Anggarkan Rp14,6 Triliun, Kementerian PUPR Mulai Perbaiki Jalan Daerah Bulan Juli

Anggarkan Rp14,6 Triliun, Kementerian PUPR Mulai Perbaiki Jalan Daerah Bulan Juli

Laporan ribuan lokasi jalan rusak diterima Presiden Joko Widodo dari masyarakat yang disampaikan melalui media sosialnya seperti Instagram, Twitter, hingga Facebook Presiden. -Tangkapan layar Instagram @jokowi -

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan Rp 14,6 triliun untuk perbaikan jalan daerah

Rencananya, perbaikan jalan daerah sendiri bakal dilakukan pada Juli 2023. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

BACA JUGA:Jokowi Ajak Inggris Berinvestasi ke IKN

"Kita akan segera laksanakan itu adalah perbaikan jalan daerah dengan anggaran Rp14,9 triliun. Kita harapkan Juli sudah bergerak, kalau bisa Juni." ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Pembangunan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Sabtu, 20 Mei 2023.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menambahkan, percepatan penanganan kemantapan jalan dan jembatan diprioritaskan pada daerah yang memiliki tingkat kemantapan rendah, terutama untuk ruas-ruas pengungkit pertumbuhan ekonomi dan peningkatan akses keterisolasian.

“Kriteria ruas prioritasnya yang pasti jalannya harus rusak, mendukung pusat pertumbuhan ekonomi, dan konektivitas dengan jalan tol juga diprioritaskan. Kemudian ada juga beberapa kawasan industri strategis seperti Morowali, Konawe, Weda Bay, dan Tanjung Selor untuk mengantisipasi pertumbuhan kawasan kumuh. Pada intinya kita memperbaiki konektivitas jalan daerah sehingga menyambung dengan backbone jalan nasional,” jelas Hedy.

BACA JUGA:Kunjungi Sumut, Jokowi Tegaskan Perbaiki Infrastruktur: Jangan Sampai Jalur Logistik dan Jalan Produksi Rusak Parah

Terkait pendanaan pembangunan jalan daerah, Hedy menerangkan bahwa terdapat 3 instrumen pendukung yang meliputi Dana Alokasi Khusus (DAK), bantuan pemerintah dari APBN reguler, dan yang terakhir melalui Inpres yang sifatnya lebih top down. 

Saat ini, alokasi anggaran yang direncanakan untuk pelaksanaan percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah yaitu sebesar Rp32,79 triliun. 

“Percepatan peningkatan konektivitas tersebut akan dilanjutkan tahun 2024. Sementara total anggaran yang dialokasikan untuk tahap pertama pada jalan daerah yang akan segera kita laksanakan konstruksinya tahun ini, sebesar Rp14,6 triliun. Dan kita harapkan Juli sudah bisa dimulai atau kalau bisa Juni,” jelas Hedy.

BACA JUGA:489 Petugas Haji Arab Saudi Mulai Diberangkatkan

Proses persiapan penanganan jalan daerah tersebut harus melalui beberapa tahapan mulai dari perencanaan, seleksi, verifikasi dan prioritisasi, kemudian penetapan prioritas, hingga penganggaran. Hal tersebut juga berlaku pada jalan daerah yang akan ditangani Kementerian PUPR pada tahun ini. 

“Kriteria prioritas dan readiness criteria harus sesuai. Seperti desainnya sudah siap, lahan tidak bermasalah, dan dokumen lingkungan yang memadai. Utamanya juga yang mendukung pusat pertumbuhan ekonomi, kawasan industri dan kawasan khusus seperti IKN,” tutup Hedy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: