UTBK SNBT Gelombang II, Pastikan Taati Aturan Untuk Hindari Sanksi Berat

UTBK SNBT Gelombang II, Pastikan Taati Aturan Untuk Hindari Sanksi Berat

Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 gelombang 2, sudah mulai digelar hari ini Senin 22 Mei 2023. -Julian Romadhon-Harian Disway

Seleksi Nasional berdasarkan tes berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

Transformasi seleksi nasional masuk PTN yang kedua adalah seleksi nasional berdasarkan tes. 

BACA JUGA:BMKG Update: Tapanuli Tengah Diguncang Gempa Bumi dengan Kekuatan M 3,2

BACA JUGA:Innalillahi, Aktor Eeng Saptahadi Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun

Seleksi berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. 

Dalam seleksi berdasarkan tes, tidak ada lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. 

Soal pada seleksi ini akan menitikberatkan kemampuan penalaran peserta didik, bukan hafalan.

Seleksi secara mandiri oleh PTN, di mana pada jalur ini, pemerintah mengatur agar seleksi diselenggarakan secara lebih transparan dengan mewajibkan PTN untuk melakukan beberapa hal sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi secara mandiri.

Sebelum pelaksanaan seleksi secara mandiri, PTN wajib mengumumkan beberapa hal, antara lain jumlah calon mahasiswa yang akan diterima masing-masing program studi/fakultas.

BACA JUGA:Jadi Sasaran Rasisme Lagi, Vinicius Jr: 'Sudah Biasa di LaLiga, Saya Sedih Banget!'

BACA JUGA:Gokil! Bocah 12 tahun Ini Jadi Lulusan Termuda di Fullerton Collags California dengan 5 Gelar

Adapun metode penilaian calon mahasiswa yang terdiri atas tes secara mandiri, kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi, memanfaatkan nilai dari hasil seleksi nasional berdasarkan tes, atau metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan; serta besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi.

Dalam menghadapi UTBK SNBT Gelombang II terdapat beberapa hal yang dilarang dan tidak boleh dilakukan serta yang wajib dilakukan.

Jika peserta didapai melanggar aturan tersebut, maka akan mendapatkan sanksi, di mana sanksi terberat adalah dikeluarkan dari ruangan dan tidak dapat melanjutkan UTBK SNBT Gelombang II 2023.

BACA JUGA:Top Up Saldo PayPal dengan Aman Menggunakan Payor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: