatakan bahwa eDNA dapat membantu melacak kanker dan mutasi penyakit lainnya, mengungkap situs arkeologi tersembunyi atau membantu menangkap tersangka melalui udara di TKP.