Puluhan Ribu Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah, Menag Lepas Keberangkatan Perdana Embarkasi Kertajati

Puluhan Ribu Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah, Menag Lepas Keberangkatan Perdana Embarkasi Kertajati

Puluhan ribu jemaah haji Indonesia tiba di Madinah, di mana Menag lepas keberangkatan perdana Embarkasi Kertajati pada Senin 29 Mei 2023. -kemenag-

JAKARTA, DISWAY.ID – Puluhan ribu jemaah haji Indonesia tiba di Madinah, di mana Menag lepas keberangkatan perdana Embarkasi Kertajati pada Senin 29 Mei 2023.

Keberangkatan jamaah dari Bandara International Kertajati ini merupakan keberangkatan pertama dari bandara yang berada di Majalengka, Jawa Barat tersebut.

Dari laporan Kementerian Agama tercatat 25.292 jemaah haji Indonesia tiba di Madinah pada Minggu 28 Mei.

Sebanyak 25.292 jemaah haji tersebut terdiri dari 66 kelompok terbang (kloter) yang telah tiba di Madinah melalui Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

BACA JUGA:Kritikan Anies Baswedan Disambut Menteri PUPR

BACA JUGA:Heboh Tagar 'Kristen Muhammadiyah' Trending di Twitter, Arti Kemunculannya Terungkap Jelas

Angka tersebut berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) per hari ini, Minggu 28 Mei 2023) pukul 09.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Para jemaah haji juga telah diantar ke hotel di kawasan Masjid Nabawi untuk melanjutkan ibadah selama tinggal di Madinah.

Sedangkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Kertajati (KJT-01), di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. 

"Ini merupakan penerbangan pertama untuk jemaah haji di Jawa Barat bagian utara," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas di Majalengka.

BACA JUGA:Denny Indrayana Terancam Berurusan Dengan Kepolisian, Mahfud MD: Usut Dugaan Bocornya Informasi Sistem Pileg 2024

BACA JUGA:Utang Biasa-biasa

"Tahun depan kita coba skenariokan bagi jemaah haji Jawa Tengah bagian barat dan selatan juga diberangkatkan dari sini," paparnya.

Berdasarakan data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Kloter KJT-01 terdiri dari 366 jemaah haji beserta delapan orang petugas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: